Kesehatan Umum

8 Pengobatan Alami untuk Bantu Singkirkan Jamur Kuku

Ayu Maharani, 04 Agt 2023

Ditinjau Oleh dr. Alberta J.G.

Jangan sepelekan infeksi jamur kuku. Berikut beberapa cara alami yang bisa bantu mengobati dan menghilangkan jamur kuku.

8 Pengobatan Alami untuk Bantu Singkirkan Jamur Kuku

Meski sering dianggap bukan bagian krusial dari tubuh, kuku yang terlihat jelek pasti bikin sebagian orang – khususnya wanita – menjadi tidak percaya diri. Pasalnya, menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, kondisi tersebut dapat secara perlahan mengangkat kuku, sehingga kuku tumbuh tidak sempurna dan menusuk. Jika kamu terus menyepelekannya, infeksi jamur kuku bisa menyebar.

Dalam dunia kedokteran, seperti dijelaskan dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter, infeksi jamur pada kuku dikenal sebagai onikomikosis. “Selain kuku menjadi bergelombang, infeksi jamur pada kuku juga dapat menyebabkan kuku berubah warna menjadi agak kekuningan atau keputihan, kuku menjadi rapuh, mudah mengelupas, dan lebih kusam.”

Infeksi jamur ini memang lebih sering mengenai kuku kaki. Namun tenang, sebelum jamur kuku semakin berkembang, dilansir dari Medical News Today, ada tips rumahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Menggunakan Baking Soda

Ada pengobatan cukup populer yang dapat membantu mengobati jamur kuku, yaitu menggunakan baking soda atau soda kue. Baking soda mampu menyerap kelembapan yang disebabkan oleh jamur kuku. 

Dalam sebuah studi kecil, para peneliti mempelajari efek baking soda terhadap hal tersebut. Hasilnya, baking soda mencegah pertumbuhan jamur pada 79 persen spesimen yang diuji. Adapun sisanya, baking soda setidaknya mampu memperlambat pertumbuhan jamur, meski tidak benar-benar memberantasnya.

Cara penggunaan baking soda untuk mengatasi jamur kuku adalah sebagai berikut: 

  • Jika jamur kuku menginfeksi jari kaki, masukkan soda kue ke dalam kaus kaki untuk menyerap kelembapan. 
  • Jika yang terinfeksi kuku tangan dan kaki, kamu bisa mengoleskan pasta soda kue langsung ke kuku yang bermasalah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas. Ulangi beberapa kali sehari sampai jamur hilang.

Artikel Lainnya: 13 Ciri Kuku Tidak Sehat yang Bisa Jadi Tanda Penyakit

2. Oleskan Salep yang Mengandung Mentol

Salep yang mengandung mentol dapat membantu mengobati jamur kuku. Umumnya, salep jenis ini diperuntukkan meredakan gejala batuk dan pilek. Namun, bila dioleskan pada kuku yang terkena infeksi jamur, hal tersebut juga berkhasiat. 

3. Manfaatkan Cuka

Meski tidak ada bukti klinis terkait hal ini, sebagian orang percaya bahwa cuka adalah bahan yang efektif untuk membantu menghilangkan jamur kuku. Cara menggunakannya, kamu bisa mengoleskannya langsung pada kuku yang bermasalah. Selain itu, kamu juga dapat merendam jari-jari kaki ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan cuka.

Artikel Lainnya: Kuku Pucat, Tanda Penyakit Apa? Ini Kata Dokter

4. Pakai Tea Tree Oil

Untuk bantu mengobati infeksi jamur kuku secara alami, kamu bisa mencoba gunakan tea tree oil. Tea tree oil telah terbukti efektif dalam mengatasi infeksi jamur kuku. Kandungan antijamur alami dalam minyak essensial ini dapat membantu membunuh jamur yang menyebabkan infeksi.

Caranya cukup mudah, campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air hangat dan rendam kuku yang terinfeksi selama 15-20 menit. Lakukan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

5. Gunakan Bawang Putih

Ternyata, bawang putih memiliki kemampuan untuk menghilangkan infeksi jamur. Bawang putih adalah antijamur alami lainnya yang dapat membantu melawan infeksi jamur kuku.

Menggunakan bawang putih untuk mengobati infeksi jamur kuku cukup mudah, kok. Kamu bisa hancurkan beberapa siung bawang putih hingga halus, lalu oleskan pasta ini pada kuku yang terinfeksi. Tunggu dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.

6. Memanfaatkan Teh Bekas

Kamu punya ampas teh yang telah dipakai? Jangan dibuang dulu ya! Pasalnya, ampas teh bekas ini dapat bantu menghilangkan infeksi jamur kuku. Antioksidan dalam teh dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Campurkan air dengan ampas teh bekas tersebut, lalu rendam kuku yang terinfeksi jamur selama 20-30 menit setiap hari.

Artikel Lainnya: Bagian dan Fungsi Penting Kuku pada Jari

7. Campurkan Beberapa Minyak Esensial

Ingin menghilangkan jamur kuku, tapi tak mau kuku dan jari bau tak sedap? Jangan khawatir, dengan cara ini, jari tangan kamu justru akan wangi! Pasalnya, campuran minyak esensial tertentu dapat memiliki efek antijamur.

Adapun campuran minyak esensial yang dimaksud, antara lain minyak lavender, minyak petitgrain, minyak biji clary, minyak ylang ylang, dan minyak melati. Oleskan pada kuku yang bermasalah secara teratur dan tunggu hasil baiknya. 

8. Gunakan Obat Kumur (Mouthwash)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak jenis obat kumur memiliki sifat antijamur sehingga bisa membunuh kuman pada mulut. Karena itulah, mouthwash juga dipercaya bisa mengatasi masalah jamur kuku. Cobalah rendam kuku tangan atau kuku kaki yang terinfeksi jamur kuku ke dalam baskom berisi larutan tersebut. 

Pengobatan infeksi jamur kuku memang relatif lebih lama karena lokasinya. Karena itu, seperti dijelaskan dr. Dyan Mega, dokter pada umumnya akan memberikan terapi oral agar lebih efektif menembus jaringan kuku yang tebal. Jadi, bila jamur di kuku jarimu tak kunjung hilang setelah menggunakan bahan rumahan di atas, jangan lekas putus asa. Setiap pengobatan, apalagi yang bersifat rumahan, membutuhkan waktu yang lebih panjang. Akan tetapi, bila infeksi jamur semakin parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Kamu bisa konsultasi dengan dokter melalui fitur Tanya Dokter untuk chat atau Temu Dokter untuk janjian langsung dengan dokter. Yuk, #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

Infeksi JamurInfeksi Jamur Kuku

Konsultasi Dokter Terkait