Sukses

Singkirkan Jamur Kuku dengan 5 Tips Rumahan Ini

Jamur kuku bikin kuku Anda terlihat jelek? Yuk, segera atasi dengan tips rumahan berikut!

Klikdokter.com, Jakarta Meski sering dianggap bukan bagian krusial dari tubuh, kuku yang terlihat jelek pasti bikin sebagian orang – khususnya wanita – menjadi tidak percaya diri. Pasalnya, menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, kondisi tersebut dapat secara perlahan mengangkat kuku, sehingga kuku tumbuh tidak sempurna dan menusuk. Jika Anda terus menyepelekannya, infeksi jamur kuku bisa menyebar.

Dalam dunia kedokteran, seperti dijelaskan dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter, infeksi jamur pada kuku dikenal sebagai onikomikosis. “Selain kuku menjadi bergelombang, infeksi jamur pada kuku juga dapat menyebabkan kuku berubah warna menjadi agak kekuningan atau keputihan, kuku menjadi rapuh, mudah mengelupas, dan lebih kusam.”

Infeksi jamur ini memang lebih sering mengenai kuku kaki. Namun tenang, sebelum jamur kuku semakin berkembang, dilansir dari Medical News Today, ada tips rumahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

  • Menggunakan baking soda

    Ada pengobatan cukup populer yang dapat membantu mengobati jamur kuku, yaitu menggunakan baking soda atau soda kue. Baking soda mampu menyerap kelembapan yang disebabkan oleh jamur kuku. 

    Dalam sebuah studi kecil, para peneliti mempelajari efek baking soda terhadap hal tersebut. Hasilnya, baking soda mencegah pertumbuhan jamur pada 79 persen spesimen yang diuji. Adapun sisanya, baking soda setidaknya mampu memperlambat pertumbuhan jamur, meski tidak benar-benar memberantasnya.

    Cara penggunaan baking soda untuk mengatasi jamur kuku adalah sebagai berikut. 

    • Jika jamur kuku menginfeksi jari kaki, masukkan soda kue ke dalam kaus kaki untuk menyerap kelembapan. 
    • Jika yang terinfeksi kuku tangan dan kaki, Anda bisa mengoleskan pasta soda kue langsung ke kuku yang bermasalah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas. Ulangi beberapa kali sehari sampai jamur hilang.
1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Oleskan salep yang mengandung mentol

Salep yang mengandung mentol dapat membantu mengobati jamur kuku. Umumnya, salep jenis ini diperuntukkan meredakan gejala batuk dan pilek. Namun, bila dioleskan pada kuku yang terkena infeksi jamur, hal tersebut juga berkhasiat. 

  • Manfaatkan cuka

Meski tidak ada bukti klinis terkait hal ini, sebagian orang percaya bahwa cuka adalah bahan yang efektif untuk membantu menghilangkan jamur kuku. Cara menggunakannya, Anda bisa mengoleskannya langsung pada kuku yang bermasalah. Selain itu, Anda juga dapat merendam jari-jari kaki ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan cuka.

  • Campurkan beberapa minyak esensial

Ingin menghilangkan jamur kuku, tapi tak mau kuku dan jari bau tak sedap? Jangan khawatir, dengan cara ini, jari tangan Anda justru akan wangi! Pasalnya, campuran minyak esensial tertentu dapat memiliki efek antijamur.

Adapun campuran minyak esensial yang dimaksud, antara lain minyak lavender, minyak petitgrain, minyak biji clary, minyak ylang ylang, dan minyak melati. Oleskan pada kuku yang bermasalah secara teratur dan tunggu hasil baiknya. 

  • Gunakan obat kumur (mouthwash)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak jenis obat kumur memiliki sifat antijamur sehingga bisa membunuh kuman pada mulut. Karena itulah, mouthwash juga dipercaya bisa mengatasi masalah jamur kuku. Cobalah rendam kuku tangan atau kuku kaki yang terinfeksi jamur kuku ke dalam baskom berisi larutan tersebut. 

Pengobatan infeksi jamur kuku memang relatif lebih lama karena lokasinya. Karena itu, seperti dijelaskan dr. Dyan Mega, dokter pada umumnya akan memberikan terapi oral agar lebih efektif menembus jaringan kuku yang tebal. Jadi, bila jamur di kuku jari Anda tak kunjung hilang setelah menggunakan bahan rumahan di atas, jangan lekas putus asa. Setiap pengobatan—apalagi yang bersifat rumahan—membutuhkan waktu yang lebih panjang. Akan tetapi, bila infeksi jamur Anda semakin parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar