Sukses

Jahe untuk Usir Masuk Angin, Apakah Efektif?

Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, apakah mengusir masuk angin dengan jahe akan efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan istilah masuk angin. Keluhan ini bisa sangat menganggu aktivitas karena identik dengan munculnya mual, perut kembung dan demam. Tak heran, setiap orang yang mengalaminya ingin segera terbebas dari masuk angin. Salah satu metode alami yang dipercaya dapat mewujudkan hal tersebut adalah jahe.

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale. Rimpang ini memang sangat populer dan umumnya diolah menjadi sesuatu yang dapat menghangatkan tubuh. Tidak jarang, jahe juga diolah menjadi obat yang dapat mengatasi penyakit. Namun, apakah masuk angin termasuk salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan jahe?

Efektivitas jahe untuk usir masuk angin

Perlu Anda ketahui, dalam dunia medis tidak ada penyakit dengan nama masuk angin. Karena pada dasarnya, segala keluhan yang terjadi pada kondisi tersebut disebabkan oleh adanya penyakit lain, baik infeksi maupun peradangan.

Terkait efektivitas jahe untuk atasi keluhan yang sering disebut masuk angin, dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter mengatakan bahwa herbal tersebut memang terbukti ampuh.

"Jahe memiliki sifat menghangatkan tubuh. Jadi, memang bisa menurunkan suhu panas tubuh. Selain itu, air rebusan jahe bisa membuat perut nyaman sehingga keluhan bisa mereda," kata dr. Theresia.

Selain jahe, dr. Theresia mengatakan bahwa ginseng juga bisa memberikan manfaat yang signifikan untuk mengusir keluhan yang berkaitan dengan masuk angin.

“Makanan atau minuman hangat, seperti sup, soto, atau teh hangat sebenarnya juga bisa membantu meredakan gejala masuk angin,” jelasnya.

Alternatif cara mengatasi masuk angin

Selain mengonsumsi jahe, ginseng, atau mengonsumsi makanan dan minuman hangat, masuk angin juga bisa diatasi dengan cara sebagai berikut:

  • Istirahat

Istirahat penting untuk mengembalikan stamina dan energi. Dengan demikian, tubuh akan kembali fit dan segala keluhan yang berkaitan dengan masuk angin akan berkurang.

  • Pijat

Berdasarkan penjelasan dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, pijat bisa melancarkan sirkulasi darah, sehingga peredarannya menjadi lebih baik. Hal ini dapat menghilangkan pegal-pegal dan rasa tidak enak badan akibat masuk angin.

  • Mandi air hangat

Mandi air hangat juga ampuh mengusir masuk angin. Ini karena air hangat dapat mengembalikan tingkat kenyamanan tubuh. 

"Selain itu, mandi air hangat dengan cara yang tepat juga dapat membuat tubuh lebih bersih sehingga risiko infeksi lanjutan bisa diperkecil," kata dr. Reza.

  • Minum obat atau vitamin

"Jika keluhan atau gejala yang dialami cukup berat, minumlah obat-obatan seperti parasetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat. Obat-obatan tersebut dijual bebas di pasaran dan memiliki dosis yang tertera di label kemasan," saran dr. Reza.

Jika diperlukan, Anda juga dapat mengonsumsi suplementasi vitamin B atau C untuk mengurangi gejala masuk angin.

Jika keluhan yang berkaitan dengan masuk angin tak kunjung membaik dalam 3 hari meski telah mengonsumsi jahe, ginseng atau melakukan cara-cara lainnya, jangan sungkan untuk segera berobat ke dokter. Jangan tunggu hingga nanti, apalagi jika Anda tak ingin penyakit bertambah parah. Ingat, semakin cepat dideteksi dan diobati, semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh dan kembali sehat seperti semula.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar