Sukses

Berapa Lama Istirahat Setelah Operasi Jantung?

Mick Jagger sudah kembali ke panggung musik usai operasi jantung. Sebenarnya, berapa lama istirahat yang dibutuhkan setelah operasi jantung?

Klikdokter.com, Jakarta Vokalis The Rolling Stones, Mick Jagger, secara mengejutkan kembali tampil di atas panggung setelah dua bulan lalu menjalani operasi katup jantung. Kini, Jagger sudah kembali memulai rangkaian konsernya bersama The Rolling Stones. Jagger menjalani operasi jantung dan pemulihan di rumah sakit Presbyterian New York, Amerika Serikat.

Karena operasi ini, rangkaian konser The Rolling Stone sempat ditunda. Jagger pun menjalani prosedur invasif minimal alias bukan operasi besar seperti pembelahan toraks. Keputusan ini sempat mengejutkan fans. Sebenarnya, berapa lama waktu istirahat yang ideal usai menjalani operasi jantung?

Berapa lama waktu istirahat dan pemulihannya?

Dilansir dari Mayo Clinic, bedah katup jantung dilakukan untuk mengobati penyakit jantung. Operasi ini sering dilakukan untuk menyelesaikan masalah salah satu dari empat katup di jantung Anda agar darah dapat mengalir ke arah yang benar.

Setiap katup tersebut memiliki kelopak yang seharusnya dapat membuka dan menutup selama jantung berdetak. Ketika hal tersebut tidak terjadi, aliran darah melalui jantung dan tubuh akan terganggu.

Waktu pemulihan setelah operasi katup jantung beragam, tergantung prosedur operasi apa yang dilakukan. Biasanya, pasien membutuhkan waktu 3-4 minggu bila pemulihan dilakukan dengan operasi berbasis robotik, dan 6-8 minggu bila menggunakan prosedur jantung terbuka.

Namun, merujuk pada kasus Mick Jagger di mana ia melakukan pembedahan minimal, artinya dia melakukan operasi kateter. Pemulihan pasca operasi jantung dengan prosedur kateter biasanya membutuhkan waktu 1-2 minggu.

Hanya saja, menurut dr. Alvin Nursalim SpPD dari KlikDokter, jangan bayangkan bahwa 1-2 minggu itu orang yang habis operasi jantung langsung bisa beraktivitas berat. Biasanya, aktivitasnya minimal.

Perlu latihan di antara waktu istirahat

Dalam rentang waktu itu, pasien pasca operasi jantung akan diberikan kesempatan untuk istirahat. Hanya saja, pasien sembari diberi latihan untuk bisa kembali beraktivitas ringan.

"Dalam 1-2 minggu pasca operasi, biasanya akan dilakukan pemantauan ketat di ruang intensif. Lalu, jika pasca operasi lukanya bagus dan aman, biasanya langsung diturunkan ke ruangan biasa. Rata-rata memang biasanya 1-2 minggu untuk di rumah sakit. Untuk aktivitas yang dilakukan biasanya hanya aktivitas ringan, tapi sudah mulai dilatih," ujar dr. Alvin saat dikonfirmasi.

"Sementara kalau untuk kembali beraktivitas normal, sebenarnya tergantung pribadinya masing-masing. Tapi pastinya setelah selesai operasi, harus melakukan latihan dengan tim rehabilitasi medik. Karena operasi jantung biasanya melibatkan dokter tim bedah toraks, dokter jantung, dan dokter rehabilitasi medik. Sekitar 1-2 minggu perawatan intensif adalah waktu yang normal," dia menjelaskan.

Setelah pulang dari rumah sakit, pasien yang habis menjalani operasi katup jantung biasanya perlu pemantauan dan berkoordinasi dengan dokter. Dokter Alvin pun menegaskan, orang yang sehabis menjalani operasi jantung, paling aman bisa kembali beraktivitas normal sekitar 6-8 minggu.

"Kalau sudah pulang, tetap harus berkoordinasi dengan dokter rehabilitasi medik. Hanya saja, untuk bisa beraktivitas normal seperti biasanya sehabis operasi katup jantung seperti Mick Jagger memang bisa memakan waktu 6-8 minggu," pungkas dr. Alvin.

Lamanya waktu istirahat usai melakukan operasi jantung tergantung pada kondisi pasien dan prosedur operasi yang dilakukan. Lamanya waktu istirahat ini sangat penting untuk proses pemulihan Anda. Oleh karena itu, selalu konsultasikan terlebih dahulu aktivitas yang ingin Anda lakukan pasca operasi jantung kepada dokter. Jika menurut dokter baik-baik saja, Anda dapat beraktivitas seperti biasa.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar