HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Diet dan Nutrisi

Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Klikdokter, 18 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kluwek atau keluak merupakan salah satu bumbu yang sering digunakan untuk masakan. Mari ketahui manfaat kluwek bagi kesehatan berikut ini!

Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sejak dulu, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki buah dan rempah beragam. Salah satu buah khas Indonesia yang cukup unik adalah kluwek atau keluak.

Buah kluwek memiliki kulit yang keras seperti kemiri dan biasanya banyak dijumpai sebagai bumbu makanan tradisional. Menu masakan yang menggunakan kluwek sebagai bahan dasar adalah pucung gabus dan rawon.

Secara tampilan, warna kluwek yang hitam memang tampak kurang menarik. Tetapi dari segi rasa, sudah pasti lezat. Sebab, kluwek mengandung asam glutamat yang biasa terkandung di dalam bumbu penyedap masakan. 

Tak hanya itu, keluak juga mengandung berbagai nutrisi penting di dalamnya. Berikut ini adalah manfaat kluwek untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kluwek mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini diketahui memiliki banyak peran untuk kesehatan, salah satunya untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Kandungan vitamin C dalam kluwek dapat membantu melawan berbagai penyebab infeksi yang masuk ke dalam tubuh. 

Selain itu, vitamin C mampu menjaga kesehatan kulit dengan meregenerasi sel-sel tubuh. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang dapat menetralkan radikal bebas.

Artikel lainnya: Pilihan Smoothies untuk Tingkatkan Imun Tubuh

2. Mencegah Anemia

Buah kluwek kaya akan kandungan zat besi. Mineral ini adalah salah satu komponen pembentuk sel darah merah, yaitu hemoglobin. 

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah, khususnya untuk ibu hamil. Karena pada saat hamil, ibu rentan mengalami anemia yang dapat berdampak pada kesehatan janin.

3. Memelihara Kesehatan Usus

Menjaga kesehatan usus tidak hanya bermanfaat untuk saluran pencernaan, tetapi juga untuk organ lainnya seperti otak. 

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang membantu menjaga kesehatan usus, seperti kluwek. 

Kluwek mengandung banyak serat yang baik untuk usus. Selain itu, serat dari kluwek bermanfaat untuk membantu memperlancar buang air besar.

Artikel lainnya: Bersihkan Usus Anda dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

4. Menurunkan Risiko Radang Sendi Akibat Asam Urat

Tahukah Anda, kluwek juga berkhasiat untuk menurunkan risiko radang sendi akibat asam urat

Itu berkat kandungan vitamin C yang ada di dalam buah ini. Menurut penelitian, konsumsi vitamin C dapat mencegah radang sendi akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh. 

Radang sendi akibat asam urat ini umumnya dialami di bagian sendi sekitar jempol kaki.

5. Menghindari Terjadinya Penyakit Jantung dan Stroke

Magnesium yang ada di dalam buah kluwek dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner

Apabila kebutuhan magnesium sehari-hari tidak dipenuhi, Anda berisiko mengalami kelainan irama jantung dan munculnya komplikasi setelah serangan jantung. 

Di samping itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa memenuhi asupan magnesium dapat membantu menurunkan risiko stroke.

Artikel lainnya: Manfaat Daun Pangi Bisa Obati HIV/AIDS, Mitos atau Fakta?

6. Mencegah Lemas dan Kelelahan Otot

Ternyata, rutin mengonsumsi kluwek bermanfaat untuk mengatasi masalah kelemahan otot, mati rasa, dan lemas. 

Ini karena kluwek mengandung mineral fosfor yang membantu tubuh Anda menjadi tetap fit dan aktif. 

Bahkan, dengan mencukupi kadar fosfor dalam tubuh dapat membantu meningkatkan gairah seks.

7. Menurunkan Kolesterol

Konsumsi kluwek juga bermanfaat untuk mencegah kolesterol tinggi, lho! Namun, untuk menurunkan kolesterol tinggi, tentunya tak hanya dengan mengonsumsi buah kluwek.

Anda juga disarankan untuk memperbaiki gaya hidup. Misal, dengan berhenti merokok, olahraga dengan lebih sering dan teratur, menghindari makanan tinggi kolesterol, serta mengelola stres dengan baik.

8. Memudahkan Tidur

Buah kluwek dapat menjadi cara untuk mengatasi susah tidur. Hal tersebut karena biji kluwek memiliki kandungan yang menyehatkan dan membuat Anda menjadi lebih rileks hingga akhirnya mudah untuk tidur.

Untuk memudahkan Anda tidur, tips lainnya adalah dengan melakukan latihan pernapasan dalam, hindari menggunakan gadget sebelum tidur, membersihkan kamar agar bersih dan nyaman, serta menjaga pencahayaan di kamar. 

Itulah beberapa manfaat kluwek untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda dapat mengolah buah ini menjadi masakan atau bumbu dapur lainnya.

Baca artikel kesehatan lainnya yang menarik hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur tanya dokter.

[RS]

kluwek

Konsultasi Dokter Terkait