Kesehatan Anak

Di Usia Berapa Anak Boleh Diajak Bepergian Jauh untuk Mudik?

Ingin membawa si Kecil mudik dan bepergian jauh, bolehkah? Berikut panduannya.

Di Usia Berapa Anak Boleh Diajak Bepergian Jauh untuk Mudik?

Lebaran telah tiba. Mudik ke kampung halaman pun menjadi salah satu agenda wajib banyak masyarakat Indonesia untuk merayakannya.

Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan momen cuti bersama untuk berlibur bersama keluarga, termasuk membawa si Kecil. Namun, idealnya pada usia berapa si Kecil boleh diajak bepergian jauh?

Tidak ada aturan dan anjuran baku tentang kapan sebaiknya anak boleh diajak bepergian jauh. Tapi, sebaiknya hindari mengajak bayi di bawah usia 3 bulan ke tempat umum atau keramaian karena bisa berpotensi terkena penyakit. Daya tahan tubuh bayi yang masih rendah dapat membuat bayi mudah terkena infeksi.

Pertimbangkan apakah anak sudah siap secara emosional untuk perjalanan jauh. Beberapa anak mungkin merasa cemas atau tidak nyaman dengan perubahan lingkungan.

Selain kesiapan anak, orang tua juga perlu siap secara fisik dan mental untuk menghadapi perjalanan jauh bersama anak. Pastikan Kamu memiliki cukup tenaga dan kesabaran untuk mengatasi segala situasi yang mungkin timbul.

Masalah Kesehatan pada Anak saat Bepergian Jauh

Ada beberapa masalah kesehatan yang sering dijumpai pada si Kecil yang diajak bepergian jauh, antara lain:

  • Diare
  • Masalah saluran napas
  • Masalah kulit, termasuk gigitan serangga, alergi, infeksi kulit, dsb
  • Penyakit infeksi sistemik (biasanya disertai demam), seperti malaria dan demam berdarah.

Jika bepergian jauh dengan menggunakan pesawat, pastikan Kamu sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak Kamu. Masing-masing penerbangan umumnya memiliki standar yang berbeda-beda tentang kapan bayi boleh diajak bepergian dengan pesawat.

Kebanyakan penerbangan memiliki peraturan minimal usia bayi yang boleh pergi adalah 2 minggu. Meski begitu, tetaplah hindari membawa bayi Kamu ke tempat keramaian dan banyak orang, terlebih jika bayi belum mendapatkan vaksinasi. Sebaiknya tunggu hingga bayi Kamu berusia di atas 3 bulan.

Bepergian dengan menggunakan pesawat terbang juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada telinga karena perbedaan tekanan udara. Terlebih jika bayi Kamu sedang mengalami batuk, flu, atau infeksi telinga.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk menyusui bayi saat pesawat hendak terbang dan mendarat, atau untuk anak yang lebih besar bisa diberikan camilan.

Sementara itu, bepergian dengan transportasi publik lainnya seperti bus, kereta api, atau kapal laut tidak disarankan jika si Kecil masih berusia di bawah 3 bulan karena masih rentan mengalami infeksi.

Jika memang harus bepergian jauh, lebih baik gunakan kendaraan pribadi, sehingga bisa meminimalkan kontak dengan banyak orang. Jika akhirnya menggunakan kendaraan pribadi, pastikan sudah dilengkapi car seat atau kursi khusus bayi yang dilengkapi sabuk pengaman.

Bepergian jauh dengan motor tidak disarankan pada anak yang belum bisa duduk sendiri dan belum bisa menggunakan helm karena jelas berbahaya bagi keselamatannya.

Cara agar Anak tidak Bosan dalam Perjalanan

Persiapan Mudik bersama Balita dengan Pesawat

Si Kecil bisa menjadi sangat rewel saat bepergian jauh karena bosan. Untuk menyiasatinya, Kamu bisa membawa camilan dan mainan kesukaannya, atau menyetel lagu favoritnya. Buat si Kecil "sibuk", sehingga ia tidak merasa bosan saat bepergian jauh.

Jika berkendara dengan mobil pribadi, Kamu bisa berhenti setiap 2 jam agar si Kecil dan Kamu sendiri bisa beristirahat. Saat berhenti, jangan pernah meninggalkan si Kecil sendirian di mobil, bahkan untuk semenit pun karena bisa berbahaya.

Jangan lupa, tunjukkan contoh yang baik pada si Kecil dengan selalu menggunakan sabuk pengaman. Yang terpenting, selalu periksakan kondisi kesehatan si Kecil ke dokter spesialis anak sebelum membawanya bepergian jauh termasuk mudik Lebaran.

Persiapkan berbagai keperluan si Kecil, mulai dari obat-obatan, tabir surya, cemilan, makanan, mainan, dan kebutuhan rutin lainnya. Pastikan juga si Kecil sudah mendapatkan semua vaksinasi wajib dan tambahan jika hendak bepergian ke daerah tertentu.

Jika ada yang ingin ditanyakan tentang topik ini, Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter Anak lebih mudah dan praktis saat perjalanan mudik Kamu.

Jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu dengan rutin cek kesehatan Kamu dan keluarga. Pesan layanan pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan secara online.

Jika ingin membeli persediaan suplemen dan vitamin, Kamu bisa beli dengan mudah tanpa harus keluar rumah! Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

[MS/ RVS]

BatukVaksinasiFluinfeksiMudikAnakLebaranInfeksi Telinga

Konsultasi Dokter Terkait