Sukses

Sembelit Saat Puasa, Ini Tips Mengatasinya

Sulit BAB bisa sangat mengganggu aktivitas, apalagi jika Anda mengalami sembelit saat puasa. Yuk, atasi dengan cara ini!

Klikdokter.com, Jakarta Seseorang dikatakan mengalami sembelit saat frekuensi BAB kurang dari dua kali dalam seminggu. Pola makan yang berubah selama bulan puasa serta pilihan makan yang minim serat membuat Anda rentan terserang sembelit saat puasa. Sembelit atau konstipasi ini juga bisa karena kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh selama puasa.

Selain itu, konsumsi beragam jenis takjil termasuk aneka gorengan, es buah dengan pemanis buatan dan makanan manis bersantan juga bisa mengakibatkan sembelit saat puasa.

Cegah dan atasi sembelit dengan cara ini

Jangan anggap remeh sembelit. Karena bila dibiarkan dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi seperti wasir, yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Berikut ini adalah cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa:

  • Cegah perubahan jenis dan jumlah asupan makanan secara tiba-tiba

Perubahan pola makan mendadak juga dapat mencetuskan terjadinya konstipasi atau diare karena tubuh belum beradaptasi. Saat berbuka, makanlah dengan bertahap dalam porsi yang kecil tapi sering serta kunyahlah makanan dengan benar hingga halus sebelum ditelan. Cara ini akan sangat membantu peroses pencernaan dan mengurangi beban saluran cerna.

  • Awali sahur dengan makanan ringan

Bersahurlah dengan makanan ringan seperti kurma terlebih dahulu. Setelah beberapa saat lanjutkan dengan makanan utama yang mengandung kuah seperti sup. Karena makanan berkuah akan menambah asupan cairan dalam tubuh dan mencegah konstipasi.

Hindari makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan dan gula karena akan meningkatkan risiko terjadinya sembelit dua kali lipat.

  • Minum banyak air

Minumlah air putih paling tidak dua liter sehari. Karena konsumsi air yang banyak sangat penting untuk mencegah sembelit. Hindari minuman soda saat berbuka puasa karena dapat mencetuskan sembelit jika diminum terlalu banyak.

  • Perbanyak asupan serat

Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak serat, karena amat dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit. Jika memungkinkan pilihlah sumber karbohidrat dengan kadar serat yang lebih tinggi seperti beras merah. Selain itu, perbanyaklah konsumsi bahan makanan yang mengandung serat lainnya seperti oat untuk memperlancar perncernaan.

  • Tetap berolahraga

Lakukan olahraga selama berpuasa karena olahraga juga penting untuk memperlancar pencernaan Anda.

  • Konsumsi makanan kaya vitamin B

Vitamin B juga bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Beberapa menu yang mengandung jenis vitamin ini adalah makanan yang berasal dari hewan, susu, dan sereal.

  • Hindari stres

Stres dan kecemasan ternyata bisa memicu terjadinya sembelit. Oleh sebab itu, istirahatlah yang cukup untuk membantu mencegah terjadinya sembelit.

  • Perbanyak makan yoghurt

Tentunya yoghurt amat berguna untuk membantu melancarkan buang air besar. Karena bakteri baik yang terkandung di dalamnya dapat membantu menstabilkan kuman-kuman di saluran cerna, sehingga buang air besar Anda menjadi lebih lancar.

Demikianlah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah timbulnya sembelit saat puasa. Nah, jika langkah-langkah di atas telah Anda lakukan namun sembelit belum juga hilang, berkonsultasilah dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat pencahar yang aman dan sesuai dengan kondisi Anda untuk menuntaskan sembelit.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar