Sukses

Sering Kencing Setelah Sahur, Ada Penyakit Apa?

Sering kencing setelah sahur bisa dialami oleh sebagian orang yang puasa di bulan Ramadan. Tapi apakah ini pertanda suatu penyakit?

Klikdokter.com, Jakarta Biasanya setelah sahur Anda mungkin akan kembali tidur. Jika sesekali terbangun karena ini kencing, itu wajar. Tapi jika Anda justru sering kencing setelah sahur, apakah ini pertanda ada penyakit di dalam tubuh?

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter sering kencing itu penyebabnya macam-macam.

“Paling simpel itu ketika merasakan kedinginan, Anda kencing terus. Grogi juga bisa membuat Anda sering kencing. Memang ada kondisi-kondisi normal yang menyebabkan Anda jadi sering kencing,” ungkap dr. Astrid.

Seseorang juga bisa sering kencing karena minum kopi atau makan lobak. Keduanya bersifat diuretik atau membuat Anda kencing terus.

Benarkah berhubungan dengan penyakit tertentu?

Jika dihubungkan dengan suatu penyakit, sering kencing identik dengan diabetes mellitus. Hal ini juga diamini oleh dr. Astrid.

"Ini karena adanya gangguan di ginjal dan gangguan keseimbangan elektrolit," kata dr. Astrid.

Namun, ditegaskannya bahwa sering kencing setelah sahur, perlu juga dicari tahu apa yang dimakan atau diminum oleh orang tersebut pada saat sahur. Apa yang dikonsumsi saat sahur sangat memengaruhi kondisi tubuh sepanjang hari.

Meski begitu, dr. Astrid menegaskan bahwa diabetes tak hanya ditandai oleh sering kencing, masih banyak gejala lainnya.

"Diabetes memiliki gejala khas lain, misalnya penurunan berat badan, sering mengantuk, dan cepat haus. Artinya, diabetes tak hanya bisa dilihat dari sering kencing, lihat juga gaya hidupnya seperti apa, ada keturunan atau tidak, ada gejala lain yang muncul atau tidak, dan diganosis diabetes,” kata dia.

Untuk memastikan seseorang terkena diabetes, harus melalui pemeriksaan gula darah puasa dan gula darah sewaktu. “Jadi tidak bisa mendiagnosis sendiri, ya. Bisa saja sering kencing itu adalah hal yang normal-normal saja," ungkap dr. Astrid.

1 dari 2 halaman

Penyakit lain akibat sering kencing

Meski begitu, kondisi sering kencing memang patut diwaspadai. Beberapa penyakit ini ditandai dengan sering kencing:

1. Gangguan prostat

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, gangguan prostat sering menyerang pria berusia di atas 60 tahun. Ini karena prostat terlalu besar dan menekan saluran kencing. Pasien gangguan prostat menjadi sering kencing karena biasanya saat kencing keluarnya sedikit-sedikit atau tidak tuntas.

2. Neurogenic bladder

Neurogenic bladder adalah hilangnya fungsi kandung kemih yang normal akibat kerusakan pada sebagian sistem sarafnya. Penderita Neurogenic bladder tidak bisa menahan kencing, termasuk pada malam hari.

3. Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing lebih sering dialami oleh wanita. Orang awam menyebutnya anyang-anyangan. Kondisi ini juga bisa terjadi setelah menikah, yang disebut dengan honeymoon cystitis. “Jadinya kencing terasa sakit dan terasa panas," ujar dr. Karin.

4. Batu ginjal

Pada beberapa kasus, sering kencing bisa jadi tanda Anda mengalami batu ginjal. Batu ginjal adalah butiran mineral yang menyerupai batu yang terbentuk dalam kandung kemih manusia. Anda harus waspada jika sering buang air kecil, tapi keluarnya sedikit dan mengalami rasa nyeri.

Sering kencing setelah sahur tidak selalu berarti ada masalah serius pada kesehatan Anda. Namun, untuk memastikannya, Anda dapat berkonsultasi ke dokter atau melakukan pemeriksaan darah. Sebagai langkah pencegahan, Anda dapat mengisi sahur dengan minuman yang sehat. Dibanding minum kopi atau teh, lebih baik pilih air putih untuk bekal hidrasi sepanjang hari.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar