Sukses

Mengapa Sering Ngantuk Saat Puasa

Rasa kantuk sering terjadi saat sedang berpuasa. Apa sih sebenarnya penyebab ngantuk saat puasa? Yuk, kita simak penjelasannya di sini.

Banyak tantangan yang harus dihadapi ketika seseorang berpuasa. Bukan hanya menahan godaan lapar, haus, dan emosi, tapi juga godaan mengantuk saat puasa. Hal ini pasti dirasakan hampir semua orang yang berpuasa.

Meskipun sudah bersemangat di pagi hari, semakin siang rasa ngantuk pun akan timbul.

Padahal sebelum puasa dan menjalankan aktivitas yang sama biasanya tidak ngantuk. Mengapa hal ini terjadi?

Berikut penyebab ngantuk saat puasa yang perlu Anda tahu:

1 dari 4 halaman

1. Perubahan Pola Makan

Salah satu penyebab ngantuk saat puasa adalah perubahan pola makan. Kalau biasanya Anda makan saat siang, di bulan puasa, hal ini tidak terjadi. Suntikan energi pada siang hari pun jadi tidak ada.

Akibatnya, tubuh akan mencari sumber energi lain, yaitu dengan memecah cadangan gula dan menurunkan tingkat kerja agar sisa energi yang dimiliki cukup hingga waktu berbuka.

Selain itu, menurunnya cadangan gula juga membuat otak tidak bekerja maksimal yang semakin lama akan membuat Anda mengantuk.

Untuk meminimalkan rasa ngantuk saat puasa, pilihlah menu sahur yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Contoh makanannya adalah roti gandum, nasi merah, sayur, serta buah.

Energi yang dihasilkan dari metabolisme serat dan karbohidrat kompleks akan dilepaskan secara bertahap.

Dengan demikian, energi tubuh akan tercukupi untuk beraktivitas dari sahur hingga azan Magrib tiba.

Artikel Lainnya: Badan Lemas Saat Puasa, Mungkin Anda Mengalami 8 Kondisi Ini

2. Tubuh Kekurangan Cairan

Selain kekurangan asupan glukosa dari makanan saat berpuasa, tubuh juga akan kekurangan cairan.

Tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam lamanya membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Jika Anda kurang minum saat berbuka puasa dan sahur, maka tubuh akan menjadi lemas dan mengantuklah yang Anda rasakan.

Oleh karena itu, meski ada keterbatasan waktu makan dan minum, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan cairan. Pastikan tetap mengonsumsi cairan sebanyak kurang lebih 8 gelas mulai dari buka puasa sampai sahur.

2 dari 4 halaman

3. Berkurangnya Aktivitas Fisik

Beberapa orang lebih memilih untuk mengurangi aktivitas fisik saat berpuasa. Hal ini juga bisa jadi penyebab ngantuk pada saat puasa. Karena, justru membuat tubuh jadi makin lemas dan mudah mengantuk.

Sebisa mungkin, Anda dianjurkan untuk tetap aktif bergerak agar peredaran tubuh lancar, termasuk pembuluh darah ke otak. Dengan demikian, Anda merasa lebih bugar, pikiran pun lebih segar.

Artikel Lainnya: Penyebab Sering Mengalami Nyeri Otot Saat Puasa

4. Perubahan Jam Tidur

Perubahan pola tidur saat bulan puasa pasti akan terjadi. Ketika harus bangun dini hari untuk sahur atau juga bangun tengah malam untuk beribadah.

Menurut studi pada Journal of Sleep Research, kondisi tersebut dapat mengurangi durasi REM (rapid eye movement) alias tahap tidur nyenyak.

Pada keesokan harinya, Anda pun sering mengantuk saat menjalankan kegiatan harian.

Supaya tidak kurang tidur, usahakan untuk memajukan jam tidur. Supaya kualitas tidur tidak terganggu, hindari penggunaan perangkat elektronik setidaknya 2 jam sebelum tidur. Kemudian tidurlah dalam keadaan gelap atau pencahayaan seminimal mungkin.

Artikel Lainnya: Diare Saat Puasa? Ini Penyebabnya

3 dari 4 halaman

5. Perubahan Metabolisme

Perubahan pola makan tentu saja akan mengubah metabolisme tubuh, seperti perubahan pada tingkat hormon kortisol dalam tubuh.

Hormon kortisol adalah hormon stres yang dapat membuat Anda tetap waspada dan juga berperan dalam penggunaan gula darah di tubuh.

Dalam sebuah penelitian, didapatkan bahwa hormon kortisol pada orang yang berpuasa mengalami penurunan dimulai dari pagi hari.

Penurunan yang terjadi terus-menerus tentu saja akan memengaruhi penggunaan gula darah dalam menghasilkan energi. Energi pun kurang dan tubuh akan mudah mengantuk.

Itulah beberapa penyebab ngantuk saat puasa. Rasa ngantuk ini normal terjadi dan bisa dicegah dengan memaksimalkan asupan saat berbuka dan sahur.

Jika Anda merasa sangat ngantuk, tidak ada salahnya memejamkan mata sejenak untuk beristirahat.

Dapatkan tips sehat dan praktis soal puasa lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar