Sukses

Mengatasi Radang Tenggorokan Saat Hamil

Ibu hamil kerap mengalami radang tenggorokan. Berikut ini adalah cara untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh saat hamil biasanya mengalami penurunan. Tak heran, ibu hamil biasanya mudah sakit. Salah satu penyakit yang paling sering menyerang ibu hamil adalah radang tenggorokan.

Radang tenggorokan bisa disebabkan banyak hal, yaitu infeksi bakteri, virus, alergi dan lain sebagainya. Penyakit ini ditandai dengan munculnya keluhan sakit saat menelan, batuk, pilek, bersin, kadang disertai demam, suara serak atau hilang, nyeri pada telinga, serta masalah THT lainnya.

Saat hamil, tentunya tidak banyak pilihan obat-obatan yang dapat dikonsumsi. Beberapa obat-obatan tidak direkomendasikan untuk ibu hamil karena bersifat teratogenik atau berbahaya bagi janin. Tentunya pengobatan pada ibu hamil harus sesuai dengan resep dokter.

Nah, untuk lebih amannya, berikut adalah cara alami untuk ibu hamil dalam mencegah dan mengatasi radang tenggorokan:

  • Minum air lemon yang telah diberi madu

Sebagian  kalangan menilai bahwa lemon dan madu merupakan bahan alami yang baik baik proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan memeras 1 buah lemon dan dicampurkan dengan madu secukupnya. Kedua bahan ini juga dapat dicampurkan ke dalam teh hangat Anda.

  • Perbanyak minum air putih

Minum banyak air putih dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, dengan harapan akan meredakan rasa gatal dan kering di tenggorokoan. Hindari minuman dingin, minuman manis ataupun yang mengandung soda.

  • Cukup tidur

Beristirahat yang cukup akan memulihkan kondisi tubuh yang sedang kurang fit ataupun tengah mengalami radang tenggorokan. Jadi, penuhi kebutuhan tidur Anda minimal 8-9 jam sehari. Selain itu, sebisa mungkin hindari begadang, ya.

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam memiliki manfaat sebagai antiseptik dalam melawan penyebab radang tenggorokan. Cara ini amat mudah dilakukan dan aman bagi ibu hamil.

  • Perbanyak makan sayur dan buah

Sayur dan buah banyak mengandung vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa antioksidan sangat baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

  • Konsumsi sup hangat

Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu panas karena dapat membuat tenggorokan semakin radang. Sup hangat bisa menjadi pilihan Anda. Selain isinya yang bergizi, hangatnya sup ini dapat menyembuhkan radang tenggorokan.

  • Gunakan minyak esensial

Kini telah banyak beredar di pasaran, minyak esensial yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Penggunaan minyak tersebut bisa dioleskan di bagian dada dan leher ataupun dimasukkan ke dalam diffuser agar kandungannya bisa terhirup oleh tubuh. Cara ini dikatakan cukup ampuh dalam mengusir radang tenggorokan.

  • Gunakan humidifier di rumah

Humidifier berguna untuk mengatur kelembaban udara di rumah Anda, sekaligus membasmi kuman penyebab penyakit. Dengan menggunakan humidifier, udara di rumah menjadi lebih bersih dan nyaman.

  • Rajin membersihkan rumah dan kamar

Debu dan tungau paling sering menyebabkan keluhan di saluran pernapasan ibu hamil. Jadi, rajin membersihkan kamar dan rumah adalah kunci agar Anda terhindar dari penyakit, termasuk radang tenggorokan.

Itulah beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mencegah dan mengatasi radang tenggorokan saat hamil. Jika radang tenggorokan tidak kunjung sembuh, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dapat ditangani dan diberikan pengobatan yang tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar