Sukses

Gigi Ngilu Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Kehamilan bisa menyebabkan perubahan pada tubuh seorang wanita, termasuk terjadinya gangguan gigi ngilu.

Klikdokter.com, Jakarta Ibu hamil rentan terserang masalah kesehatan termasuk mengalami gigi ngilu. Beberapa wanita dalam masa kehamilan akan merasakan gigi yang lebih sensitif dari biasanya.

Gigi akan terasa ngilu pada satu sisi, atau bahkan pada keduanya saat mengonsumsi makanan atau minuman yang panas dan dingin. Kondisi tersebut dapat meningkat pada suatu hari dan hilang di hari berikutnya.

Penyebab gigi sensitif

Wanita yang sebelumnya tidak pernah mengalami gigi dan gusi sensitif justru akan lebih rentan untuk mengalaminya saat masa kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon, seperti estrogen dan progesteron yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh.

Gusi menjadi lebih lunak dan rentan terhadap peradangan dan pembengkakan akibat peningkatan aliran darah tersebut. Kondisi inilah yang kemudian dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif, serta gusi yang menjadi lebih mudah terluka.

Komplikasi ini selanjutnya dapat berkembang ketika plak menumpuk, sehingga membuat gusi menjadi semakin lunak dan membengkak. Keadaan ini dapat menimbulkan perdarahan yang dapat menyebabkan hilangnya jaringan di sekitarnya.

Selanjutnya, jaringan gusi yang menutupi akar gigi perlahan mulai surut dan memperlihatkan bagian dalam gigi. Akibatnya, makanan atau minuman yang sedikit panas atau dingin saja dapat langsung memengaruhi kondisi gigi dan menimbulkan rasa ngilu atau sakit yang begitu tajam.

Jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan tepat, keadaan dapat menjadi lebih buruk, seperti infeksi gusi. Infeksi gusi yang parah dapat merusak jaringan di sekitarnya dan tulang-tulang penyangga gigi, yang pada akhirnya bisa menyebabkan tanggalnya gigi.

Selain itu, wanita hamil yang mengalami penyakit ini akan berisiko terhadap kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, bahkan keguguran.

Perawatan gigi sensitif

Menjaga agar gigi dan gusi tetap sehat adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan selama masa kehamilan. Terlebih jika Anda pernah mengalami sakit gigi saat sebelum hamil.  

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya rasa sakit pada gigi, di antaranya:

  • Sikatlah gigi dua kali sehari secara perlahan serta lakukan flossing minimal satu kali sehari agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal.
  • Gantilah sikat gigi Anda dengan yang berbulu lembut. Bulu sikat yang keras dapat menyebabkan iritasi pada gigi dan gusi.
  • Gunakanlah pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi ini dapat membantu dalam mengurangi sensitivitas dan rasa sakit pada gigi dan gusi Anda.
  • Pastikan kebutuhan kalsium tercukupi, sehingga janin tidak menyerap kalsium dari tulang ibunya. Hal ini penting untuk kesehatan gigi dan gusi.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta hindari minuman atau makanan yang banyak mengandung gula. Bila Anda ingin mengonsumsi makanan tersebut, jangan lupa untuk berkumur setelahnya.
  • Jika gusi terasa sakit dan bengkak, Anda bisa mencoba untuk mengoleskan es batu ke gusi. Efek dingin pada es akan mengatasi rasa tidak nyaman.

Gigi yang sensitif – termasuk gigi ngilu – biasanya akan hilang dengan sendirinya pasca kehamilan. Namun, jika rasa sakit sudah tidak tertahankan, ada baiknya bila Anda segera pergi ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar