Sukses

Bisa Tetap Ibadah, Ini Tips Puasa untuk Ibu Menyusui

Ingin tetap berpuasa sambil menyusui bayi? Tenang, tidak perlu khawatir. Puasa bagi ibu menyusui tidaklah dilarang secara medis, asalkan Anda menerapkan tips berikut ini.

Bulan Ramadan bisa memberikan dilema tersendiri pada ibu menyusui. Di satu sisi, mereka ingin ikut berpuasa layaknya muslim lainnya. Namun di sisi lain, ibu menyusui juga khawatir akan tidak tercukupinya pasokan ASI lantaran harus menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang.

Apakah Anda salah satu ibu menyusui yang sedang merasakan kondisi tersebut? Tenang, jangan panik. Berbagai penelitian mengatakan bahwa ibu menyusui boleh puasa.

Meski demikian, ibu menyusui mesti melakukan berbagai pertimbangan maupun persiapan agar puasa dan proses menyusui sama-sama berjalan dengan lancar.

1 dari 3 halaman

Ibu Berpuasa, Apa Dampaknya bagi Bayi?

Secara umum, durasi puasa dalam satu hari di Iondonesia berkisar antara 13–14 jam. Dengan kata lain, ibu menyusui harus menahan haus dan lapar selama rentang waktu tersebut.

Meski demikian, ibu menyusui yang berpuasa selama 13–14 jam sehari tidak akan mengalami dehidrasi atau penurunan produksi ASI. Sejauh ini, berpuasa pada ibu menyusui tidak terbukti dapat memengaruhi kesehatan bayi secara signifikan.

Memang, berpuasa bisa sedikit mengubah kandungan gizi di dalam ASI. Akan tetapi, penelitian mengatakan bahwa hal tersebut tidak memberikan pengaruh yang berarti pada proses pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Faktanya, tubuh ibu menyusui juga akan menyesuaikan pola metabolisme puasa sehingga tetap dapat memproduksi ASI dengan kualitas terbaik. 

Namun, untuk merasakan hal ini, ibu tetap menyusui wajib memenuhi kebutuhan nutrisi saat sahur dan berbuka, serta tidak mengalami kondisi medis tertentu.

Artikel Lainnya: Pengaruh Makanan yang Dikonsumsi Ibu Menyusui terhadap Kualitas ASI

2 dari 3 halaman

Tips Puasa untuk Ibu Menyusui

Puasa bagi ibu menyusui bukanlah sesuatu yang dilarang secara medis. Namun, agar kesehatan tetap terjaga, berikut ini adalah tips puasa untuk ibu menyusui yang wajib Anda terapkan.

  1. Penuhi Nutrisi Harian 

Nutrisi harian ibu menyusui selama berpuasa harus selalu terpenuhi. Ini artinya, Anda wajib mengonsumsi menu sehat dan bergizi seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah. 

Karbohidrat, protein, dan lemak memiliki peran yang sangat penting karena merupakan komponen dari ASI. Sedangkan, sayur dan buah wajib dikonsumsi karena mengandung vitamin dan mineral. 

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan 

Kecukupan cairan tubuh sangat penting untuk produksi ASI. Ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan cairan tersebut saat berbuka puasa hingga sahur.

Usahakan untuk konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari, dengan pembagian 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas di malam hari sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Dampak Puasa Saat Menyusui bagi Bayi

  1. Cukup Istirahat 

Saat berpuasa, ibu menyusui perlu istirahat dengan cukup. Saat bayi tertidur, Anda sebaiknya ikut tidur juga agar tidak terasa berat saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. 

  1. Perah ASI 

Produksi ASi di siang hari bisa saja berkurang saat Anda berpuasa. Maka itu, Anda sebaiknya memerah ASI di malam hari, menyimpannya di dalam lemari pendingin, dan memberikan pada bayi saat ia membutuhkannya  di siang hari. 

  1. Dukungan Keluarga 

Ibu menyusui yang memiliki anak lebih dari satu dapat meminta dukungan dari suami untuk berbagi tugas. Hal ini dilakukan agar ibu menyusui tidak terlalu lelah saat menjalankan ibadah puasa. 

  1. Konsultasi ke Dokter 

Jika Anda merasa ragu untuk berpuasa selama menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. 

Hal ini dilakukan untuk menilai, apakah kondisi tubuh Anda benar-benar mumpuni untuk berpuasa sambil menyusui.

  1. Segera Berbuka Jika Sudah Tidak Sanggup 

Jangan paksakan diri jika Anda merasa bahwa puasa di hari itu terasa sangat berat. Sebaiknya segerakan berbuka puasa, meski waktu bedug belum tiba. 

Hal ini dilakukan agar Anda tidak malah mengalami dehidrasi dan malnutrisi, yang pada akhirnya malah membuat kondisi tubuh lebih drop lagi.

Itulah tips berpuasa saat menyusui yang perlu Anda terapkan. Jika Anda masih ragu, sebaiknya tanyakan lebih lanjut pada dokter.

Anda juga dapat berkonsultasi secara online pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Jika kondisi Anda baik dan sudah mengantongi izin dari dokter, menyusui bukanlah penghalang untuk berpuasa.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar