Sukses

Filosofi Never Give Up Bagus untuk Kesehatan Mental Anda

Setiap orang pasti pernah gagal. Tapi,sikap pantang menyerah atau never give up ternyata bagus untuk kesehatan mental Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Dalam kemenangan Liverpool atas Barcelona di semifinal Liga Champions pada Rabu lalu, Mohamed Salah menyita perhatian. Bukan karena permainannya, melainkan kaus yang dia pakai bertuliskan ‘Never Give Up’. Sebagian pendukung Liverpool percaya, meski tidak turun bermain, kaus Salah itu melecut semangat para pemain The Reds.

Para penggawa Liverpool pun seolah bermain tak kenal menyerah hingga peluit akhir dibunyikan. Hasilnya, The Reds yang sebelumnya tertinggal 0-3, malah berbalik menang 4-3.

Setelah ditelisik lebih jauh, sikap pantang menyerah seperti yang tertulis di kaus Salah ternyata baik untuk kesehatan mental.

Kaitan dengan kesehatan mental

Kegagalan yang dialami, apalagi terjadi terus-menerus, bisa membuat seseorang frustrasi. Jika tak kuat bisa berujung pada rasa kecewa, frustrasi bahkan hingga gangguan mental seperti depresi.

"Orang dengan kesehatan mental yang terganggu tidak dapat memaksimalkan kemampuannya dan cenderung memiliki banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari," ujar dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Hal itu hanya didapatkan jika Anda memiliki sikap pantang menyerah. Sikap ini sangat bagus untuk tetap memelihara semangat dan sikap positif Anda dalam hidup.

Tips untuk pantang menyerah

Meski kegagalan datang menyapa silih berganti, ingatlah beberapa tips di bawah ini untuk menyemangati Anda:

  • Miliki rasa optimistis

Hidup yang penuh dengan keraguan tentu tidak enak. Pada akhirnya, keragu-raguan hanya akan menghambat perkembangan diri Anda. Sebaliknya, milikilah sikap optimistis dalam diri.

"Banyak penelitian dalam psikologi yang menunjukkan bahwa orang pada umumnya mengambil pendekatan yang baik dalam mempersepsikan diri sendiri. Orang yang cenderung menunjukkan peningkatan dalam persepsi diri, berada pada jalur menuju kesuksesan," ujar Glenn Geher, Ph.D, profesor psikologi di New York University, AS, seperti dikutip dari Psychology Today.

  • Berpikir bahwa Anda bisa

Ini disebut juga self-efficacy, yakni fenomena psikologis yang cukup sederhana tapi kuat. Anda yakin dapat menyelesaikan beberapa tugas.

Cobalah untuk mensugesti diri bahwa Anda bisa melakukannya. Jika sugesti berhasil, Anda akan berusaha lebih keras yang sering kali menghasilkan kesuksesan. Ini adalah resep manjur dalam semua usaha Anda.

  • Percaya dengan orang lain

Manusia tidak tinggal di ruang hampa, tapi hidup dalam lingkaran sosial tertentu, seperti pasangan, sahabat, atau keluarga. Oleh karena itu, meski ada yang berkata "jangan percaya siapapun", Anda perlu mempercayakan beberapa hal pada orang lain. Saat jatuh, orang-orang terdekat Anda inilah yang akan mendukung Anda.

  • Hidup ini singkat

Hidup itu singkat maka lakukanlah sesuatu yang hebat. Dengan melakukan sesuatu yang hebat, Anda bisa  menangkis efek buruk dari beberapa hasil negatif, seperti kegagalan dan penolakan. Manfaatkan waktu sebaik dan seefektif mungkin dengan hal-hal yang berguna. Jika gagal, segera bangkit. Jangan habiskan waktu bergelung dalam kegagalan.

Never give up atau pantang menyerah adalah sikap positif untuk kesehatan mental yang baik. Dengan sikap itu, kegagalan bisa dilawan dan Anda ubah menjadi suatu keberhasilan. Seperti kata pepatah lama, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Jadi, jangan menyerah jika kali ini Anda gagal. Tetap semangat dan lakukan sampai berhasil!

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar