Sukses

Sejuta Manfaat Bersyukur untuk Kesehatan Mental

Dengan bersyukur pada apa yang dimiliki saat ini, kesehatan mental Anda bisa menjadi semakin baik lagi. Ini 10 manfaat bersyukur bagi kesehatan.

Setiap manusia di dunia dianjurkan untuk banyak-banyak bersyukur. Bukan tanpa alasan, bersyukur nyatanya mampu meningkatkan kesehatan mental, lho!

Pada suatu penelitian, ditemukan bahwa orang yang bersyukur akan merasa lebih optimis, lebih baik, dan lebih semangat dalam menjalani kehidupan. 

Bahkan, orang yang bersyukur cenderung berolahraga lebih sering dan lebih jarang berobat ke dokter.

Lebih dari itu, peneliti juga mengatakan kelompok responden yang sering bersyukur memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Berikut ini sederet manfaat bersyukur bagi kesehatan:

Artikel Lainnya: Dampak Buruk Self Diagnosis Gangguan Kesehatan Mental

1 dari 7 halaman

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pada studi yang dimuat di jurnal Applied Psychology: Health and Well-Being, disebutkan bahwa menulis jurnal yang berisi hal-hal positif dan mensyukurinya selama 15 menit sebelum tidur akan benar-benar mampu mengoptimalkan kualitas tidur.

Penelitian lain yang dilakukan oleh the University of Manchester di Inggris juga mendukung hal yang sama. 

Studi ini dilakukan pada 400 orang dewasa yang 40 persen di antaranya mengalami gangguan tidur. Terbukti, orang yang bersyukur akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Rasa syukur yang selalu ada di dalam hati membuat pikiran selalu positif dan tubuh selalu merasa relaks. Alhasil, kemudahan untuk tidur sangat mungkin dicapai.

2 dari 7 halaman

2. Membantu Meningkatkan Kemampuan Diri

Dengan mensyukuri apa yang dimiliki, Anda akan lebih terpacu untuk mengembangkan diri dan kemampuan yang Anda miliki lebih lagi. 

Manfaat bersyukur yang satu ini tentunya baik untuk kesuksesan dalam hidup, misalnya karier.

3. Terhindar dari Rasa Minder

Ketika Anda mensyukuri setiap hal yang dimiliki saat ini, Anda akan terhindar dari rasa minder. Bisa jadi yang Anda miliki saat ini tidak dimiliki oleh orang lain, atau bahkan orang lain sudah menginginkannya sejak lama. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mensyukuri apa yang ada pada diri Anda saat ini.

3 dari 7 halaman

4. Mempersiapkan Diri untuk Hal yang Besar

Manfaat bersyukur dapat melatih Anda untuk lebih bijaksana dalam melakukan banyak hal. Ketika dipercayakan sesuatu yang lebih besar, mental Anda sudah terlatih, sehingga tidak kaget untuk mengembangkannya lebih lagi.

Artikel Lainnya: Mengikis Stigma Masalah Kesehatan Mental

5. Terhindar dari Gangguan Cemas

Para peserta penelitian diminta untuk mengisi kuesioner mengenai hal-hal positif yang disyukuri dan pikiran apa saja yang sering mengganggu sebelum waktu tidur. 

Setelah hasilnya diakumulasi, peneliti mengatakan peserta studi yang bersyukur sebelum tidur terhindar dari gangguan cemas yang sering datang di malam hari.

4 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Rasa Empati

Suatu penelitian menemukan, para partisipan studi yang sering bersyukur bisa lebih berempati. Mereka bisa lebih memahami orang lain lebih lagi dan menekan rasa egois yang dimiliki.

7. Terhindar dari Dendam

Ketika dirugikan oleh orang lain, pasti sedikit banyak Anda akan merasa sedih dan tidak jarang berujung pada rasa dendam. 

Ketika Anda merefleksikan kembali hal tersebut, pasti ada saja hal sekecil apa pun yang dapat disyukuri. 

Hal ini dapat membantu Anda untuk terhindar dari rasa dendam. Tentunya manfaat bersyukur ini sangat baik untuk kesehatan mental.

5 dari 7 halaman

8. Terhindar dari Iri Hati

Ketika mensyukuri setiap hal kecil yang dimiliki, kita akan lebih mudah terhindar dari perasaan iri hati kepada orang lain. 

Ini karena Anda sudah bisa mensyukuri kehidupan pribadi dan setiap hal yang telah dipercayakan untuk Anda.

9. Terhindar dari Depresi

Tim peneliti juga mengatakan, rasa syukur sejatinya mampu mencegah penyesalan berlarut-larut, sehingga tidak berujung pada perasaan depresi

Gangguan depresi menjadi salah satu isu kesehatan mental yang serius. Dengan bersyukur, Anda bisa membantu mencegah depresi.

Artikel Lainnya: Ketika Mental Publik Digebuk Pagebluk

6 dari 7 halaman

10. Menurunkan Stres

Seakan tak ada habisnya, bersyukur ternyata juga bisa mampu menurunkan tingkat stres. Bersyukur juga bisa mencegah dampak trauma di masa mendatang.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan di jurnal Behavior Research and Therapy

Penelitian tersebut menemukan, veteran perang Vietnam yang sering mengekspresikan rasa syukur cenderung terhindar dari post-traumatic stress disorder (PTSD).

Kondisi tersebut berkaitan dengan pengalaman atau menyaksikan kejadian-kejadian traumatis. 

Misalnya, kondisi mengancam jiwa atau fisik, situasi saat Anda hanya bisa pasrah, atau keadaan sangat mengerikan yang bahkan bisa menyebabkan kematian.

Itulah beragam manfaat yang bisa Anda rasakan dari kebiasaan selalu bersyukur. 

Jika masih kesulitan bersyukur dan belum merasakan kedamaian dalam diri, jangan ragu berkonsultasi lebih lanjut kepada psikolog via LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar