Seks

Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Berhubungan Seks

dr. Sara Elise Wijono MRes, 18 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Setelah berhubungan intim, ada beberapa pantangan yang harus dihindari. Apa saja hal yang tidak boleh dilakukan setelah berhubungan intim? Ini lengkapnya.

Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Berhubungan Seks

Berhubungan seks adalah salah satu cara bagi pasangan suami istri untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama. Selain membuat hubungan rumah tangga semakin harmonis, aktivitas positif ini bisa memberikan beragam manfaat kesehatan.

Berhubungan seks dapat membantu membakar lemak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Tidak cuma itu, berhubungan seks juga bisa menurunkan risiko depresi dan menekan risiko penyakit jantung bila dilakukan dengan tepat.

Jika Anda bertanya, mengapa harus dilakukan dengan tepat supaya bisa bermanfaat? Kondisi ini berkaitan dengan banyak hal, salah satunya perilaku yang sebaiknya tidak dilakukan usai berhubungan seks.

Faktanya, ada beberapa hal yang sebaiknya memang tidak boleh Anda lakukan usai berhubungan intim. Hal tersebut perlu benar-benar diperhatikan apabila Anda ingin mendapat manfaat sehat dari aktivitas positif tersebut.

Lantas, apa saja hal yang tidak boleh dilakukan setelah berhubungan intim?

1. Menahan Keinginan untuk Buang Air Kecil

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan setelah berhubungan intim adalah menahan buang air kecil. Hal ini sangat penting, khususnya bagi wanita. 

Pasalnya, gesekan yang ditimbulkan penis saat penetrasi membuat vagina berisiko mengalami luka atau iritasi. Kondisi ini meningkatkan risiko kuman atau bakteri yang bisa menginfeksi organ intim Anda.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya segera buang air kecil dalam waktu satu jam setelah melakukan hubungan seks.

2. Membersihkan Vagina dengan Tisu Basah

Menjaga kebersihan organ intim memang sangat penting. Akan tetapi, medis tidak menganjurkan Anda untuk menyeka atau membersihkan vagina dengan tisu basah apa pun alasannya.

Menyeka vagina dengan tisu basah dapat membuat area kewanitaan iritasi. Tanda dan gejala vagina iritasi adalah kemerahan, gatal, bengkak, serta nyeri. Hal ini sangat mungkin terjadi jika kulit Anda sensitif terhadap kandungan alkohol atau pewangi yang biasanya ada di tisu basah.

Artikel Lainnya: Bahaya Membersihkan Vagina dengan Tisu Wajah

3. Membersihkan Vagina dengan Sabun

Membersihkan vagina dengan sabun adalah hal yang dilarang secara umum. Pada dasarnya vagina sudah dapat membersihkan diri secara mandiri, sehingga tidak perlu dibersihkan secara khusus.

Untuk membersihkan area kewanitaan, pastikan Anda hanya membasuh dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Cara tersebut bertujuan agar bakteri yang menempel tidak masuk ke dalam organ intim dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

Untuk area kewanitaan luar, seperti bibir kemaluan, masih diperbolehkan dibasuh dengan sabun. Pilihlah sabun lembut tanpa pewangi agar tidak menimbulkan iritasi.

4. Tidur Memakai Lingerieyang Sama

Sebagian pria menginginkan hubungan seks yang lebih menggairahkan. Tak jarang, mereka pun menginginkan istri untuk menggunakan pakaian yang lebih hot seperti lingerie. Hal tersebut sah-sah saja dilakukan. 

Namun, lingerie sebaiknya tidak digunakan secara terus-menerus, apalagi sampai harus memakainya untuk tidur.

Lingerie yang pada umumnya berbahan sutra, nilon, polyester, atau rayon tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Alhasil, bahan pakaian tersebut tidak mampu menyerap keringat, cairan vagina, atau semen dengan baik.

Apabila masih terus digunakan usai berhubungan seks, lingerie tersebut dapat menjadi media bagi jamur untuk tumbuh dan menyebabkan infeksi bagi kulit pasangan Anda.

Tidur menggunakan lingerie merupakan hal yang tidak boleh dilakukan setelah berhubungan intim. Sebaiknya, ganti pakaian dalam dengan yang berbahan katun sehingga sirkulasi udara area selangkangan lebih baik.

5. Berendam Air Hangat

Berendam air hangat bersama pasangan usai melakukan hubungan seks memang terkesan menyenangkan dan romantis. Sayangnya, berendam air hangat merupakan hal yang tidak boleh dilakukan setelah berhubungan intim.

Alasannya karena vagina wanita akan berada dalam keadaan “rentan” setelah mendapatkan penetrasi dari penis. Kondisi ini membuat organ intim tersebut lebih mudah terinfeksi kuman atau bakteri.

Bahkan, ketika Anda berendam air hangat usai berhubungan seks, bakteri yang ada di tubuh, anus, atau bagian tubuh lain bisa berpindah ke dalam vagina dan menyebabkan penyakit.

6. Langsung Tidur 

Aktivitas seksual mungkin membuat Anda merasa lelah. Belum lagi, kenyamanan yang kerap muncul setelah mencapai orgasme sering bikin Anda dan pasangan mengantuk setelah berhubungan. Namun, langsung tidur merupakan hal yang sebaiknya tidak dilakukan.

Luangkan waktu sejenak untuk membersihkan diri, mengganti pakaian dalam, juga berkemih. Setelahnya, sah-sah saja jika Anda ingin segera tidur.

Itu dia beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah berhubungan intim. Berhubungan seks adalah aktivitas positif yang bisa mendatangkan sejuta manfaat bagi pasangan suami istri. 

Namun, manfaat tersebut baru bisa dirasakan jika Anda dan pasangan melakukannya dengan cara yang benar. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. 

(OVI/JKT)

Seks

Konsultasi Dokter Terkait