Sukses

Redakan Bengkak Asam Urat dengan Kompres

Punya asam urat dan sedang kambuh? Tenang, minimalkan bengkaknya dengan menggunakan kompres!

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit asam urat yang kambuh bisa sangat menyiksa penderitanya. Anda bisa sulit tidur, bahkan tak nafsu makan. Sering kali, bengkak akibat asam urat terjadi pada orang lansia. Namun, ada cara praktis untuk membantu meredakan bengkak tersebut, yakni dengan menggunakan kompres.

Asam urat adalah jenis penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan purin di daerah persendian. Sejumlah gejala seperti rasa nyeri sampai bengkak di persendian, sering kali dirasakan oleh para pengidapnya. Tentu saja ini akan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman dan orang tua sering merasa lebih menderita.

Penyebab kambuhnya asam urat sangat beragam, di antaranya pola makan yang buruk dan kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Terapi kompres untuk asam urat

Kompres merupakan salah satu terapi tanpa obat yang kerap disarankan oleh dokter bagi pengidap nyeri sendi.

Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk meredakan bengkak pada asam urat. Kompres dingin biasa digunakan dalam 24 hingga 48 jam setelah terjadinya bengkak. Tujuannya adalah untuk meminimalkan terjadinya peradangan. Hal ini disebabkan karena suhu yang rendah dapat merangsang penyempitan darah dan memperlambat aliran darah pada lokasi cedera.

Gunakan es pada persendian Anda untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Anda bisa mengaplikasikannya sekitar 15 hingga 20 menit selama Anda membutuhkannya.

Anda juga dapat mencoba kompres hangat diikuti oleh kompres dingin. Cara membuat kompres hangat mudah saja: basahi handuk kecil dengan air panas, dan letakkan di dalam kantong plastik untuk mencegah luka bakar. Pakailah kompres hangat selama 3 menit, lalu dinginkan selama 30 detik. Ulangi ini setiap jam untuk meredakan bengkak.

Cara lain redakan bengkak

Selain dengan kompres, beberapa langkah ini juga dapat membantu meringankan rasa bengkak dan sakit akibat asam urat.

  1. Minum obat penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat membantu Anda saat serangan. Anda bisa memilih antiradang seperti ibuprofen atau naproxen. Tanyakan kepada dokter mengenai pilihan obat dan dosis yang terbaik untuk Anda.

  1. Minum obat resep

Jika Anda pernah mengalami bengkak akibat asam urat sebelumnya, dokter Anda mungkin telah meresepkan obat untuk mengobati serangan di masa depan. Minumlah sesuai petunjuk dokter agar bengkak Anda cepat mereda.

  1. Tinggikan sendi

Jika kaki Anda terpengaruh, letakkan di atas bantal atau tumpuan kaki. Bahkan, protokol RICE (rest, ice, compression, & elevation) dapat Anda lakukan.

  1. Tetap tenang

Tenanglah saat bengkak terjadi. Hal yang perlu dilakukan adalah istirahatkan persendian yang sakit dan jauhkan tekanan sampai rasa sakit mereda. Pilih sandal yang cukup longgar, sehingga Anda dapat menjaga kaki tetap hangat dan nyaman sampai serangan berlalu.

Berkonsultasilah kepada dokter bila bengkak tidak kunjung membaik setelah Anda melakukan terapi kompres. Ini penting agar dokter segera tahu apa yang sedang terjadi. Dokter mungkin akan meresepkan obat baru atau meminta Anda untuk melakukan tes cairan sendi atau suntikan kortikosteroid untuk meredakan peradangan dengan cepat. Untuk mengurangi tingkat keparahan yang bisa terjadi, Anda perlu segera mendapatkan penanganan dalam 24 jam pertama terjadinya serangan asam urat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar