Sukses

Awas, Bagian Tubuh yang Ini Tidak Boleh Disentuh Sembarangan!

Tak ingin mengalami gangguan kesehatan? Jangan sentuh bagian tubuh ini sembarangan, apalagi dengan kondisi tangan yang kotor.

Klikdokter.com, Jakarta Gangguan kesehatan tak melulu datang dari luar. Keadaan tersebut juga bisa terjadi akibat ulah Anda sendiri, apalagi jika Anda adalah tipe orang yang hobi menyentuh bagian tubuh tertentu menggunakan tangan yang kotor.

Faktanya, tangan adalah bagian tubuh yang sering digunakan kuman untuk berpindah-pindah tempat. Jika tangan tidak dicuci menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, lantas Anda menyentuh setiap bagian tubuh semena-mena, bukan tidak mungkin yang akan terjadi kemudian adalah penyakit infeksi.

Anda tentu tak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Jika memang demikian, sebaiknya jangan sentuh bagian tubuh ini sembarangan, apalagi dengan kondisi tangan yang kotor:

1. Wajah

Ini adalah bagian tubuh yang sebaiknya tidak disentuh sembarangan, apalagi dengan kondisi tangan yang tidak terjaga kebersihannya.

"Sebaiknya batasi menyentuh wajah Anda, kecuali ketika mencuci wajah atau mengaplikasikan produk kecantikan di wajah. Selebihnya, hindari memegang wajah Anda secara langsung. Ketika Anda memegang wajah tanpa mencuci tangan, kuman dan bakteri yang menempel di tangan dapat meningkatkan risiko infeksi dan timbulnya jerawat di wajah," ujar dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

2. Mata

Mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif. Dengan menyentuh mata dengan tangan yang belum tentu bersih, Anda berisiko memasukkan partikel mikro kotoran secara tidak sengaja. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, bahkan goresan pada kornea mata Anda.

Oleh karena itu, Anda tidak dianjurkan untuk mengucek mata. Sebab, selain meningkatkan risiko terjadinya iritasi, mengucek juga bisa memicu munculnya kerutan dan lingkaran hitam di sekitar mata. Jika mata Anda terasa gatal, lebih baik tetesi dengan air daripada mengucek atau menyentuhnya secara langsung.

3. Telinga

Telinga memiliki bagian dalam yang halus dan sangat rentan terhadap kerusakan. Itulah sebabnya Anda harus menahan keinginan untuk ‘menggali’ telinga dalam-dalam, meski untuk menghilangkan kotoran.

"Memasukkan benda apapun ke dalam lubang telinga dapat merusak dan mengiritasi lapisan kulit di bagian tersebut. Selain itu, perilaku tersebut juga berisiko mendorong kotoran telinga untuk masuk lebih dalam. Hal ini dapat menyumbat telinga Anda," ungkap dr. Nadia.

4. Hidung

Memasukkan jari-jari yang kotor ke dalam lubang hidung alias mengupil dapat membuat bagian tubuh tersebut disusupi oleh kuman berbahaya, yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

5. Mulut

Melansir Reader's Digest, mulut adalah tempat bagi sekitar 34–72 jenis bakteri yang berbeda. Kebanyakan dari organisme tersebut tidak berbahaya, bahkan beberapa di antaranya membawa manfaat untuk kesehatan mulut Anda.

Akan tetapi, jika mulut Anda disentuh menggunakan tangan yang kotor, maka jumlah bakteri yang ada di bagian tubuh tersebut akan bertambah banyak dan menjadi tidak seimbang. Alhasil, terjadilah gangguan kesehatan seperti sariawan.

6. Bokong atau anus

Berdasarkan penjelasan dr. Nadia, anus mengandung ragam bakteri yang dapat menyebabkan penyakit infeksi.

“Setelah menyeka atau memegang bokong, sebaiknya langsung cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang benda atau bagian tubuh lainnya," katanya.

7. Pusar

Menurut Public Library of Science, pusar adalah bagian tubuh paling kotor. Ini karena bagian tersebut menampung jumlah bakteri yang tinggi, sebagaimana dikatakan direktur laboratorium mikrobiolgi dan analisis kimia di Microban, Amerika Serikat, Glenner Richardson, MD.

“Pusar tetap kotor, bahkan setelah Anda mandi. Bentuk pusar manusia memang memudahkan untuk mengumpulkan kotoran, yang bahkan dapat menyebabkan bau yang kuat,” katanya.

8. Kuku

Berbagai jenis kuman dan bakteri hidup di bawah kuku kaki maupun jari. Parahnya, kuman tersebut sulit untuk bersih sepenuhnya, meski Anda telah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala. Itulah sebabnya dokter dan perawat menggunakan sarung tangan saat menangani pasien.

Setelah membaca penjelasan di atas, jangan lagi menyentuh bagian tubuh tersebut sembarangan, apalagi dengan kondisi tangan yang tidak benar-benar bersih. Jika memang sangat ingin menyentuhnya karena satu dan lain hal, pastikan Anda sudah terlebih dahulu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dengan cara yang benar.

(NB/ RVS)

1 Komentar