Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Penyebab Mimisan saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Mengenal Penyebab Mimisan saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Mengalami mimisan saat hamil? Jangan buru-buru panik. Yuk, kenali penyebab mimisan pada ibu hamil beserta cara mengatasinya.

Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan yang keluar dari rongga hidung. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali pada ibu hamil. Mimisan saat hamil adalah kondisi yang mesti segera diatasi. Pasalnya, jika ibu hamil kehilangan darah dalam jumlah besar, risiko terjadinya komplikasi kesehatan bisa saja meningkat berkali-kali lipat.

Apa Penyebab Mimisan Pada Ibu Hamil?

Faktanya, risiko mimisan saat hamil bisa meningkat 3 kali lipat dibandingkan wanita yang tidak hamil. Kondisi ini umumnya terjadi pada trimester pertama kehamilan, meski tak menutup kemungkinan untuk juga terjadi pada trimester kedua atau ketiga.

Secara umum, penyebab mimisan pada ibu hamil adalah akibat adanya gejolak hormon yang terjadi pada tubuh. Dalam hal ini, yang berperan adalah estrogen alias hormon kesuburan yang diperlukan selama proses kehamilan. Estrogen dapat menyebabkan pembuluh darah di rongga hidung menjadi lebih rentan, sehingga terjadi mimisan.

Risiko mimisan saat hamil bisa meningkat apabila terdapat kebiasaan mengorek rongga hidung. Selain itu, mimisan juga bisa terjadi karena sering berada di lingkungan atau ruangan yang bersuhu rendah atau dingin. 

Artikel Lainnya: Katanya Asap Rokok Bisa Bikin Mimisan, Apa Benar?

1 dari 3 halaman

Adakah Pengaruh Mimisan Terhadap Kehamilan?

Seperti telah disinggung sebelumnya, mimisan pada ibu hamil perlu segera diatasi guna menghindari hilangnya darah dalam jumlah banyak. Pasalnya, ibu hamil yang kehilangan darah dalam jumlah banyak dapat menyebabkan anemia atau penyakit kurang darah. 

Tidak hanya sebatas itu, mimisan pada ibu hamil yang tidak segera diatasi juga dapat menyebabkan darah membeku di belakang hidung atau masuk ke dalam saluran pernapasan. Kondisi ini tergolong gawat, karena dapat menyebabkan sesak napas.

Kendati demikian, data di dunia menyebutkan bahwa setidaknya terdapat 60 persen orang pernah mengalami mimisan namun hanya 6 persen yang membutuhkan pertolongan medis. Itu berarti, mimisan umumnya tidak berbahaya baik bagi ibu hamil. 

Artikel Lainnya: 3 Tips Hentikan Mimisan atau Hidung Berdarah dengan Efektif

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Mimisan pada Ibu Hamil?

Meski tidak melulu menyebabkan dampak yang merugikan, mimisan pada ibu hamil sebaiknya segera diatasi. Berikut ini beberapa cara mengatasi mimisan saat hamil yang bisa dilakukan:

  • Jangan panik. Tetaplah tenang dan berpikir positif.
  • Pilihlah posisi duduk yang nyaman. Sambil duduk, condongkan tubuh agak ke depan. Hindari menengadah (mendongak), karena dapat membuat Anda tersedak darah.
  • Tekan cuping hidung bagian atas yang mengarah pada batang hidung selama kurang lebih 10–15 menit. Kemudian, bernapaslah dengan menggunakan mulut.
  • Jika ada darah di dalam mulut, jangan ditelan. Buang ke dalam baskom atau wastafel terdekat.
  • Jika masih berdarah, coba ulangi menekan cuping hidung dan kompres hidung dengan air es.
  • Jika mimisan tak kunjung berhenti setelah melakukan cara-cara di atas, segera bawa diri Anda berobat ke dokter atau rumah sakit terdekat. 

Hal ini dilakukan agar ibu hamil yang mimisan bisa segera mendapat pertolongan sehingga komplikasi bisa dihindari.

Secara garis besar, mimisan pada ibu hamil bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Kendati begitu, keluhan ini mesti segera diatasi dengan cara yang telah disebutkan, agar perdarahan tidak terus keluar.

Jika mimisan saat hamil tak kunjung membaik atau Anda mengalaminya berulang kali, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Sebagai langkah awal, Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar