Sukses

Bolehkah Menggunakan Masker Saat Sedang Jerawatan?

Salah satu cara membuat wajah lebih cerah adalah dengan masker. Namun, saat sedang berjerawat bolehkah menggunakan masker?

Klikdokter.com, Jakarta Bila Anda salah satu penggemar masker wajah, hati-hati bila wajah Anda sedang berjerawat. Bisa-bisa, masker malah memperburuk kondisi wajah Anda. Berikut hal penting yang harus diperhatikan menggunakan masker saat sedang jerawatan.

Masker wajah adalah salah satu jenis perawatan kulit yang sempurna untuk membantu masalah kulit. Masker wajah yang tepat dapat membantu melembapkan kulit, menghilangkan minyak berlebih, dan membantu meningkatkan penampilan pori-pori kulit. Masker juga merupakan cara terbaik untuk membantu mengeluarkan kotoran.

Keuntungan lain dari memakai masker wajah adalah perasaan dimanjakan seperti sedang berada di spa. Namun, di balik keuntungannya, masker wajah dapat merugikan bila Anda melakukan lima kesalahan ini.

  • Kesalahan 1. Tidak memilih masker wajah sesuai jenis kulit

Sama seperti pembersih dan pelembap muka, pemilihan masker wajah seharusnya juga didasarkan pada kulit Anda. Misalnya, jika Anda memiliki kulit kering, masker yang menghidrasi bisa menjadi pilihan yang baik.

Sebaliknya, jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah masker yang dapat menyegarkan kulit wajah Anda. Jadi, jangan memilih masker wajah hanya karena melihat ulasan dari artis yang Anda sukai, tetapi pilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Kesalahan 2. Tidak membersihkan wajah setelah menggunakan masker

Secara umum, Anda ingin menggunakan masker wajah untuk membersihkan dan mencerahkan kulit. Namun, pastikan untuk membersihkan kulit Anda terlebih dahulu dan mengeringkannya. Bila tidak, Anda akan melapisi masker wajah di atas kotoran dan bakteri.

  • Kesalahan 3. Tidak mencuci tangan sebelum menggunakan masker

Penting bagi Anda untuk membersihkan wajah sebelum menggunakan masker wajah, tetapi tangan juga harus dalam kondisi bersih. Jika tidak, Anda akan memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah Anda.

  • Kesalahan 4. Menggunakan lapisan masker terlalu banyak

Seperti banyak produk perawatan kulit lainnya, penggunaan masker wajah dilakukan sering dan dengan lapisan tipis saja. Lapisan super tebal tidak akan memberi hasil yang lebih efektif. Biasanya, Anda hanya perlu mengoleskan satu lapisan merata pada kulit Anda yang bersih dan kering.

  • Kesalahan 5 . Menggunakan masker wajah terlalu lama

Membiarkan masker untuk waktu yang lama tidak menjamin hasil yang lebih efektif. Waktu yang dibutuhkan untuk aplikasi masker dapat Anda lihat di petunjuk dalam kemasannya. Anda dapat memasang alarm untuk memastikan waktu yang tepat melepas masker wajah.

Anda dapat tetap menggunakan masker saat kondisi wajah Anda berjerawat. Gunakan masker khusus untuk kulit berjerawat. Efektivitas masker wajah jerawat tergantung pada bahan apa yang terkandung dalam masker.

Masker wajah yang dirancang dengan baik dapat membantu mengatasi jerawat dengan menghilangkan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dan menghambat aliran sebum. Produk-produk ini biasanya berbahan dasar clay atau pelarut yang setelah dipakai, harus dibersihkan dari wajah.

Anda dapat menggunakan masker wajah bila Anda berjerawat dengan mencari produk yang diformulasikan khusus dengan perawatan jerawat seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau belerang. Penambahan benzoil peroksida atau sulfur koloid dapat berfungsi sebagai agen antibakteri. Adapun asam salisilat adalah agen keratolitik yang mengangkat sel-sel kulit agar tidak dapat menutup pori-pori. Untuk itu, berkonsultasilah kepada dokter bila Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan kulit wajah Anda.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar