Sukses

Makna di Balik Angka-angka SPF

Selain ada sangat banyak merek, angka SPF pada tabir surya pun sangat beragam. Apakah Anda memahami makna angka-angka tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Mungkin Anda salah satu yang kerap bingung saat memilih deretan produk tabir surya di pasaran. Selain ada sangat banyak merek, angka SPF (sun protection factor) yang ditawarkan pun sangat beragam. Tak jarang, semakin tinggi angka SPF, makin tinggi pula harganya. Lantas, apa sebenarnya arti dari angka-angka yang tertera di produk tabir surya tersebut?

Tabir surya, proteksi andalan di luar ruangan

Tabir surya ber-SPF tinggi banyak dipilih ketika Anda beraktivitas di luar ruangan. Krim ini dikenal sebagai salah satu andalan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Sinar UV tidak dapat dilihat secara kasat mata karena panjang gelombangnya yang pendek dibandingkan cahaya yang dapat dilihat manusia.

Dalam spektrum sinar ultraviolet, terdapat dua tipe yang dapat merusak DNA dalam sel kulit bahkan memicu kanker kulit. Dua tipe sinar ultraviolet itu adalah:

  • Sinar UVA, yang menyebabkan kerusakan kulit, memicu tanning atau penggelapan kulit, juga penuaan kulit serta kerutan. Gelombang cahaya terpendek UVA juga berkontribusi pada terbakarnya kulit atau sunburn. Penting untuk Anda mengecek adanya tulisan “broad spectrum” (spektrum luas) pada label tabir surya. Bila ada, berarti produk tersebut dapat melindungi Anda dari sinar UVA maupun UVB.
  • Sinar UVB, yang menyebabkan terbakarnya kulit juga berperan dalam memicu kanker kulit. Angka SPF biasanya merujuk kepada jumlah proteksi UVB yang disediakan.
1 dari 3 halaman

Makna angka SPF

Angka SPF memberikan informasi berapa lama tabir surya tersebut dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari tanpa terbakar. Semakin tinggi angka SPF, semakin banyak sinar UV yang akan diblokir. Misalnya, SPF 15 memblokir 93 persen sinar UVB, sedangkan SPF 30 dapat memblokir 97 persen.

Menggunakan SPF 15, misalnya, dapat memberi Anda waktu perlindungan di bawah matahari 15 kali lebih lama dibandingkan tanpa tabir surya. Jika kulit Anda mulai memerah setelah 20 menit di bawah terik matahari, tabir surya SPF 15 dapat meningkatkan durasi Anda di bawah matahari 15 kali lebih lama.

Jadi, Anda bisa menghabiskan waktu di luar ruangan selama 300 menit. Oleh karena itu, semakin kecil angka SPF yang tertera, semakin sering Anda mengaplikasikannya kembali.

Rasa aman “palsu” SPF tinggi

Angka SPF yang tinggi, seperti 50 atau 100, dapat menyebabkan rasa aman yang “palsu”. Usai menggunakan tabir surya ber-SPF tinggi, Anda cenderung menghabiskan waktu lebih lama di bawah matahari. Anda pun kadang lalai mengaplikasikannya kembali.

Dengan menggunakan SPF tinggi, banyak yang merasa tidak membutuhkan perlindungan lain. Akibatnya, risiko mengalami kerusakan kulit akibat sinar UV malah lebih besar.

Bagi individu dengan riwayat atau risiko tinggi akan kanker kulit, penyakit genetik seperti albinisme, xeroderma pigmentosum, atau penyakit imun lainnya, SPF 50 mungkin tidak akan cukup.

2 dari 3 halaman

Cara terbaik memproteksi kulit

Cara terbaik melindungi kulit Anda tentu bukan hanya dengan mengandalkan tabir surya saja. Tidak ada satu pun metode tunggal proteksi terhadap kulit yang dapat melindungi Anda secara sempurna dari sinar UV.

Selain menggunakan tabir surya, Anda tetap membutuhkan tempat berteduh saat sedang sangat terik, menggunakan pakaian penutup (jaket atau selendang), topi bertepi lebar, serta kacamata hitam untuk memblokir sinar UV.

Anda juga sebaiknya menghindari bekerja di luar ruangan ketika siang hari terik. Jika keluar ruangan, carilah tempat berteduh di antara jam 10 pagi hingga 4 sore. Pada rentang waktu tersebut, matahari sedang memancarkan sinar UV paling tinggi. Pada waktu-waktu itulah kerusakan kulit paling sering terjadi, terutama pada kulit yang sensitif.

Tak hanya di cuaca terik, bahkan di musim hujan, proteksi kulit terhadap matahari tetap penting. Anda juga sebaiknya tetap menggunakan tabir surya di dalam ruangan dan ketika menyetir, karena sinar UV dapat menembus jendela. Hal ini dapat diminimalkan dengan memasang kaca film mobil, serta menutup gorden di dalam rumah maupun kantor.

Yayasan Internasional Kanker Kulit merekomendasikan tabir surya yang kedap air, berspektrum luas, dan SPF lebih dari 30 untuk kegiatan dengan durasi yang panjang di luar ruangan. Berapa pun angka SPF yang tertera, penting untuk mengaplikasikan tabir surya 30 menit sebelum keluar rumah. Aplikasikan kembali setiap 2 jam atau segera setelah berenang atau berkeringat.

Melindungi kulit dengan angka SPF tinggi memang penting. Akan tetapi, jangan hanya mengandalkan tabir surya untuk melindungi kulit. Kombinasikan dengan cara-cara lain, seperti memakai topi lebar, pakaian penutup, dan kacamata. Aplikasikan kembali tabir surya setiap 2 jam saat aktivitas di luar ruangan.

[HNS/ RVS]

2 Komentar

  • aoi-chan17

    Impedit officia reiciendis voluptate nulla. Incidunt cupiditate et recusandae. Quae neque ut nulla est quo eum minus.

  • aoi-chan17

    Ea at nobis veniam molestiae deserunt. Esse consequatur dolor aut consequuntur ut ab quia. Nesciunt hic atque veritatis. Hic quidem velit cum magnam sequi dolor ut soluta.