Sukses

Manfaat Biji Chia bagi Ibu Menyusui

Biji chia menawarkan manfaat nutrisi yang luar biasa untuk ibu menyusui dan bayi. Apa saja manfaatnya?

Klikdokter.com, Jakarta Menyusui merupakan fase yang umum dilalui oleh wanita usai melahirkan. Pada saat menyusui, tubuh Anda memproduksi ASI selama 24 jam. Dalam kondisi  tersebut banyak ibu yang merasa lapar terus-menerus. Rasa lapar ini berasal dari banyaknya jumlah kalori yang digunakan tubuh untuk menghasilkan susu. Oleh karena itu, ibu menyusui perlu mengonsumsi makanan bernutrisi yang dapat membantu menjaga kondisi tubuh. Biji chia atau Chia seed bisa menjadi salah satu pilihan.

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, biji chia berasal dari tanaman Salvia hispanica yang berasal dari Meksiko dan Guatamela. “Biji-bijian ini merupakan makanan asli suku Indian Aztec dan Maya. Dan, 'chia' sebenarnya berarti ‘kekuatan’ dalam bahasa Maya,” kata dr. Fiona.

Menurut dr. Fiona, biji chia kaya akan kandungan serat, asam lemak omega 3, protein berkualitas tinggi, dan beberapa mineral serta antioksidan yang penting. Berbagai penelitian menunjukkan, mengonsumsi rutin biji chia dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung dan diabetes, serta memperbaiki kesehatan saluran cerna.

Biji chia bagi ibu menyusui

Biji chia menawarkan manfaat nutrisi yang luar biasa bagi ibu menyusui dan bayi. Kandungan nutrisi di dalam biji chia memberikan manfaat antioksidan, pencahar, antidepresan, antikecemasan, dan analgesik yang dapat meringankan nyeri saat kehamilan dan menyusui.

Dikutip dari Live Strong, berikut manfaat biji chia bagi ibu menyusui antara lain sebagai berikut:

  • Pemenuhan kalori

Saat menyusui, Anda mungkin merasa lapar terus-menerus karena kalori terkuras untuk memproduksi susu. Untuk itu, pemenuhan kalori harus senantiasa dijaga. Mayo Clinic merekomendasikan Anda untuk meningkatkan asupan dengan tambahan 330-400 kalori sehari saat menyusui. Nah, biji chia dapat menyumbang 139 kalori setiap sekitar 2 sendok makan, menurut Database Produk Makanan USDA (Departemen Pertanian AS).

  • Kaya serat

Serat menghindarkan Anda dari masalah seperti kembung dan sembelit, yang biasa terjadi saat hamil dan setelah melahirkan. Secara umum, ibu menyusui membutuhkan 29 gram serat setiap hari. Dalam 4 sendok makan biji chia, terkandung 11 gram serat. Mencampurkan 4 sendok biji chia dalam makanan Anda sudah memenuhi lebih dari sepertiga kebutuhan harian Anda.

  • Meningkatkan protein

Bayi membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Pada bayi yang masih perlu mendapatkan ASI, protein itu berasal dari Anda. Menurut Journal of Food Science and Technology dalam studi 2016, kandungan protein biji chia berkisar 18,8 - 21,5 persen per ons. Ini menjadikan biji chia sumber protein yang baik. Karena berbahan dasar nabati, kandungan protein dari biji chia mudah dicerna dan ideal jika Anda seorang vegetarian.

  • Sumber terbaik asam lemak esensial

Dari semua sumber makanan yang dikenal, biji chia mengandung konsentrasi tertinggi asam lemak omega-3 dan omega-6, menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology. Asam lemak membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi dan membantu perkembangan otak dan sistem saraf.

Penelitian yang diterbitkan dalam Nutrients pada 2015 melaporkan, konsumsi minyak chia selama tiga bulan pertama menyusui meningkatkan kandungan omega-3 dalam ASI. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, biji chia juga dapat meningkatkan produksi ASI.

  • Kalsium untuk Anda dan bayi

Kandungan kalsium dalam biji chia, yang ditransfer melalui ASI, dapat berkontribusi pada perkembangan tulang dan gigi si Kecil. Kalsium juga membantu Anda meremajakan tulang setelah kehamilan dan persalinan. Biji chia mengandung 268 miligram kalsium dalam setiap 3 sendok makan. Kandungan kalsium pada jumlah ini hampir sama dengan 1 cangkir susu, menurut Database Produk Makanan USDA.

  • Kaya mangan, magnesium, dan fosfor

Biji chia mengandung banyak mineral sehat, seperti magnesium, mangan, dan fosfor, yang bermanfaat bagi Anda dan bayi. Dua sendok makan biji chia memberikan 35 persen dari nilai harian untuk fosfor untuk memberi Anda energi, 24 persen magnesium untuk tulang dan otot yang sehat, serta sekitar 50 persen mangan untuk metabolisme lemak dan karbohidrat.

Konsumsi biji chia dapat menjadi salah satu asupan penting untuk mendukung kesehatan Anda dan bayi. Anda bisa mencampurkan biji chia ke dalam salad, oat, sup, atau jus buah untuk menjadikannya makanan sehat bagi ibu menyusui. Bila Anda punya alergi tertentu, konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi biji chia. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter terkait takaran biji chia yang dianjurkan. Ingin tahu tentang manfaat biji chia untuk kelancaran ASI, baca juga artikel ini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar