Perawatan Wanita

Solusi Ampuh untuk Mencegah Rambut Rontok

Rieke Saras, 07 Mar 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kerontokan rambut bisa berasal dari akar yang tidak kuat. Dove memperkenalkan produk perawatan rambut sebagai solusi masalah rambut rontok.

Solusi Ampuh untuk Mencegah Rambut Rontok

Setiap harinya orang akan mengalami rambut rontok. Ada sekitar 50-100 helai rambut yang akan jatuh saat Anda bangun tidur atau keramas. Kondisi tersebut termasuk normal. Tapi tetap saja, kerontokan yang terlalu banyak akan sangat mengganggu. Karena itu, Dove menghadirkan rangkaian produk Dove Total Hair Fall Treatment untuk membantu mengatasi masalah kerontokan rambut.

Berdasarkan jurnal penelitian Dove mengenai permasalahan rambut rontok, ternyata 75% kerontokan rambut disebabkan karena akar yang tidak kuat. Kerontokan rambut ini tak hanya merusak penampilan, tetapi juga bisa membuat Anda tidak nyaman.

dr. Alberta Claudia Undarsa yang dikenal sebagai dokter dan pembawa acara dr. Oz Indonesia, setuju dengan penelitian Dove tersebut.

“Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh akar rambut yang tidak kuat. Sayangnya, kita lupa bahwa akar rambut ini sangat penting. Meski tak terlihat, akar rambut itulah yang membuat rambut kuat sampai ke ujung rambut,” tuturnya di acara “Dove Zone Kuat”, Mal Kota Kasablanka, Selasa (5/3).

Sebagai solusi untuk rambut rontok, Dove mengembangkan rangkaian produk terbaru Dove Total Hair Fall Treatment dengan kandungan dynazinc dan grape seed oil. Miranti Burhan selaku Senior Brand Manager Dove mengungkapkan bahwa kedua kandungan tersebut dapat menutrisi dan menguatkan rambut secara mendalam dari akar hingga ke ujung. “Bahkan, bisa 10 kali lebih kuat dan efektif mengurangi rambut rontok,” katanya.

Tak hanya itu, Dove juga mempersembahkan program “Dove Zone Kuat” yang akan diawali dengan roadshow di beberapa kota besar di Indonesia sepanjang bulan Maret hingga April 2019. Nantinya, roadshow ini akan menyambangi pusat perbelanjaan ternama dan sejumlah kampus untuk mengedukasi tentang pencegahan kerontokan rambut dari akarnya.

Tips mencegah rambut rontok

Sebagian besar penyebab rambut rontok pada perempuan adalah hormon, stres, dan usia, demikian ungkap dr. Alberta. Untuk menangani rambut rontok, tentu harus dilihat dulu pemicunya.

Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor keturunan tidak dapat disembuhkan. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut tidak terlalu cepat.

Sementara itu, rambut rontok yang dapat disebabkan oleh kebiasaan tertentu, masih dapat ditangani. Misalnya saja kebiasaan mengikat rambut terlalu kuat, ini sangat dapat memicu rambut rontok.

“Gangguan alopesia traksi bisa terjadi jika Anda sering mengikat rambut terlalu kencang,” kata dr. Alberta. Jadi ketika Anda mengikat rambut terlalu kencang, rambut yang tadinya menempel di folikel bisa terlepas.

Kebiasaan keramas setiap hari juga harus diperhatikan. “Keramas setiap hari masih boleh. Tapi kalau keramas lebih dari dua kali sehari, itu akan meningkatkan produksi minyak,” ujar dr. Alberta. Minyak yang terlalu banyak akan membuat rambut terlihat tidak sehat.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerontokan rambut, seperti disarankan oleh dr. Alberta:

  • Cukupi asupan makanan yang mengandung protein dan vitamin (terutama vitamin B, D, E)
  • Hindari terlalu banyak menyantap makanan berminyak
  • Selalu menyisir rambut usai keramas
  • Tidak mengaplikasikan kondisioner ke kulit kepala
  • Rajin olahraga untuk memperlancar peredaran darah

Masalah rambut rontok bisa teratasi dengan kiat-kiat di atas. Pemilihan sampo yang tepat juga dapat membantu. Jika kerontokan rambut yang Anda alami tak kunjung membaik, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

[RS/ RVS]

akar rambutliputanRambutSamporontokRambut Rontok

Konsultasi Dokter Terkait