HomeInfo SehatKesehatan Umum3 Penyebab Penyakit Autoimun yang harus Diwaspadai
Kesehatan Umum

3 Penyebab Penyakit Autoimun yang harus Diwaspadai

dr. Nadia Octavia, 02 Agu 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penyebab autoimun masih jadi bahan perdebatan, namun berikut beberapa penyebab penyakit autoimun yang sering terjadi.

3 Penyebab Penyakit Autoimun yang harus Diwaspadai

Penyakit autoimun adalah penyakit yang tidak disebabkan oleh virus atau bakteri, tetapi oleh “kesalahan” dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh justru menyerang jaringan tubuh sendiri.

Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh tidak bisa membedakan sel-sel asing dengan sel-sel tubuh sendiri. Akibatnya adalah reaksi peradangan yang parah.

Di dunia ini, jenis penyakit autoimun berjumlah lebih 100 penyakit. Hingga kini, para ahli belum berhasil mengetahui secara pasti penyebab penyakit autoimun. Namun, diketahui bahwa ada sejumlah faktor risiko yang berperan. Berikut adalah beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab autoimun:

Faktor Genetik

Penyakit autoimun cenderung diturunkan dalam keluarga. Pada suatu studi disebutkan bahwa risiko anak untuk mengalami multipel sklerosis (penyakit yang diduga karena adanya mutasi genetik HLA-DRB1) meningkat 20% jika salah satu orang tuanya juga memiliki penyakit yang sama. Penyakit autoimun lain, seperti psoriasis vulgaris, juga cenderung menurun pada keluarga.

Jika seseorang memiliki riwayat keluarga penyakit autoimun, bukan berarti 100% Anda juga akan mengalami penyakit yang sama. Namun semakin dekat hubungan darah (misal orang tua atau anak kembar), maka akan semakin berisiko tinggi pula seseorang untuk mengalami penyakit yang sama. Pada suatu penelitian disebutkan bahwa jika seorang kembar identik memiliki penyakit autoimun, kembarannya berisiko 30–50% untuk memiliki penyakit yang sama.

Artikel Lainnya: Benarkah Penyakit Autoimun Bisa Dikendalikan dengan Pola Makan?

Infeksi

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat membuat seseorang mudah terkena infeksi virus ataupun bakteri. Penyebab dari kelemahan sistem kekebalan tubuh ini bisa juga karena faktor genetik. Saat terjadi infeksi virus atau bakteri, tubuh seharusnya bisa membedakan mana yang benda asing, mana yang protein dari tubuh sendiri.

Namun, pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah akan kesulitan membedakan infeksi atau bukan. Seperti misalnya virus Epstein–Barr yang diduga menjadi pemicu multipel sklerosis. Pemicu lain adalah virus Coxsackie, yang juga diduga menyebabkan diabetes tipe 1.

Artikel Lainnya: Seperti Apa Pola Makan Sehat untuk Penderita Penyakit Autoimun?

Faktor Lingkungan dan Pola Hidup

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Scripps Institute di Los Angeles, Amerika Serikat, disebutkan bahwa faktor lingkungan dan pola hidup berperan pada 70% kasus penyakit autoimun. Penyebabnya bisa karena infeksi, paparan bahan toksik (seperti alkohol atau bahan kimia), dan pola diet seperti terlalu banyak mengonsumsi garam.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan disortir oleh tubuh, untuk memastikan apakah zat di dalam makanan tersebut berbahaya atau tidak. Namun pada penyakit autoimun, dapat terjadi reaksi "kebingungan" tubuh terhadap zat yang masuk. Akibatnya sel-sel tubuh yang sehat pun diserang.

Faktor-faktor di atas diduga berperan penting sebagai penyebab penyakit autoimun, gangguan kesehatan yang bisa menimpa siapa saja. Untuk itu, penting bagi Anda untuk bisa mengenali dan mewaspadai gejala serta penyebab penyakit autoimun.

[RS/ RVS]

sistem kekebalan tubuhMikha TambayongvirusAutoimunpenyakit autoimun

Konsultasi Dokter Terkait