Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Membersihkan Wajah dengan Metode Double Cleansing, Perlukah?

Membersihkan Wajah dengan Metode Double Cleansing, Perlukah?

Membersihkan wajah penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, perlukah membersihkan wajah dengan metode double cleansing?

Salah satu cara memperoleh kulit yang sehat dan cantik adalah dengan rutin membersihkan wajah. Selain untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel serta riasan yang digunakan, mencuci wajah juga bisa menjaga kelembapan kulit. 

Kebanyakan wanita membersihkan wajah hanya dengan satu tahap saja, yaitu cuci muka dengan facial wash dan air. Tapi saat ini hampir di seluruh dunia sudah menganut kebiasaan orang Jepang dan Korea Selatan, yaitu double cleansing. 

Sebenarnya apa metode double cleansing ini? Seberapa perlukah? 

1 dari 4 halaman

Mengenal Metode Double Cleansing

Double cleansing merupakan suatu metode membersihkan wajah dengan dua tahap. Pertama, dengan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak dan selanjutnya dengan pembersih berbahan dasar air.

Artikel lainnya: Awas, Salah Pilih Sabun Kulit Bisa Bermasalah

Metode ini sebaiknya dilakukan setiap malam hari, terutama bagi Anda yang gemar menggunakan makeup. Tapi bagi Anda yang tidak sering menggunakan makeup, kulit Anda tetap akan merasakan perbedaan yang signifikan jika rajin melakukan double cleansing

Pembersih berbahan dasar minyak akan lebih mudah mengangkat kotoran, sisa makeup serta minyak di wajah. Setelah wajah cukup bersih, barulah dibersihkan kembali menggunakan pembersih yang berbahan dasar air, seperti facial wash.

2 dari 4 halaman

Manfaat Membersihkan Wajah dengan Bahan Dasar Minyak

Saat ini telah banyak produk pembersih wajah berbahan dasar minyak. Produk ini biasanya dilabeli sebagai oil cleanser, cleansing oil, atau oil makeup remover. 

Pada dasarnya, pembersih berbahan dasar minyak akan menghilangkan kotoran yang berbasis minyak, seperti makeup, sebum/minyak, SPF, polusi, dan sebagainya. Sedangkan pembersih berbahan dasar air akan menghilangkan kotoran berbasis air, seperti keringat, kotoran, dan lain-lain.

Artikel lainnya: Tips Kulit Glowing Han So Hee, Pelakor di The World of the Married

Satu hal yang perlu Anda ingat, membersihkan wajah dengan metode double cleansing tidak cocok dilakukan pada semua kondisi kulit. Pada tipe kulit sensitif, kering dan mudah kemerahan, direkomendasikan untuk menggunakan pembersih pertama diikuti bilas air. Hal ini untuk mencegah kulit kering secara berlebihan.

Jika tipe kulit Anda cenderung berjerawat atau berminyak, double cleansing bisa menolong. Jika Anda memiliki tipe kulit kering, double cleansing mungkin tidak dibutuhkan kecuali Anda menggunakan banyak makeup.

Pemilihan produk yang tepat juga sangat diperlukan. Memilih produk yang salah atau memakainya secara berlebihan dapat mengganggu fungsi sawar (pelindung) kulit. Terganggunya fungsi sawar kulit ini dapat memicu masalah kulit seperti break out, jerawat, keriput, garis-garis halus dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Manfaat Metode Double Cleansing

Membersihkan wajah dengan metode double cleansing memberikan sejumlah manfaat untuk kulit. Berikut adalah manfaat double cleansing:

  1. Mengurangi Timbulnya Jerawat

Tidur dengan makeup yang masih menempel atau lupa membersihkan wajah sebelum tidur merupakan kesalahan besar. Kebiasaan ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Salah satu jenis jerawat yang bisa muncul termasuk tipe jerawat kista yang dapat sangat menyakitkan.

Artikel lainnya: Mana Lebih Baik untuk Kulit Wajah, Serum atau Facial Essence?

  1. Lebih Bersih 

Pembersih pertama dengan bahan dasar minyak akan mengangkat makeup, menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, hingga membersihkan wajah.

  1. Mempersiapkan Kulit untuk Menggunakan Skincare

Sisa makeup serta produksi minyak wajah dapat menyumbat pori-pori wajah Anda. Dengan begitu, penyerapan skin care yang Anda gunakan pastinya tidak akan optimal. Jika wajah bersih sempurna maka akan lebih siap menerima produk-produk yang digunakan pada wajah seperti serum, pelembap, dan lain-lain. 

  1. Mengembalikan dan Menambah Kelembapan Kulit

Pembersih kedua sebaiknya disesuaikan dengan tipe kulit, atau kondisi wajah. Dan sebaiknya mengandung bahan yang dapat menghidrasi, menenangkan, atau mengobati jerawat.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Membersihkan wajah dengan teknik yang kurang tepat rentan menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit. Selain itu, juga dapat menimbulkan pemecahan kolagen, perkembangan keriput serta bercak akibat paparan sinar matahari.

Metode double cleansing saat ini memang banyak dipakai oleh wanita untuk membersihkan wajah. Meski demikian, keperluannya sangat bergantung pada tipe dan kondisi kulit masing-masing. Pemilihan produk yang tepat juga diperlukan agar tidak memicu permasalahan lainnya pada kulit wajah. 

Jika masih belum yakin apakah metode ini cocok dengan tipe kulit Anda, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter spesialis kulit. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar