Sukses

Jus Jambu Biji Ampuh Atasi Demam Berdarah?

Jus jambu biji dianggap sebagai obat mujarab yang ampuh atasi demam berdarah. Apakah ini fakta atau hanya hoaks belaka?

Klikdokter.com, Jakarta Apes sudah. Bukannya mengawali tahun baru dengan kondisi kesehatan yang mantap, Anda justru dirawat di rumah sakit karena terserang penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Berbagai buah tangan pun Anda terima saat dijenguk oleh kerabat dekat, salah satunya jus jambu biji.

Kata orang-orang, dengan minum banyak jus jambu biji, trombosit akan cepat naik sehingga Anda bisa kembali sehat dan ke rumah untuk beraktivitas seperti sedia kala. Tapi, apakah anggapan tersebut sesuai dengan fakta medis?

Jus jambu biji untuk demam berdarah

Pasien demam berdarah memang membutuhkan berbagai jenis vitamin dan mineral untuk mempercepat proses penyembuhan. Dan, jambu biji termasuk buah yang kaya akan vitamin dan mineral penting.

Faktanya, jambu biji mengandung vitamin C tinggi sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Ketika pasien demam berdarah minum jus jambu biji, vitamin C yang masuk ke dalam tubuhnya akan bekerja memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru.

Itulah sebabnya tak sedikit orang yang membawa jus jambu biji saat mengunjungi pasien demam berdarah. Lagi pula, pasien demam berdarah memang diharuskan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, sehingga mengonsumsi jambu yang sudah dijus akan lebih meringankan beban kerja sistem pencernaan yang sedang lemah.

Jambu biji juga mengandung quercetin, yakni senyawa alami yang bisa ditemukan di berbagai jenis buah dan sayur. Senyawa tersebut berfungsi sebagai antiradang, antihistamin, dan antioksidan yang bisa menghalau pembentukan enzim mRNA atau enzim yang membuat virus dengue makin kuat dan menyebar.

Tak hanya itu. Bila penderita demam berdarah mual saat minum susu padahal ia mesti mendapatkan asupan mineral dan kalsium untuk mempercepat proses penyembuhan, jambu biji bisa menjadi pilihan. Itu karena jambu biji mengandung berbagai jenis mineral, seperti magnesium, zat besi, dan fosfor, serta kalsium untuk meningkatkan jumlah keping darah, juga memperbaiki jaringan-jaringan di sekitar pembuluh darah yang rusak dan bocor.

Namun, di balik semua manfaatnya tersebut, jus jambu biji ternyata tak mampu membunuh virus dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah secara langsung. Asupan sehat ini hanya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas.

“Karena pada dasarnya, setelah 7–10 hari sakit, infeksi dengue akan sembuh dengan sendirinya. Bahkan di hari kelima, trombosit akan mulai naik dengan perlahan,” jelas dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter

Lebih lanjut, dr. Resthie mengatakan bahwa jus jambu biji bukanlah satu-satunya “pahlawan” untuk mereka yang terserang penyakit demam berdarah. Menurutnya, pasien demam berdarah juga mengonsumsi banyak cairan, misalnya air putih, minuman isotonik, susu, ataupun jus buah lain untuk membantu mengembalikan kondisinya.

“Memperbanyak asupan cairan saat terserang demam berdarah bisa mencegah syok, yang merupakan salah salah satu komplikasi demam berdarah. Pastikan pola makan tetap terjaga supaya tidak mengalami badan lemas,” pungkas dr. Resthie.

Nah, sekarang sudah jelas bahwa jus jambu biji bukanlah pengobatan pasti untuk penyakit demam berdarah. Walau begitu, tak ada salahnya jika pasien demam berdarah ingin menjadikan jus jambu biji sebagai salah satu asupan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuhnya. Selama diminum secukupnya, dikombinasikan dengan istirahat cukup dan konsumsi makanan sehat, niscaya penyakit demam berdarah akan segera sirna.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar