Sukses

Nikmati Me Time dengan 7 Kegiatan Bermanfaat Ini!

Siapa bilang melakukan aktivitas sendiri tidak mengasyikkan? Yuk, nikmati me time dengan tujuh kegiatan bermanfaat ini!

Klikdokter.com, Jakarta Manusia adalah makhluk sosial. Itu artinya, manusia tidak bisa melakukan apa-apa tanpa orang lain. Kendati begitu, Anda masih bisa mengerjakan segala hal sendiri tanpa bantuan orang lain. Bahkan waktu luang pun bisa Anda nikmati sendiri sambil melakukan aktivitas yang Anda sukai. Aktivitas me time misalnya, bisa jadi solusinya.

Me time atau menikmati waktu luang secara sendirian, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, kebiasaan ini dinilai menyehatkan jika dilakukan secara tepat.

“Selain dapat membuat Anda lebih bahagia, meluangkan waktu untuk sendirian juga memiliki beragam manfaat sehat. Berbeda dengan kesepian yang bisa mendatangkan berbagai penyakit, me time dapat menjadi momen Anda menyepi sekaligus menyehatkan tubuh,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Nadia menjelaskan bahwa melakukan hobi atau kegiatan yang disukai tanpa gangguan orang lain dapat menurunkan tingkat stres Anda. Dengan begitu, risiko terkena berbagai penyakit, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung, akan berkurang.

“Anda akan fokus pada diri sendiri tanpa adanya gangguan dari orang lain. Pikiran pun menjadi lebih jernih dan fokus dalam berpikir untuk menyelesaikan masalah,” kata dr. Nadia.

Setelah mendapatkan waktunya, silakan tentukan kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan. Apa saja ya, kira-kira? Sebagai rekomendasi, Anda bisa melakukan sederet aktivitas menyenangkan berikut.

  1. Coba olahraga baru

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dicoba, seperti bersepeda, thai boxing, dan program kebugaran di gym. Meski Anda memilih olahraga yang bisa Anda lakukan sendiri, Anda tetap dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

  1. Eksperimen masakan di dapur

Beberapa dari Anda mungkin terlahir jago masak, sementara yang lain harus berjuang untuk menyiapkan makanan sendiri di dapur. Tak jadi masalah, yang penting lakukan eksperimen dengan berbagai resep makanan sehat. Aktivitas ini dapat mempertajam keterampilan serta daya kreativitas Anda.

  1. Bersih-bersih rumah

Jika kondisi rumah sudah tidak karuan bahkan sulit dikenali, itu berarti sudah waktunya Anda bersih-bersih ruangan. Sapu, pel, lap kaca, dan membersihkan sela-sela barang dari debu yang menempel. Inilah saatnya untuk teratur!

Kekacauan dapat menyebabkan stres dan berdampak pada produktivitas hidup. Jadi, pastikan Anda memilliki waktu untuk mengurus kebersihan diri sendiri serta lingkungan sekitar. Jangan salah, kebiasaan bersih-bersih bisa lebih menenangkan dari aktivitas lainnya!

  1. Meditasi

Ada banyak bukti bahwa meditasi bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Menurut Everyday Health, meditasi dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, mencegah penurunan kognitif, serta menjaga otak tetap sehat dan waspada seiring bertambahnya usia.

  1. Traveling

Saat penat dan memiliki waktu banyak, traveling bisa jadi solusi me time paling baik. Tidak masalah seberapa jauhnya, asal jangan mengganggu pekerjaan sehari-hari. Tantanglah diri sendiri, ciptakan beberapa kenangan, dan ciptakan jalan-jalan dengan penuh sukacita.

  1. Menjalani hobi baru

Hidup itu singkat. Karena itu, cobalah hal apa pun sebanyak mungkin. Saatnya melakoni hobi baru yang jauh dari diri Anda sebelumnya, mulai dari merajut, fotografi, hingga berkebun. Faktanya, hobi baru bisa bikin diri lebih penasaran untuk mengulik dan mempelajari hingga lancar.

  1. Berbagi kebaikan pada sesama

Anda sendiri dapat membuat dampak besar bagi kehidupan orang asing. Biasakan untuk murah senyum, sedekah pada fakir miskin, belilah makanan untuk orang yang tidak mampu, tinggalkan tip buat pelayan restoran, hingga teduhi seseorang dengan payung saat hujan. Anda pun akan merasa lebih bahagia.

Jadi, kalau Anda sudah terlalu pusing dengan aktivitas dan kehadiran orang lain, tidak ada salahnya untuk menyepi sejenak dengan mengalokasikan waktu untuk me time. Asalkan Anda tetap lakukan aktivitas me time yang produktif dan bermanfaat ya.

[HNS/ RVS]

1 Komentar