Sukses

Kiat agar Tetap Produktif Saat Anda Merasa Bosan

Rutinitas bisa melahirkan rasa bosan. Namun, jangan sampai ini mengganggu kinerja Anda. Ini kiat agar tetap produktif saat Anda merasa bosan.

Klikdokter.com, Jakarta Merasa bosan dengan rutinitas – misalnya pekerjaan di kantor – itu wajar, apalagi jika Anda sudah melakukannya selama bertahun-tahun. Meski demikian, ada hasil penelitian yang memandang rasa bosan dari perspektif positif. Saat Anda  merasa bosan - ketika rekan kerja atau atasan Anda tak mau tahu – bukan  berarti Anda tak bisa tetap produktif.

Dilansir dari Time, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal “Academy of Management Discoveries”, rasa bosan dapat memicu produktivitas dan kreativitas individu. Bagaimana bisa?

Pada penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap orang-orang yang diberi tugas rutin yang membosankan. Mereka diminta menyortir semangkuk kacang polong berdasarkan warna, satu per satu. Kemudian kinerja mereka ternyata meningkat pada tugas yang menghasilkan ide dibandingkan dengan kelompok lain yang menyelesaikan kegiatan kerajinan.

Kelompok yang merasa bosan ditemukan mengungguli pekerja seni baik dalam hal kualitas maupun kuantitas. Penilaian dilakukan oleh orang-orang di luar penelitian secara objektif, yang memberikan skor keunikan pada masing-masing partisipan.

Kenapa rasa bosan itu baik?

“Intinya, kebosanan adalah pencarian untuk stimulasi saraf yang tak terpuaskan,” kata Sandi Mann, dosen psikologi senior di Universitas Lancashire Pusat, Inggris, sekaligus penulis buku “The Upside Down of Downtime: Why Boredom Is Good”, kepada Time.

Seperti temuan beberapa penelitian lainnya, rasa bosan memunculkan kreativitas dan kemampuan penyelesaian masalah. Anda bisa terkejut dengan munculnya ide-ide menarik yang muncul.

Rasa bosan juga dikatakan baik untuk kesehatan mental.  Perasaan ini membuat Anda melamun, dan bisa Anda manfaatkan untuk “kabur” sejenak dari laptop, pekerjaan, atau apa pun yang membuat Anda tertekan di kantor.

Meski rasa bosan ternyata juga bisa membawa manfaat, tapi jangan sampai terus-terusan merasa bosan di kantor. Rasa bosan bisa dihilangkan dengan cara sehat, misalnya dengan yoga atau meditasi, berjalan-jalan dengan rute yang sama, berenang bolak-balik, atau sekadar duduk dengan mata tertutup.

Kiat agar tetap produktif saat merasa bosan

Rasa bosan yang muncul saat sedang bekerja memang sulit untuk dicegah. Jika ini terjadi, lakukan beberapa kiat berikut ini:

  • Tenangkan diri sejenak. Cobalah untuk relaks dengan menghirup napas panjang, lalu lepaskan perlahan. Jika perlu, cuci muka agar menjadi lebih segar. Sederhana, tapi bisa menjernihkan pikiran.
  • Minum atau makan sesuatu untuk mengisi energi kembali. Bosan biasanya menciptakan rasa kantuk dan lapar. Kopi bisa jadi pilihan, atau konsumsilah camilan sehat.
  • Dengarkan musik favorit. Pilihlah musik yang bisa bikin Anda makin bersemangat dengan lirik yang positif.
  • Hilangkan gangguan yang tak perlu, misalnya jangan memelototi media sosial dan melihat konten unggahan orang-orang yang Anda follow. Untuk sementara Anda bisa sign out dan tak melihat media sosial hingga jam kerja usai, sehingga Anda dapat fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Kuasai diri. Rasa bosan akan muncul saat kita mulai lelah. Tempatkan segala sesuatu secara baik, benar, dan tepat. Belajarlah untuk mengendalikan emosi.

Rasa bosan tidak selalu buruk. Faktanya, menurut hasil penelitian rasa bosan dapat memicu produktivitas dan kreativitas seseorang. Mulailah untuk belajar mengelola rasa bosan dengan baik, sehingga Anda benar-benar dapat merasakan manfaatnya. Jika kerap bosan saat melakukan rutinitas seperti di kantor, tak ada salahnya untuk lakukan beberapa tips di atas untuk mengatasinya.

[RN/ RVS]

5 Komentar