Sukses

4 Langkah Mudah Atasi Demam Saat Liburan Natal

Jangan sampai demam mengganggu Anda saat liburan Natal. Namun bila demam menyerang, segera atasi dengan langkah-langkah berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan Natal dan Tahun Baru merupakan momen yang ditunggu-tunggu sebagian besar orang. Saat liburan panjang ini Anda dapat memanfaatkannya untuk rekreasi dan beristirahat bersama keluarga. Serunya lagi, liburan kali ini bertepatan dengan liburan sekolah anak-anak. Jadi, jangan sampai demam mengganggu asyiknya momen liburan Anda.

Pentingnya liburan bagi kesehatan tubuh

Usai berkutat dengan kesibukan selama hari kerja, berlibur merupakan hal yang direkomendasikan oleh para ahli untuk menstabilkan kondisi mental seseorang. Hal ini turut diamini oleh dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

“Liburan merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Ketika Anda berlibur, maka Anda akan merasa lebih segar dan dapat meningggalkan sejenak rutinitas harian. Jadi, jika Anda merasa bosan, jenuh atau tertekan, gunakanlah beberapa hari untuk berlibur dan mengurangi kejenuhan yang Anda rasakan,” ujar dr. Alvin.

Meski demikian, menikmati liburan bukan berarti libur juga dalam hal menjaga kesehatan. Sebab, terserang demam pada saat libur Natal seperti sekarang ini tentu akan membuat Anda merasa terganggu. Rencana yang sudah disusun jauh-jauh hari bisa berantakan karena Anda pun tak sanggup beranjak pergi.

Perlu diketahui bahwa saat sedang berlibur, tubuh bisa terserang penyakit karena stres atau lelah pada saat beraktivitas, terutama bila kegiatan liburan Anda dipenuhi aktivitas fisik seperti outbond atau hiking.

Beragam aktivitas tersebut dapat membuat sistem imun tubuh Anda berada pada titik terendah dan lebih rentan terhadap penyakit, salah satunya demam. Agar terhindar dari demam saat liburan, ketahui cara yang tepat untuk mengatasinya.

1 dari 2 halaman

Langkah mudah mengatasi demam saat liburan

Demam adalah proses alami tubuh saat melawan bakteri atau mikroba yang mengancam kesehatan. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengetahui cara-cara mengatasi demam yang terjadi pada tubuh Anda, seperti yang dilansir dari Healthline, yakni:

1. Konsumsi echinacea

Echinacea telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi rasa demam. Studi ilmiah menunjukkan bahwa minum teh yang mengandung echinacea dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menyembuhkan infeksi dan lebih cepat dalam menghilangkan demam.

2. Asupan jahe

Cara lain untuk mengobati demam adalah dengan mengonsumsi jahe. Sifat antibakteri dalam jahe membuatnya efektif melawan demam, batuk, dan gejala umum lainnya. Mulailah dengan membuat teh berisi rebusan jahe. Selain hangat di tubuh, minuman tersebut dapat membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap ancaman penyakit.

3. Memenuhi kebutuhan tidur

Pada saat sedang menikmati momen liburan Natal dan lainnya, sering kali Anda lupa untuk mengistirahatkan tubuh karena tak ingin melewatkan waktu yang berharga. Padahal ketika kurang tidur, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kekuatan menghadapi penyakit.

Jadi, agar tak mudah sakit, cukupi kebutuhan tidur Anda setiap harinya, sekitar 6-8 jam. Kebiasaan baik ini akan membuat Anda fit dalam menjalani hari.

4. Hindari stres

Hindari situasi stres di menit-menit terakhir menjelang liburan. Saat stres menyerang, tubuh akan mulai memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang mampu menekan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini mirip dengan apa yang terjadi saat Anda merasa lelah.

Pastikan untuk merencanakan liburan tersebut beberapa bulan sebelumnya dan mulai berkemas seminggu sebelum berlibur agar tak terburu-buru. Dengan demikian, Anda tidak akan berlibur dengan suasana hati yang panik.

Liburan Natal adalah saat yang tepat bagi orang yang merayakannya untuk beribadah dengan khusyuk dan berkumpul dengan keluarga. Bagi yang tidak merayakannya pun juga memanfaatkan momen liburan ini untuk berwisata atau sekadar mempererat tali silaturahmi. Nah, agar Anda terhindar dari serangan demam, lakukanlah kiat-kiat di atas untuk menanganinya. Jika demam tak kunjung reda, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar