Sukses

Benarkah Daun Rosemary Bisa Memperbaiki Daya Ingat?

Daun rosemary dianggap bisa membantu memperbaiki daya ingat dengan efektif. Bagaimana faktanya?

Cara paling sederhana yang terbukti efektif mengasah daya ingat adalah membaca buku. Namun, bagi orang-orang yang tidak hobi membaca, daun rosemary sering dijadikan sebagai alternatifnya. Hal itu karena daun rosemary dianggap dapat membantu memperbaiki daya ingat.

Manfaat daun rosemary sudah dikenal sejak zaman dulu. Daun rosemary berasal dari tumbuhan yang memiliki nama latin Rosmarinus officinalis. Tanaman ini asli Asia dan Mediterania, tetapi juga dapat tumbuh di Amerika Serikat. Ketika mekar, bunganya berwarna putih, ungu, merah muda, atau biru tua.

Daun rosemary sering digunakan sebagai bumbu makanan, termasuk untuk sup, rebusan, daging, ayam, ikan, dan makanan khas Mediterania lainnya. Daun dengan rasa pahit dan aroma wangi yang khas itu juga sering digunakan sebagai pelengkap teh, campuran parfum, sampo, kondisioner, dan sabun. 

Artikel Lainnya: Efektifkah Daun Rosemary untuk Tangani Pegal?

1 dari 2 halaman

Manfaat Daun Rosemary

Sebagai salah satu jenis rempah, daun rosemary memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Rosemary kaya akan sumber antioksidan. Antioksidan ini berperan sebagai anti peradangan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan aliran darah.

  • Melancarkan Pencernaan

Di berbagai daerah di Eropa, rosemary sudah sering digunakan sebagai terapi untuk gangguan pencernaan. Namun hal ini masih memerlukan penelitian medis lebih lanjut.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Khasiat daun rosemary yang satu ini telah dibuktikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Therapeutic Advances in Psychopharmacology, aroma yang dikeluarkan oleh rosemary dapat meningkatkan konsentrasi seseorang.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Senyawa asam karsonik dalam daun rosemary dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata, khususnya saraf mata atau retina. Karena ini, rosemary juga diyakini dapat membantu mencegah timbulnya age-related macular degeneration (AMD). 

Artikel Lainnya: 5 Makanan yang Efektif Mengasah Daya Ingat 

Benarkah Daun Rosemary Bisa Perbaiki Daya Ingat?

Beberapa makanan yang telah terbukti mampu memperbaiki daya ingat adalah ikan salmon, alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan blueberry. Lalu, bagaimana dengan daun rosemary? Apakah juga bisa meningkatkan daya ingat?

Dalam sebuah studi yang melibatkan 28 orang dewasa ditemukan, konsumsi dosis rendah bubuk rosemary kering dikaitkan dengan peningkatan kecepatan memori secara signifikan.

Tak hanya dengan mengonsumsinya, manfaat rosemary dalam memperbaiki daya ingat bahkan bisa dirasakan meski hanya menghirup aromanya. 

Pada sebuah penelitian, para peserta diminta untuk menghirup aroma rosemary saat melakukan tugas pemrosesan visual dan tugas pengurangan angka berseri. 

Hasilnya, kecepatan dan akurasi para peserta dalam kedua tugas tersebut meningkat setelah dipaparkan dosis aroma rosemary yang lebih tinggi. Menariknya, suasana hati para peserta studi juga kian membaik.

Artikel Lainnya: Makanan Ini Cegah Penurunan Daya Ingat Pria

Guna mencari tahu lebih lanjut mengenai manfaat aroma rosemary untuk memori, tim peneliti melakukan telaah kembali. Kali ini melibatkan 40 anak usia sekolah yang ditempatkan di ruangan berisi aroma rosemary dan ruangan lain tanpa aroma. 

Tim peneliti kemudian menemukan bahwa anak-anak yang berada di ruangan dengan aroma rosemary memiliki skor memori yang lebih tinggi, daripada mereka yang berada di ruangan tanpa aroma.

Meski penelitian telah banyak dilakukan, para ahli masih belum menemukan mekanisme apa yang membuat daun rosemary bisa memberikan manfaat untuk daya ingat. 

Beberapa ahli berhipotesis bahwa kandungan antioksidan di dalam daun tersebut lah yang memainkan peran besar, karena mampu memperbaiki sel-sel di dalam tubuh dan melawan radikal bebas.

Itu dia manfaat daun rosemary serta beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai tanaman ini. 

Tak ada salahnya bila Anda ingin menjadikan daun rosemary sebagai salah satu alternatif untuk membantu memperbaiki daya ingat. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter sebelum menggunakan rosemary karena daun ini bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. 

Jika Anda memiliki keluhan seputar daya ingat atau masalah kesehatan lainnya, silakan tanya langsung pada ahlinya melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar