Sukses

Kenali Manfaat Jambu Biji dan Daunnya

Ketahui berbagai manfaat jambu biji beserta daunnya bagi kesehatan Anda, berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Pada dasarnya, konsumsi berbagai jenis buah-buahan mampu memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh. Salah satu yang direkomendasikan adalah buah jambu biji. Faktanya, manfaat jambu biji cukup signifikan untuk menunjang kesehatan tubuh. Tak tanggung-tanggung, daun jambu biji pun memberikan khasiat yang luar biasa.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter, jambu biji tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, namun juga menyimpan berbagai nutrisi baik bagi tubuh.

“Selain lezat, jambu biji juga dikenal kaya akan zat antioksidan, antiradang, antibakteri, serta dipercaya dapat mencegah beberapa jenis penyakit tertentu. Tak heran banyak orang yang mengandalkan buah jambu biji untuk menunjang kesehatan, termasuk dalam mengatasi diare,” ujarnya.

Tak hanya buahnya, namun daun jambu biji juga berkhasiat dan baik untuk dikonsumsi. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari konsumsi jambu biji dan daunnya.

  1. Membantu mengontrol kadar gula darah

Beberapa bukti menunjukkan bahwa jambu biji dapat membantu mengontrol gula darah Anda. Uji tabung dan penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji terbukti dapat membuat kadar gula darah Anda tetap dalam batas normal.

Beberapa penelitian yang melibatkan manusia juga menunjukkan hasil yang mengesankan. Sebuah studi yang dilakukan kepada 19 orang mencatat bahwa minum teh daun jambu biji dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan dengan efek yang bertahan hingga dua jam.

Studi lain yang mengambil sampel 20 orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa minum teh daun jambu biji mampu mengurangi kadar gula darah setelah makan lebih dari 10 persen. Tentunya penemuan ini bagus untuk Anda terapkan sehari-hari.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dalam beberapa cara. Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya kadar antioksidan dan vitamin di dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Semakin tinggi kadar serat kalium yang larut dalam jambu biji dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung. Selain itu, ekstrak daun jambu biji dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, penurunan kolesterol jahat (LDL), serta peningkatan kolesterol baik.

Mengingat tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL yang tinggi berisiko menimbulkan penyakit jantung dan stroke yang, maka ekstrak daun jambu biji dapat Anda gunakan untuk menghalau risiko tersebut.

Sebuah studi yang memakan waktu selama 12 minggu dan dilakukan pada 120 orang menemukan bahwa konsumsi jambu biji sebelum makan mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol secara signifikan.

  1. Meredakan gejala nyeri saat menstruasi

Banyak wanita mengalami dismenore, yakni gejala nyeri menstruasi seperti kram perut. Namun, terdapat beberapa bukti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri akibat kram perut saat menstruasi.

Sekitar 197 wanita yang mengalami gejala nyeri menjadi responden penelitian. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari mampu mengurangi intensitas nyeri akibat menstruasi.

Cara ini dinilai lebih ampuh ketimbang penggunaan obat penghilang rasa sakit lainnya. Tak hanya itu, ekstrak daun jambu biji juga dianggap membantu meringankan kram uterus.

  1. Baik untuk sistem pencernaan

Jambu biji adalah sumber serat makanan yang sangat baik. Oleh karena itu, makan lebih banyak jambu biji dapat membantu kelancaran buang air besar dan mencegah sembelit.

Satu buah jambu biji bisa memenuhi 12 persen dari kebutuhan asupan serat harian yang direkomendasikan. Selain itu, ekstrak daun jambu biji juga dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan karena mengurangi intensitas dan durasi diare.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji bersifat antimikroba. Artinya, daun jambu biji dapat menetralisir mikroba berbahaya di usus penyebab diare.

  1. Menurunkan berat badan

Jambu biji adalah makanan yang bisa menurunkan berat badan. Jambu biji yang hanya mengandung 37 kalori setiap buahnya hadir sebagai camilan ringan yang bisa membuat kenyang namun tetap rendah kalori.

Tidak seperti beberapa makanan ringan rendah kalori lainnya, buah dan daun jambu biji nyatanya hadir dengan muatan vitamin dan mineral yang mumpuni. Untuk mendapatkan manfaat jambu biji seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda perlu memasukkan buah jambu biji ke dalam menu harian Anda. Anda bisa menghidangkannya sebagai buah potong atau membuatnya sebagai jus.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar