Sukses

Kenali Manfaat Jambu Biji dan Daunnya

Sering dijadikan jus, tahukah Anda manfaat jambu biji sebenarnya sulit ditolak? Nah, buat yang belum tahu soal khasiat jambu biji, berikut ini penjelasannya!

Selain jeruk dan apel, jambu biji kerap dijadikan minuman segar untuk dihidangkan. Ya, jambu biji memang jadi salah satu buah yang paling banyak disukai. Selain karena enak dan manis, ternyata manfaat jambu biji bagi kesehatan tak main-main.

1 dari 2 halaman

Manfaat Jambu Biji dan Daunnya

Bicara soal manfaat jambu biji untuk kesehatan, buah dan daunnya sering digunakan sebagai obat tradisional. 

Adapun manfaat daun jambu biji yang sudah dipercaya turun-temurun yaitu mengobati masalah pencernaan (perut dan usus), mengatasi nyeri, dan menyembuhkan luka. 

Meski belum ada bukti kuat dari penelitian ilmiah, buahnya sendiri sering diolah sebagai obat alami untuk mengontrol tekanan darah alias mencegah darah tinggi (hipertensi).

Buah yang bertekstur lembut ini punya kandungan vitamin C, serat, dan antioksidan yang cukup tinggi. Ini berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang akan merusak sel-sel dalam tubuh. 

Lalu, bagaimana dengan kandungan daun jambu biji? Lembaran daunnya ternyata juga mengandung antioksidan! Sayang, tidak diketahui pasti bagaimana cara daun jambu biji bisa sampai mengatasi berbagai kondisi medis. 

Inilah beberapa manfaat penting jambu biji dan daunnya bagi kesehatan Anda:

  1. Mengurangi Frekuensi Sakit Perut saat Diare

Banyak orang percaya, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat mempercepat proses penyembuhan diare dan mengurangi rasa sakit perut. Namun, manfaat daun jambu biji yang sebenarnya adalah mengurangi frekuensi munculnya sakit perut saat Anda menderita diare.

  1. Mengatasi Kram Perut saat Haid

Nah, ketimbang Anda percaya mitos minum soda saat haid, lebih baik konsumsi ekstrak daun jambu biji. Pasalnya, manfaat daun jambu biji yang lain adalah dapat mengurangi kram di area perut bawah.

  1. Mengurangi Risiko Peradangan Gusi

Berkumur menggunakan ekstrak daun jambu biji dapat membantu mengatasi radang gusi atau gingivitis. Tapi, ini tidak terbukti berkhasiat menghilangkan plak pada gigi. 

Artikel lainnya: Benarkah Jambu Biji Efektif Atasi Diare?

  1. Menurunkan Darah Tinggi

Umumnya, manfaat jambu biji yang paling dicari ialah bisa menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. 

Penderita hipertensi yang mengonsumsi jambu biji dan menghindari makanan mengandung lemak jahat selama dua belas minggu rupanya memiliki kondisi tekanan darah yang lebih baik dan stabil.

Namun, untuk benar-benar mengobati penyakit hipertensi, Anda tidak boleh hanya mengonsumsi buah jambu biji saja, ya! 

Karena bukan masalah kesehatan ringan, Anda wajib konsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan obat pengontrol tekanan darah yang tepat. 

  1. Mengurangi Nyeri Sendi pada Lutut

Penelitian menunjukkan, dengan mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi rasa nyeri dan kaku pada penderita nyeri sendi lutut.

Sedangkan, untuk manfaat jambu biji lainnya, seperti mengatasi kolik, radang usus, muntah, buang angin berlebihan, diabetes, batuk, katarak, penyakit jantung, dan kanker, itu semua masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  1. Menaikkan Trombosit dan Cegah Pendarahan saat Kena DBD

Anda wajib meningkatkan jumlah trombosit dan mencegah pendarahan saat terserang demam berdarah dengue (DBD). Sebab, bila dibiarkan, bisa fatal! 

Nah, salah satu cara mudah mengatasi hal itu adalah dengan mengonsumsi jambu biji. Supaya mudah ditelan, buah tersebut dijadikan jus saja. Sebenarnya tak cuma daging buahnya yang bermanfaat, ekstrak daunnya pun baik untuk mengatasi DBD. 

Jadi, selain untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi frekuensi sakit perut saat diare, manfaat jambu biji lainnya yang paling dicari adalah untuk menaikkan jumlah trombosit saat terserang demam berdarah. 

Artikel lainnya: Jus Jambu Biji Ampuh Atasi Demam Berdarah?

  1. Mengobati Jerawat dan Bintik Hitam

Bukan cuma mengatasi masalah tubuh bagian dalam, manfaat daun jambu biji bisa juga dirasakan oleh bagian luar pada tubuh yaitu kulit. 

Meski masih membutuhkan penelitian lebih detail, daun jambu biji dipercaya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengobati jerawat dan menyamarkan flek hitam

Pasalnya, daun jambu biji mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji yang satu ini, Anda dapat menumbuk beberapa daun jambu biji, lalu oleskan pada jerawat dan bintik-bintik gelap di wajah. 

Setelah kering, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal. 

  1. Mencegah Penuaan Dini 

Masih ada satu lagi manfaat daun jambu biji buat kulit, yaitu mencegah penuaan dini. Daun jambu biji mengandung antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas, sehingga bisa melindungi kulit dari proses penuaan sekaligus memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Rebus beberapa lembar daun jambu biji hingga mendidih. Lalu, dinginkan dan saring airnya. Air rebusan daun jambu biji bisa diaplikasikan ke kulit. 

Itu dia sejumlah manfaat jambu biji dan daunnya bagi kesehatan Anda. Untuk dikonsumsi, lebih baik coba dulu sedikit demi sedikit (jangan langsung banyak). Karena, bagi beberapa orang, ekstrak daun jambu biji justru dapat menyebabkan mual atau nyeri perut.

Bila Anda punya pertanyaan seputar manfaat jambu biji dan pengobatan alami, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

(AM/FR)

0 Komentar

Belum ada komentar