Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Pijat Shiatsu, Melancarkan Pencernaan hingga Kesehatan Kulit

Manfaat Pijat Shiatsu, Melancarkan Pencernaan hingga Kesehatan Kulit

Pijat shiatsu adalah sejenis terapi yang dikembangkan sejak dahulu di Jepang. Apa khasiatnya bagi kesehatan? Simak manfaat pijat shiatsu berikut ini.

Setelah seharian beraktivitas, tubuh umumnya akan terasa pegal atau kaku. Untuk mengatasinya, salah satu solusi yang bisa Anda pilih adalah pijat shiatsu. Teknik pijat ini merupakan sejenis terapi tradisional dari Jepang.

Kata “shiatsu” sendiri berarti “tekanan jari”. Pada praktiknya, terapis pijat shiatsu akan melakukan tekanan dari satu titik ke titik lain (meridian) dalam urutan tertentu.

Metode ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari gangguan pencernaan, depresi, ketegangan otot, sakit kepala, kecemasan, hingga sinusitis.

Pijatan shiatsu akan merangsang titik-titik yang ditekan. Tujuannya adalah melancarkan aliran energi atau chi yang bisa mendorong penyembuhan.

Dalam konsep shiatsu, apabila energi di dalam tubuh tersumbat, berbagai macam penyakit bisa timbul. Nah, sentuhan dan tekanan oleh jari pada pijat shiatsu dapat meringankan penyakit dan memberikan ketenangan fisik maupun mental.

Berikut ini beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari pijat shiatsu:

1 dari 4 halaman

1. Mengurangi Stres

Pijat shiatsu dapat berperan sebagai pereda stres. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine. Pijat shiatsu dikatakan mampu menyeimbangkan, mempertahankan, dan memulihkan keseimbangan energi tubuh.

Artikel lainnya: 5 Manfaat Pijat Hot Stone (Batu Panas) untuk Kesehatan

2. Menghilangkan Rasa Sakit di Bagian Otot

Pijat shiatsu bermanfaat untuk meredakan rasa sakit di bagian otot yang kaku atau kejang. Saat mendapat pijatan ini, tubuh akan merasa relaks secara perlahan.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Aliran Energi ke Seluruh Tubuh

Pijat shiatsu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan seluruh tubuh dengan memengaruhi sistem energi di dalam tubuh secara positif.

Saat pijatan difokuskan ke titik-titik akupresur, sumbatan-sumbatan pada tubuh akan terbuka. Jadi, energi akan mudah mengalir ke seluruh tubuh.

4. Mengendalikan Gejala Depresi dan Cemas

Selain mengurangi hormon stres, pijat shiatsu juga meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di dalam tubuh. Keduanya adalah senyawa neurotransmiter yang membantu mengurangi depresi dan menciptakan rasa nyaman.

Manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak dan bayi. Menurut Journal of American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, pasien yang mengalami depresi dan cemas akan merasa jauh lebih relaks dan bahagia setelah mendapat pijat shiatsu.

Artikel lainnya: 5 Manfaat Penting Terapi Pijat untuk Kesehatan

3 dari 4 halaman

5. Melancarkan Pencernaan

Pijat shiatsu juga dapat melancarkan pencernaan. Metode ini dapat melancarkan peredaran darah di bagian pencernaan, sehingga memungkinkan pembakaran lemak lebih baik dan meningkatkan stamina.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Pijat shiatsu juga membantu menstimulasi pembuluh darah jaringan lunak di kulit. Pijatan tersebut akan membantu mencegah kerutan dan menjaga produksi sebum pada kulit.

Dalam prosesnya, pijat shiatsu biasanya berdurasi sekitar 2-8 detik pada masing-masing bagian. Metode ini biasanya dilakukan pada meja pijat rendah atau lantai yang beralaskan tikar. Meski urutannya terlihat mirip dengan jenis pijat lainnya, namun shiatsu tidak menggunakan minyak.

Pijat shiatsu memang bermanfaat bagi kesehatan, namun tetap ada kondisi yang tidak diperbolehkan. Jangan lakukan pijat shiatsu bila mengalami kecurigaan patah tulang, pasca operasi, penyakit jantung, atau gangguan pembekuan darah. Untuk wanita hamil, konsultasi dulu ke dokter sebelum pijat shiatsu.

Bila Anda memiliki kondisi normal dan ingin mencobanya, pastikan pilih tempat pijat shiatsu dan terapis yang telah tersertifikasi. Setelah pijat, terapkan gaya hidup sehat agar manfaatnya benar-benar terasa.

Konsultasi seputar metode pijat atau pengobatan alternatif lebih mudah ke dokter lewat Live Chat dari KlikDokter. Anda juga bisa baca beragam info menarik lainnya seputar kesehatan dan kebugaran tubuh hanya di KlikDokter!

(FR/JKT)

2 Komentar