Sukses

3 Bumbu Dapur untuk Tangkal Penyakit di Musim Hujan

Tahukah Anda bahwa beberapa bumbu dapur bisa mendatangkan beragam manfaat sehat, khususnya dalam menangkal penyakit di musim hujan?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika bicara tentang makanan sehat, Anda mungkin hanya berfokus pada sumber pokoknya saja. Padahal, ada sejumlah bumbu dapur yang tak cuma bisa melezatkan dan memberi warna menarik pada makanan, tetapi juga menyehatkan tubuh, khususnya saat musim hujan tiba.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut adalah beberapa bumbu dapur yang terbukti membawa beragam manfaat sehat, khususnya saat musim hujan tiba:

  1. Bawang putih

Saat musim hujan tiba, infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti diare dan demam tifoid ikut merebak. Nah, jika Anda memasak makanan dengan menggunakan bawang putih, maka risiko terjadinya beragam infeksi tersebut bisa berkurang.

Kepopuleran bawang putih dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan yang disebabkan oleh bakteri sudah diketahui sejak dahulu. Bahkan, berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh American Family Physician, bawang putih juga dapat mencegah penyakit akibat virus influenza, seperti batuk, pilek, dan demam.

Jadi, saat membuat tumisan atau sup, jangan ragu untuk menambahkan cincangan bawang putih untuk melezatkan rasa sekaligus menyehatkan tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsi sup daging dan sayuran yang ditambahkan dengan bawang putih, rasa hangat dan khasiat dari bawang putih akan bersatu untuk menangkal common cold yang biasanya hadir di musim hujan.

Namun perlu diingat, bagi Anda yang punya permasalahan pada lambung, hindari terlalu banyak mengonsumsi bawang putih, apalagi yang belum diolah sempurna. Sebab, bawang putih bisa bikin asam lambung Anda bergejolak dan menyebabkan sensasi terbakar pada ulu hati sekaligus nyeri.

  1. Kayu manis (cinnamon)

Ingin membuat minuman hangat atau kue manis yang menyehatkan selain menggunakan jahe? Manfaatkan saja bubuk kayu manis atau cinnamon!

Anda dapat mencampur bubuk kayu manis pada teh hangat yang hendak dikonsumsi. Anda pun bisa mencampurkan bubuk ajaib tersebut ke dalam adonan kue yang sedang Anda olah.

Faktanya, mengonsumsi makanan atau minuman yang dicambur dengan bubuk kayu manis terbukti dapat melegakan tenggorokan, mengencerkan dahak di paru, serta meringankan sakit kepala. Manfaat tersebut bahkan bisa membuat gejala flu yang sebelumnya sudah terjadi terasa lebih ringan dan sembuh lebih cepat.

  1. Kunyit

Sama seperti bawang putih, khasiat kunyit sebagai antibiotik dan antiseptik alami sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, selain bisa mengatasi infeksi bakteri karena ada kandungan kurkumin di dalamnya, kunyit juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Tak Cuma itu, bumbu dapur berwarna kuning ini juga bisa meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit yang rusak. Jadi, ketika kulit Anda iritasi karena sering terkena genangan air kotor akibat banjir di musim hujan, kunyit bisa mengobati gangguan pada kulit Anda.

Mulai saat ini, jangan lagi andalkan mi instan jika Anda ingin mengonsumsi asupan yang hangat di musim hujan. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi makanan yang diolah dengan proses yang lebih sempurna menggunakan bumbu dapur di atas. Dengan begitu, bukan cuma enak dan rasa hangatnya saja yang didapat, melainkan gizinya juga bisa memberi manfaat yang lebih nyata terhadap kesehatan tubuh Anda.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar