Diet dan Nutrisi

4 Manfaat Rutin Minum Kopi bagi Kesehatan

Bobby Agung Prasetyo, 07 Des 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak sekadar tren, minum kopi ternyata juga menyimpan beragam manfaat kesehatan bila diminum secara rutin.

4 Manfaat Rutin Minum Kopi bagi Kesehatan

Tren minum kopi semakin mendarah daging di Indonesia sejak menjamurnya kedai-kedai kopi kekinian. Selain enak rasanya, ternyata kopi juga berkhasiat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Berbagai macam varian kopi kini pun tersedia di berbagai kedai di seluruh penjuru Tanah Air, mulai dari kopi hitam hingga yang dicampur dengan bahan seperti susu. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia.

Sumatera, Jawa, dan Sulawesi adalah satu dari sekian pulau dengan kualitas biji kopi yang sudah tidak diragukan lagi di mata internasional. Bicara soal kopi dan hubungannya dengan kesehatan, dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter memberikan penjelasan.

“Rutin minum kopi akan mengurangi risiko kamu terkena berbagai jenis penyakit. Bahkan, minum kopi bisa membuat kamu berumur lebih panjang. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa minum kopi berkaitan dengan penurunan risiko kematian pada pria sebesar 20 persen dan pada wanita sebesar 26 persen,” ujar wanita yang akrab dipanggil dr. There ini.

Manfaat minum kopi secara rutin

Dari penjelasan dr. There di atas dapat disimpulkan bahwa aktivitas minum kopi memang sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Bahkan kamu dianjurkan untuk minum kopi secara rutin. Faktanya - selain yang telah disebutkan di atas – rutin minum kopi dapat memberikan sederet manfaat bagi kesehatan sebagai berikut:

Sumber antioksidan yang baik

Sejak ditemukannya tanaman kopi yang konon berasal dari Ethiopia, masyarakat dunia berbondong-bondong untuk menjadikannya ekstrak yang dapat diminum. Kopi disinyalir sebagai salah satu sumber antioksidan penting bagi tubuh yang mampu mengurangi risiko seseorang terkena penyakit apapun.

Menurut Beth Witherspoon, konsultan diet asal Amerika Serikat, konsumsi kopi rutin setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit seperti diabetes tipe 2, Parkinson, demensia, sirosis, dan beberapa jenis kanker.

Para ahli bahkan menyebut kopi sebagai “obat ajaib” karena kemampuannya yang menakjubkan untuk mencegah penyakit tersebut. Pada dasarnya, seperti yang dikatakan dr. There, asupan kopi membantumu hidup lebih lama.

Perlu diketahui bahwa manfaat kopi paling baik diperoleh dari kopi hitam. Agar antioksidan bekerja dengan baik, kamu harus mengonsumsinya tanpa tambahan bahan lain seperti krim, susu dan gula. Inilah kiat minum kopi yang efektif dapat melindungi otakmu dari demensia.

Selanjutnya

Mencegah stres

Selain mencegah penyakit, kandungan kafein dalam kopi dapat secara langsung berkorelasi dengan otak kamu. Minum kopi terbukti mampu meningkatkan kewaspadaan dan perhatian mental, membantu tetap terkonsentrasi, dan memperbaiki suasana hati.

Selain itu, kopi menjaga emosi tetap stabil dan menghindari dari pikiran buruk. Dengan rutin minum kopi, kamu akan terhindar dari risiko stres atau bahkan depresi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada 2013 menemukan bahwa mereka yang minum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko bunuh diri sebesar 45 persen. Hal ini terjadi karena anggapan adanya efek stimulan kafein yang membantu meningkatkan suasana hati.

Menjaga ingatan tetap sehat

Sementara efek positif kafein baik untuk mengasah kewaspadaan, perhatian, konsentrasi, dan suasana hati, kemampuannya untuk meningkatkan kualitas memori pun tidak boleh diremehkan. Hal ini sudah teruji berdasarkan sebuah studi yang dilakukan.

Dalam jurnal Nature Neuroscience, kafein mampu meningkatkan kinerja seseorang selama 24 jam dengan cara meningkatkan konsolidasi memori jangka panjang pada manusia.

Baik untuk performa atletik

Kafein alami dalam kopi telah dikaitkan dengan peningkatan kinerja fisik, terutama pada kemampuan aerobik atau daya tahan. Jumlah kafein yang direkomendasikan untuk meningkatan produktivitas adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.

Pada akhirnya, kafein dapat meningkatkan performa selama latihan, baik dalam jangka panjang maupun pendek. Kafein juga bereaksi dengan reseptor di otak untuk “mematikan” adenosine, yakni zat kimia yang menyebabkan sensasi lelah. Jadi, saat berolahraga, kamu tidak akan mudah lelah.

Kini kamu telah mengetahui bahwa rutin minum kopi memang memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi, penting untuk dicatat, bahwa asupan kafein yang lebih banyak belum tentu lebih baik atau selalu berdampak positif pada produktivitas. Konsumsilah kopi sesuai takaran yang dijelaskan di atas. Jika kamu ragu, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci.

Kamu juga bisa konsultasi seputar konsumsi kopi sesuai kondisi tubuh kamu atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

[NP/ RVS]

kafeinMinum KopiKesehatankopiantioksidanParkinson DiabetesMencegah StresDepresiKankerDemensiaSirosis

Konsultasi Dokter Terkait