Diet dan Nutrisi

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Sehat Buah Manggis untuk Anda

dr. Vika Damay, 10 Jun 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak hanya manis, buah manggis juga menyimpan segudang manfaat sehat untuk kesehatan tubuhmu.

Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Sehat Buah Manggis untuk Anda

Manggis adalah buah yang tumbuh di negara tropis. Buah yang disebut berasal dari Semenanjung Malaya ini bisa diperoleh dengan mudah di negara-negara Asia Tenggara. Manggis juga merupakan salah satu buah yang cukup digemari di Indonesia. 

Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, manggis juga bermanfaat, mulai daging buah hingga kulit dan akarnya yang kerap dijadikan obat herbal. Sebetulnya, apa saja manfaat manggis untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Kaya akan Nutrisi

Manggis mengandung kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, protein, karbohidrat, dan serat. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A. Banyak sekali, ya, nutrisi yang akan diperoleh jika kamu mengonsumsi manggis?

2. Efek Antikanker

Manfaat manggis lainnya adalah efek antikanker. Kulit manggis mengandung senyawa alpha-mangostinbeta-mangostingarcinone B, dan garcinone E, yang secara kolektif disebut xanthone.

Dalam sebuah studi di laboratorium, ditemukan bahwa xanthone memiliki efek antikanker pada percobaan dalam tabung reaksi.

3. Memiliki Efek Antiinflamasi

Selain antikanker, xanthone juga diketahui memiliki efek antiinflamasi. Manfaat manggis yang satu ini diperoleh dari kandungan serat yang tinggi pada manggis.

Berdasarkan penelitian menggunakan hewan di Brazil tahun 2017, diet tinggi serat dapat menurunkan respons inflamasi dalam tubuh. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efek antiinflamasi manggis pada manusia. 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian telah menunjukkan adanya peran manggis dalam menurunkan berat badan. Namun, penelitian mengenai manfaat manggis untuk berat badan ini sebenarnya masih belum banyak sehingga belum dapat ditentukan efektivitasnya.

Akan tetapi, secara teori, efek antiinflamasi lah yang berperan dalam peningkatan metabolisme lemak sehingga mencegah peningkatan berat badan. 

5. Kaya akan Antioksidan

Salah satu manfaat manggis yang paling signifikan adalah antioksidan yang terkandung di dalamnya. Vitamin C, folat, dan xanthone merupakan antioksidan yang ada pada manggis. Di antara ketiganya, xanthone memiliki efek antioksidan yang paling kuat.

Artikel Lainnya: Kaya Antioksidan, Ini Manfaat Sehat Buah Sawo

6. Menunjang Sistem Imun

Serat dan vitamin C penting untuk imun tubuh yang sehat. Serat dapat menunjang bakteri baik dalam usus, salah satu komponen penting dalam imun tubuh. Sementara itu, vitamin C diperlukan berbagai sel imun dan memiliki efek antioksidan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa manggis memiliki efek antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri jahat.

Artikel Lainnya: Penasaran, Ini Manfaat Buah Kersen yang Tak Pernah Anda Duga

7. Membantu Mengontrol Gula Darah

Sebuah penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa wanita obesitas yang mengonsumsi 400 miligram suplemen ekstrak manggis memiliki penurunan signifikan terhadap resistensi insulin yang merupakan faktor risiko diabetes.

Manfaat manggis tersebut diperoleh dari kombinasi antara xanthone dan serat yang memberikan efek mengontrol gula darah. Manggis juga baik untuk kontrol gula darah pada penderita diabetes.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari merupakan hal yang sering terjadi dan merupakan faktor risiko penuaan dan kanker kulit. Ekstrak manggis menunjukkan efek proteksi terhadap radiasi ultraviolet B pada kulit melalui sebuah penelitian di Korea tahun 2017.

Selain itu, ekstrak manggis juga memiliki manfaat dalam meningkatkan elastisitas kulit. Efek ini didapatkan melalui kandungan antioksidan dan efek antiinflamasi buah manggis.

Artikel Lainnya: Buah Ceri Bisa Obati Diabetes, Mitos atau Fakta?

9. Baik untuk Otak

Manfaat manggis untuk kesehatan otak ternyata juga tidak main-main, lho. Ekstrak manggis dapat mencegah kerusakan dan kematian sel otak, serta menjaga aliran listrik otak. Tak cukup di situ, xanthone pada manggis juga meningkatkan regenerasi sel otak.

Meskipun cukup menjanjikan, manfaat manggis tersebut baru dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan pada hewan. Oleh sebab itu, belum diketahui apakah penelitian terhadap manusia dapat menimbulkan efek serupa atau tidak.

10. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Manggis mengandung serat yang tinggi. Serat sangat dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan dan baik untuk bakteri baik dalam usus. Kulit manggis yang diseduh menjadi teh juga berfungsi meredakan diare, lho

11. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat manggis untuk kesehatan lainnya adalah mencegah penyakit kardiovaskular. Khasiat yang satu ini berasal dari kandungan-kandungan buah manggis yang sangat penting bagi tubuh.

Kandungan tembaga, kalium, mangan, dan magnesium pada buah manggis dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ekstrak manggis juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik.

Manfaat manggis untuk kesehatan memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Meski demikian, tidak ada salahnya bila kamu ingin menjadikan manggis sebagai variasi menu buah-buahan di rumah. Kombinasikan juga dengan sumber makanan sehat lainnya, ya!

Baca artikel-artikel kesehatan menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter melalui layanan Temu Dokter atau Tanya Dokter. Kamu juga bisa melakukan Cek Kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat di KlikDokter. Yuk #JagaSehatmu selalu! 

[WA]

buahManggis

Konsultasi Dokter Terkait