Kesehatan Anak

Cara Menaikkan Berat Badan Anak yang Terlalu Kurus

dr. Reza Fahlevi, 02 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anak yang terlalu kurus bisa menjadi tanda kekurangan nutrisi. Jangan khawatir, simak 12 cara menaikkan berat badan anak yang terlalu kurus di sini.

Cara Menaikkan Berat Badan Anak yang Terlalu Kurus

Berat badan anak merupakan hal penting yang perlu diperhatikan orangtua. Berat badan berlebihan tidak baik karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Begitu pula berat badan terlalu kurus, kondisi ini juga tidak baik untuk kesehatannya.

Status gizi anak secara objektif harus dilihat berdasarkan kurva pertumbuhan. Terkadang orangtua menganggap anak terlalu kurus, padahal berdasarkan kurva pertumbuhan berat badan anak masih cukup.

Jika Anda melihat anak kurus, sebaiknya bawa ke dokter untuk pemeriksaan objektif berdasarkan kurva pertumbuhan.

Bila memang didiagnosis terlalu kurus, berikut ini dua belas cara menaikkan berat badan anak yang bisa diterapkan:

1. Tingkatkan Asupan Kalori Makanan

Metode penambah berat badan anak yang pertama adalah meningkatkan asupan kalori. Cara mudahnya, perbanyak porsi makan anak sehingga energi yang lebih tersebut dapat digunakan oleh tubuh untuk meningkatkan berat badan. 

2. Atur Proporsi Makanan

Tidak hanya sekadar meningkatkan asupan kalori, proporsi komposisi makanan anak juga perlu dipertimbangkan sesuai usia. 

Jangan menambah kalori dengan konsumsi karbohidrat berlebihan. Tetaplah menjaga keseimbangan konsumsi karbohidrat, lemak, dan protein.

3. Perhatikan Rasa dan Variasi Makanan

Sebagian anak memiliki asupan makanan yang kurang karena tidak suka dengan rasa makanan atau bosan dengan jenis makanan tersebut. 

Dalam hal ini, cara menggemukkan badan anak yang bisa dilakukan ialah memperbaiki rasa dan variasi asupan makanan agar ia mau makan dalam porsi cukup.

4. Penetapan Jadwal Makan

Makan tidak teratur juga terkadang membuat orangtua lalai memerhatikan asupan makanan si kecil. 

Untuk itu, buatlah jadwal makan agar anak makan teratur. Jadwal makan terdiri dari 3 kali makan besar, 2 kali makan selingan, dan susu sesuai usia.

Artikel Lainnya: Ketahui Status Gizi Anak Anda dan Cara Menghitungnya

5. Berikan Tambahan Nutrisi Selain Makanan Padat

Jika anak tidak mau makan makanan padat terlalu banyak atau sering merasa cepat kenyang saat diberikan makanan padat, Anda dapat memberikan tambahan makanan misalnya susu. 

Cara menaikkan berat badan anak ini dapat menambah asupan kalori.

6. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga juga penting untuk meningkatkan kebugaran, menjaga metabolisme tubuh, dan membentuk otot. Jangan sampai berat badan si kecil naik namun komposisi tubuhnya sebagian besar lemak.

7. Hindari Aktivitas Fisik Berlebihan

Olahraga dan aktivitas fisik memang penting untuk anak. Namun, perlu diperhatikan bahwa aktivitas berlebihan termasuk bergadang juga dapat menyebabkan berat badan anak sulit naik. 

Beraktivitas fisik berlebihan ataupun tidur larut malam dapat membuat energi si kecil terkuras. Upaya menggemukkan badan anak pun bisa terhambat.

Artikel Lainnya: Diet untuk Anak, Apakah Perlu Dilakukan?

8. Istirahat Cukup

Istirahat cukup juga penting untuk mengurangi pengeluaran energi berlebihan pada anak yang menyebabkan ia kurus. 

Semakin muda usia anak, maka waktu tidurnya semakin panjang. Sebaliknya, semakin besar anak, maka waktu tidurnya semakin singkat.

9. Atasi Cacingan

Cacingan merupakan salah satu penyebab berat badan anak tidak naik dengan baik. 

Jika Anda menemukan gejala cacingan pada anak seperti lemas, nafsu makan turun, pucat, perut kembung, dan sering mengalami masalah saluran cerna, segera ke dokter untuk mengetahui apakah anak mengalami cacingan atau tidak. 

10. Atasi Penyakit InfeksiĀ 

Tuberkulosis atau infeksi saluran kemih berulang merupakan beberapa penyakit infeksi pada anak yang kerap menyebabkan berat badan sulit naik, sehingga ia semakin kurus. 

Jika anak mengalami infeksi tersebut, segera obati agar berat badannya naik.

Artikel Lainnya: Berat Badan Bayi Susah Naik, Jangan-Jangan Karena Anemia?

11. Atas Penyakit Non-Infeksi

Penyakit non-infeksi seperti penyakit jantung bawaan, alergi makanan, dan penyakit gastroesofageal refluks merupakan beberapa jenis penyakit penyebab berat badan anak sulit naik. 

Untuk itu, berkonsultasilah kepada dokter untuk mengetahui apakah ada penyakit-penyakit tersebut pada anak.

12. Menghindari Stres pada Anak

Menghindari stres juga penting dalam faktor penambah berat badan anak. Stres pada anak dapat menyebabkan nafsu makannya berkurang, sehingga ia tidak mau makan dan berat badannya sulit naik. 

Maka itu, berikan kasih sayang yang cukup kepada si kecil di rumah. Deteksi juga bila ada tekanan psikis dari luar rumah seperti sekolah dan lingkungan bermain anak.

Itulah beberapa cara menaikkan berat badan anak yang bisa dicoba. Konsultasi dengan dokter anak lebih mudah di aplikasi KlikDokter. Semoga bermanfaat!

(FR/AYU)

Tumbuh Kembang AnakKesehatan AnakBerat Badan

Konsultasi Dokter Terkait