Sukses

Inilah 5 Manfaat Olahraga Angkat Beban

Olahraga angkat beban bisa memberikan beragam manfaat sehat jika dilakukan secara rutin dan teratur. Apa saja manfaat tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga angkat beban sering dihubungkan dengan mereka yang berprofesi sebagai binaragawan. Namun kini, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan memiliki tubuh yang bugar, semakin banyak pula orang yang meminati olahraga angkat beban. Apakah Anda salah satunya?

Menurut American College of Sports Medicine, angkat beban termasuk jenis latihan strength training. Ini artinya, angkat beban termasuk sebagai aktivitas fisik yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran otot dengan melatih otot atau kelompok otot tertentu terhadap tahanan eksternal (mesin beban, berat tubuh sendiri, barbel, dan lainnya). Dengan latihan angkat beban, otot akan dikondisikan untuk beradaptasi terhadap tahanan sehingga menjadi lebih kuat.

Manfaat olahraga angkat beban

Layaknya olahraga jenis lain, angkat beban juga bisa memberikan beragam manfaat sehat. Berikut lima manfaat di antaranya:

1. Penurunan berat badan

Sebuah studi menemukan, orang yang melakukan olahraga angkat beban empat kali seminggu selama delapan belas bulan memiliki penurunan lemak tubuh yang lebih besar daripada mereka yang tidak berolahraga atau hanya melakukan latihan aerobik.

Hal itu terjadi karena pembentukan otot akan membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh, antara lain basal metabolic rate (BMR). BMR mengacu pada jumlah kalori yang dibakar selagi Anda beristirahat. Selain itu, pembentukan masa otot membantu pembakaran lemak menjadi lebih efektif. 

2. Kesehatan tulang lebih optimal

Sejak usia 30 tahun, Anda akan kehilangan masa tulang sedikit demi sedikit setiap tahunnya. Nah, latihan angkat beban dapat menjadi solusi dari hal tersebut, karena terbukti mampu melindungi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Penelitian bahkan mengatakan bahwa melakukan strength training seperti angkat beban sebanyak dua kali seminggu selama tiga puluh menit per sesi akan memperbaiki kepadatan, struktur, dan kekuatan tulang pada wanita yang sudah menopause.

3. Keseimbangan yang lebih baik

Latihan angkat beban membantu melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh. Hal ini terutama penting bagi mereka yang sudah lanjut usia dan memiliki risiko jatuh lebih besar.

Berdasarkan studi, latihan angkat beban dapat mengurangi risiko jatuh hingga 40 persen. Sedangkan, pada lansia, jatuh dapat berefek serius pada kesehatan, seperti patah panggul yang menyebabkan gangguan mobilitas dan disabilitas.

4. Tubuh kencang dan berotot

Ingin punya berat badan ideal dan tubuh yang kencang serta berotot? Jika ya, jawabannya adalah olahraga angkat beban!

Penelitian mengatakan, angkat beban yang dilakukan secara rutin dan teratur terbukti mampu membentuk tubuh dan otot, juga membantu memperbaiki postur tubuh. Dengan adanya manfaat tersebut, angkat beban terbukti efektif dalam mencegah kejadian sarkopenia alias kehilangan massa otot di usia senja.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Secara tidak sadar, latihan angkat beban juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Hal ini mungkin berkaitan dengan beberapa faktor, seperti memiliki berat badan yang ideal, serta bentuk dan postur tubuh yang baik.

Dengan memiliki body image yang baik, rasa percaya diri Anda pun akan ikut meningkat. Hal ini dapat memperbaiki kualitas hidup Anda juga, lho!

Dengan adanya segudang manfaat di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba olahraga angkat beban? Jika memang demikian, Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga tersebut di bawah pengawasan pelatih handal. Hal ini bertujuan untuk memperkecil risiko cedera, juga agar Anda bisa segera merasakan manfaat sehatnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar