Sukses

5 Benda di Rumah yang Bisa Bikin Flu Makin Parah

Flu tak kunjung mereda dan semakin parah? Waspada dengan berbagai benda yang ada di rumah Anda berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit in disebabkan oleh virus influenza. Biasanya, flu akan sembuh sendiri seiring berjalannya waktu, setidaknya dalam waktu 7 hari. Meski demikian, jangka waktu pemulihannya bisa berbeda pada setiap orang.

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter penyakit flu pada umumnya memang tidak memerlukan pengobatan khusus dan akan pulih dengan sendirinya.

“Namun, satu hal yang paling penting adalah menjaga daya tahan tubuh dengan cukup istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi,” kata dr.Andika.

Di musim hujan seperti sekarang ini, virus influenza biasanya makin mudah menyerang. Akibat infeksi virus tersebut, terjadi peradangan pada saluran pernapasan. Umumnya, penyakit flu juga diikuti dengan demam atau kenaikan suhu tubuh, bersin-bersin, hidung meler, batuk, sakit kepala, dan badan lemas.

Namun jangan salah. Meski musim hujan kerap dipersalahkan sebagai penyebab flu, nyatanya barang-barang di rumah Anda juga disinyalir dapat menimbulkan penyakit yang sama, atau malah membuatnya makin parah.

Waspada dengan benda-benda di rumah

Pada beberapa orang, penyakit flu bisa sembuh dalam jangka waktu yang lebih lama dari biasanya. Hal ini bisa terjadi karena keberadaan beberapa benda berikut ini di rumah, yang mungkin tidak rutin dibersihkan:

1. Saklar lampu dan gagang pintu

Virus influenza dapat memapar ke benda-benda yang sering dipegang oleh banyak orang, semisal saklar lampu dan gagang pintu. Ketika seorang anggota rumah sedang terkena flu, benda-benda sekitar kemungkinan turut terkontaminasi.

Menurut sebuah studi tahun 2007 di Journal of Medical Virology, gagang pintu dan sakelar lampu nyatanya menjadi tempat untuk virus bersembunyi. Jadi, pertimbangkan untuk menyeka permukaan benda-benda tersebut dengan desinfektan karena membersihkan area-area tersebut dapat mengurangi kemungkinan infeksi.

2. Gelas dan tempat makanan

Sebuah studi di American Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang menyentuh pegangan cangkir kopi yang sebelumnya dipegang oleh pengidap flu, sangat mungkin tertular penyakit yang sama. Namun, berdasarkan penjelasan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasinya. Pastikan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik sebelum makan, minum, atau setelah beraktivitas.

3. Handuk

Virus mengering dan mati lebih cepat pada permukaan berpori seperti kain. Namun, ia dapat bertahan hidup dengan kondisi basah untuk sementara waktu. Jadi, jangan berbagi handuk atau lap mandi dengan orang lain demi kebaikan kondisi kesehatan Anda.

Menurut United Kingdom’s National Health Service, virus influenza bisa tetap menginfeksi selama sekitar 15 menit setelah terpapar pada bahan lunak.

4. Remote control

Kelly Reynolds, PhD, seorang ahli biologi lingkungan di University of Arizona, merekomendasikan untuk menyeka remote control televisi dengan pembersih desinfektan sekali seminggu untuk menyingkirkan bakteri dan virus.

Agar lebih aman, seka remote control hingga ke celah-celahnya dengan kapas yang dicelupkan pada cairan alkohol.

5. Alat tulis

Mengingat virus flu dan pilek dapat bertahan hidup di permukaan yang keras seperti alat tulis selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, alat tulis bisa menjadi sarang virus. Jika kelewat lupa untuk cuci tangan setiap kali menyentuh objek tersebut, usahakan untuk tidak menyentuh wajah sampai sesudah cuci tangan.

Faktanya, benda-benda di rumah yang setiap hari Anda pegang bisa jadi penyebab flu. Jadi, waspadai benda-benda di atas demi mengurangi risiko terkena flu. Terlebih lagi, di musim hujan saat ini, tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi asupan sehat, cukup istirahat, dan mulailah berolahraga secara rutin.

[NP/ RVS]

1 Komentar