Sukses

4 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Olahraga Pagi Hari

Anda bisa melakukan olahraga kapan saja. Tapi, tahukah Anda alasan mengapa orang lebih sering berolahraga di pagi hari?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, seiring berjalannya waktu, aktivitas positif tersebut kerap menjadi bahan perdebatan bagi sejumlah kalangan mengenai waktu yang tepat untuk melakukannya. Jika Anda yang ditanya mengenai waktu yang tepat untuk berolahraga, kira-kira apa jawaban Anda? Apakah pagi, siang atau malam?

Ya, semua jawaban tidak ada yang salah. Karena profesor kedokteran olahraga dari University of South Carolina, Russel Pate, mengatakan bahwa momen terbaik untuk berolahraga adalah waktu di mana Anda dapat secara konsisten melakukannya. Hal ini terjadi karena manfaat aktivitas fisik atau olahraga tergantung pada konsistensi orang yang melakukannya.

Senada dengan itu, dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter juga mengatakan bahwa waktu terbaik untuk berolahraga tidak dapat diukur secara objektif.

“Dalam dunia medis, tidak ada penelitian yang dapat dengan pasti menentukan kapan waktu terbaik untuk berolahraga. Perbedaan dalam pemilihan waktu itu hanya berdampak pada konsekuensi yang muncul dari masing-masing pilihan waktu,” katanya.

Kendati begitu, olahraga di waktu-waktu tertentu ternyata bisa mendatangkan manfaat tersendiri. Dalam hal olahraga pagi hari, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan sekaligus:

  1. Kesehatan lebih baik sepanjang hari

“Ketika berolahraga di pagi hari, Anda akan berusaha dan tersugesti untuk menjaga kesehatan,” jelas seorang ahli kebugaran asal New York, Amerika Serikat, Zack Daley.

Saat seseorang sudah olahraga pagi, maka dia bakal merasa sehat dan bugar di hari tersebut. Otomatis, niatan-niatan seperti makan banyak, bermalas-malasan, dan kegiatan pasif lainnya akan sirna. Malah, tak menutup kemungkinan jika Anda justru ingin selalu beraktivitas fisik dengan jalan kaki, naik turun tangga, dan kegiatan menyehatkan lainnya.

  1. Tidur nyenyak di malam hari

Menurut National Sleep Foundation (NSF), orang-orang yang olahraga di pagi hari bakal merasakan tidur yang lebih lelap dan dalam di malam hari. Dengan kata lain, ketika seseorang berolahraga lebih awal, maka ia bisa tidur lebih lelap di malam hari. Tetapi, ketika berolahraga di malam hari, adrenalin bisa saja masih berlangsung dan butuh sedikit perjuangan untuk istirahat.

  1. Menurunkan tekanan darah

Orang dengan tekanan darah tinggi alias hipertensi membutuhkan obat untuk mengendalikan penyakit tersebut. Tetapi, perubahan gaya hidup, seperti dengan melakukan olahraga pagi, ternyata juga dapat memberikan manfaat signifikan.

Faktanya, penderita hipertensi yang olahraga di pagi hari mampu mengurangi tekanan darah sebesar 10 persen. Kondisi itu berlanjut sepanjang hari, para peneliti menyimpulkan.

  1. Meningkatkan suasana hati

Berolahraga memberi Anda dorongan endorfin sebagai penghilang rasa sakit alami. Jadi, jika otak mendapat endorfin di pagi hari, Anda akan memulai hari dengan lebih optimis. Hal ini mengurangi kerentanan terhadap stres dan kecemasan, juga menyiapkan Anda untuk hari kerja yang positif dan produktif.

Setelah mengetahui fakta di atas, apakah Anda tertarik untuk mengubah waktu olahraga menjadi pagi hari? Jika ya, pastikan Anda melakukannya secara konsisten, agar manfaatnya benar-benar dirasakan. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar