Sukses

Aktivitas Harian Ini Ampuh Usir Depresi

Mau terbebas dari depresi dengan cara yang mudah dan bisa dilakukan setiap hari? Bisa! Ikuti saja cara di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak selamanya hari-hari berjalan dengan baik. Ada kalanya Anda merasakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh banyak faktor, sehingga menutup hari dengan perasaan cemas yang tak berkesudahan. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut bahkan sampai membuat air mata bercucuran, risiko Anda untuk terkena depresi pun semakin tinggi.

Nah, untuk mencegah terjadinya depresi karena sering mengalami hari yang buruk, ada 3 cara simpel yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu:

  1. Mandi air hangat

Ketika Anda lelah setelah seharian beraktivitas, sebagian orang Indonesia biasanya mandi dengan air dingin supaya lebih segar. Tak salah memang, tetapi jika Anda ingin menenangkan tubuh dan pikiran, sebaiknya mandi dengan air hangat.

Jika Anda punya bak mandi yang bisa dijadikan tempat berendam, itu justru lebih baik. Pasalnya, mandi sore dengan menggunakan air hangat dapat menaikkan mood dan menenangkan pikiran yang sedang kacau.

Tak hanya sebatas itu, mandi air hangat juga bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak. Selain itu, air hangat dapat meredakan permasalahan otot, nyeri sendi, dan melancarkan kerja pembuluh darah.

Untuk merasakan segudang manfaat mandi air hangat, Anda dianjurkan untuk berendam di dalamnya tidak lebih dari 15 menit.

  1. Minum secangkir teh hangat

Dalam hal ini, teh yang paling direkomendasikan untuk membuang perasaan stres adalah teh jenis white tea atau teh putih.

“Bila dibandingkan dengan jenis teh lainnya, seperti green tea dan oolong tea, white tea memiliki kadar kafein yang lebih rendah sehingga ideal untuk menangkal stres,” kata dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Di sisi lain, kandungan asam amino L-theanine yang ada di dalam white tea juga paling tinggi di jenis teh lain. Ini karena white tea diproses dari kuncup daun teh termuda tanpa adanya proses oksidasi, sehingga kandungan asam amino L-theanine di dalamnya dapat berfungsi maksimal untuk menenangkan pikiran.

  1. Berolahraga

Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar pepatah “mens sana in corpore sano,” yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Nah, agar psikis lebih “tahan banting” dan tak mudah terkalahkan oleh stres, maka Anda perlu melakukan olahraga setiap hari. Tak perlu lama-lama, cukup 30 menit saja.

Menurut dr. Reza Pahlevi dari KlikDokter, olahraga dapat merangsang pengeluaran hormon adrenalin yang dapat memperlancar sirkulasi darah, dan hormon endorfin yang dapat memberikan perasaan bahagia.

Lalu, olahraga apa yang sebaiknya dilakukan saat stres melanda? Pada dasarnya, Anda diperbolehkan melakukan olahraga apa saja selama kondisi fisik memungkinkan. Tetapi, dr. Reza menyarankan Anda untuk melakukan olahraga beregu seperti futsal, basket, tenis meja, dan sebagainya, supaya tidak merasa kesepian dan penat.

Jadi, meningkatkan suhu tubuh di malam hari dengan cara mandi air hangat, minum teh hangat, dan berolahraga dapat memperbaiki suasana hati. Alhasil, stres akan mereda dan Anda akan jauh dari gangguan mental seperti depresi. Jika butuh teman bicara, jangan sungkan untuk berkeluh kesah kepada orang yang bisa dipercaya, agar beban hidup terasa lebih ringan dan Anda tidak merasa kesepian.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar