Sukses

7 Tips Gaya Hidup Sehat dari Para Dokter

Selain mengobati pasien, dokter punya tugas memelihara kesehatan mereka sendiri. Yuk intip berbagai tips gaya hidup sehat dari para dokter!

Klikdokter.com, Jakarta Seiring dengan tugas mereka melayani dalam bidang kesehatan bagi masyarakat luas, para dokter sebenarnya juga memiliki tugas rutin mereka sendiri, yakni menjaga kesehatan! Yuk, cari tahu bagaimana gaya hidup sehat para dokter dan apa saja yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka sendiri sehari-hari.

Sebagai manusia biasa, dokter juga perlu memperhatikan dirinya sendiri agar tetap fit dalam menjalankan tugasnya. Pada akhirnya, ketika mereka sehat, kinerjanya pun bisa makin optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ini dia tips gaya hidup sehat dari para dokter

Tak bosan-bosannya menyerukan para pasiennya untuk menjalani hidup sehat, tentu Anda penasaran dengan gaya hidup sehat seperti apa yang mereka jalankan setiap hari.

Dengan senang hati, tim medis dari KlikDokter membeberkan gaya hidup sehatnya untuk Anda.

1. Kurangi konsumsi nasi

Karbohidrat dibutuhkan sebagai bahan bakar tubuh. Nasi adalah salah satu sumber karbohidrat yang paling mudah ditemukan. Akan tetapi, konsumsi karbohidrat berupa nasi secara berlebihan juga tak baik untuk tubuh.

Mengurangi konsumsi nasi putih adalah salah satu kiat menjaga kesehatan yang dijalankan oleh dr. Andika Widyatama dari KlikDokter.

“Kalaupun makan nasi, hanya satu kali dalam sehari. Itu pun hanya pada siang hari. Kalau pagi, saya makan karbohidrat kompleks seperti roti dan gandum. Sedangkan malam saya makan buah saja karena buah mengandung glukosa. Saya lebih banyak makan protein seperti telur, ayam, tempe, dan tahu,” kata dr. Andika.

2. Cukup minum air putih

Air merupakan komponen penting dalam tubuh. Manusia membutuhkan air putih minimal 2 liter per hari. Jika kurang, Anda bisa mengalami dehidrasi hingga mengganggu fungsi ginjal.

"Saya sekarang lebih banyak minum air putih, hampir tidak lagi minum minuman bersoda. Kalau makan di luar (restoran), saya pilih minum jus," kata dr. Andika.

3. Olahraga untuk kebugaran

Agar kesehatan tubuh terjaga sekaligus mencapai atau mempertahankan berat badan ideal, olahraga berperan penting. Para ahli mengatakan perlunya olahraga selama 30 menit per hari sebanyak lima kali dalam seminggu. Totalnya adalah 150 menit dalam seminggu.

"Saya olahraga seminggu minimal tiga kali dan paling banyak lima kali. Saya kombinasikan saja, bisa aerobik dan anaerobik,” kata dr. Andika yang rutin joging dan main futsal.

“Saya juga sesekali bersepeda. Kalau nge-gym, latihan saya tidak berat. Saya hanya menjaga tubuh saja dan untuk itu repetisinya agak banyak," ungkap dokter yang juga menjadi host dan narasumber program Hi Doc! di O Channel tersebut.

4. Istirahat yang cukup dan me-time untuk mengelola stres

Banyak ahli menyarankan bahwa tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah minimal 7 jam per hari. Manfaat tidur sangat banyak, mulai dari kesehatan otak, wajah yang terlihat segar, perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

"Saya selalu berusaha istirahat tidur minimal 7 jam. Saya memang tidak pernah tidur siang, tapi istirahat pada malam hari benar-benar saya manfaatkan," kata dr. Andika yang memanfaatkan me-time nya dengan traveling dan main musik.

“Manfaatnya untuk melepaskan stres karena rutinitas bisa jadi sangat monoton dan membuat kita penat."

5. Vaksinasi sesuai anjuran

Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, vaksinasi sesuai anjuran untuk kekebalan tubuh juga perlu dilakukan.

"Lengkapi vaksinasi sesuai anjuran, kalau perempuan HPV atau yang dianjurkan sekarang difteri,"sarannya.

6. Mengonsumsi suplemen

Tak jarang, dari makanan juga Anda bisa terkena penyakit. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan suplemen tambahan sesuai kebutuhan tubuh.

"Penting untuk melengkapi suplemen dan ini tergantung apa tujuannya. Kalau saya, suplemen vitamin D, C, dan E. Kalau untuk kulit dan kecantikan, bisa ditambah selenium. Kembali lagi, ini harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang," ujar dokter yang pernah bertugas di Belitung Timur ini.

7. Penggunaan losion untuk kesehatan kulit

Menggunakan body lotion adalah salah satu cara murah yang bisa memanjakan tubuh Anda. Losion bisa membantu melembapkan kulit Anda yang kering, apalagi jika digunakan secara teratur.

"Saya memakai losion untuk melembapkan kulit. Bagi kulit yang cenderung kering seperti saya, losion bisa membuat kulit jadi tidak gatal,” imbuh dr. Melyarna.

Menyambut Hari Dokter Nasional yang jatuh pada tanggal 24 Oktober tiap tahunnya, yuk jadikan tujuh tips sehat dari para dokter di atas sebagai panduan sehat. Jangan pernah bosan untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, cukup istirahat, kelola stres dan tentu saja jangan lupa untuk berbahagia!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar