Sukses

Aktor Rudy Wowor Meninggal Dunia Akibat Kanker Prostat

Aktor senior Rudy Wowor dikabarkan meninggal dunia akibat penyakit kanker prostat yang telah lama dideritanya.

Klikdokter.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Indonesia. Aktor senior Rudy Canesius Soemolang Wowor atau yang dikenal dengan nama Rudy Wowor tutup usia pada hari ini, Jumat (5/10). Kabar yang beredar, aktor berusia 74 tahun itu meninggal karena kanker prostat.

Sebelumnya, seperti dilansir Liputan6.com kabar meninggalnya aktor yang sering berperan sebagai tentara kompeni Belanda itu telah tersebar di media sosial lewat postingan akun putra Rudy, Michael Wowor. Isinya membenarkan kabar meninggalnya Rudy Wowor disertai alamat rumah duka di kawasan Depok.

Kabar duka itu lalu diperkuat oleh sahabat sekaligus teman Rudy di dunia akting, Roy Marten. Aktor yang merupakan ayah Gading Marten itu mengaku telah mendapat kabar tentang meninggalnya Rudy Wowor pagi ini.

Menurut sejumlah informasi, aktor yang juga penari dan koreografer ini, meninggal karena kanker prostat yang sudah dideritanya sejak awal tahun lalu.

Kenali gejala-gejala kanker prostat

Berbicara mengenai kanker prostat, menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, penyakit ini biasanya tidak menimbulkan gejala apapun pada stadium awal. Akan tetapi, seiring dengan bertambah parahnya penyakit ini, biasanya akan timbul berbagai gejala atau masalah pada saluran kemih seperti aliran kencing yang melambat, pancaran urine melemah, dan lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari. Selain itu, gejala lainnya yang bisa timbul adalah adanya darah pada urine atau disfungsi ereksi.

Meski bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti Benign Prostate Hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat, bila Anda mendapati gejala di atas, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter spesialis urologi untuk mendapatkan diagnosis yang lebih tepat.

Saat diperiksa, kanker prostat bisa diketahui setelah dilakukan skrining terlebih dahulu. Dijelaskan oleh dr. Nadia bahwa skrining dilakukan melalui pemeriksaan darah untuk melihat Prostate Spesific Antigen (PSA) yang bersifat spesifik terhadap prostat, tapi tidak spesifik menunjukkan penyakit kanker.

Meski demikian, peningkatan kadar serum dapat pula ditemukan pada keadaan BPH, infeksi atau peradangan prostat (prostatitis), infeksi saluran kencing dan kondisi lainnya. Sedangkan, diagnosis pasti kanker prostat adalah ditemukannya suatu gambaran adenokarsinoma (keganasan) pada spesimen biopsi prostat atau aspirasi sitologi.

Meninggalnya aktor legendaris Rudy Wowor akibat kanker prostat memang masih menyisakan duka bagi industri hiburan Indonesia. Penyakit tersebut, memang bisa menyerang pria, khususnya yang memiliki faktor risiko kanker. Meski demikian, Anda juga bisa mencegahnya sejak dini. Salah satu kunci agar terhindar dari penyakit kanker adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga teratur, istirahat cukup, makanan bernutrisi, serta menjauhi rokok dan alkohol. Dan yang tidak kalah penting, Anda juga perlu memeriksakan diri secara rutin ke dokter, terutama jika dalam keluarga Anda juga memiliki riwayat kanker.

[NP/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar