Sukses

7 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Menjaga kesehatan anak pastinya menjadi hal yang utama ibu lakukan. Apalagi pada saat musim penghujan. Umumnya, daya tahan tubuh si Kecil akan berkurang.

Apa yang terjadi ketika musim hujan tiba? Selain ada banjir, biasanya kondisi daya tahan tubuh Anda dan anak akan melemah. Untuk itu, sebagai orang tua harus tetap menjaga kesehatan si Kecil. Caranya, dengan melakukan beberapa langkah ini. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

Tahun 2020 ini, Jabodetabek harus merasakan sejumlah curah hujan yang cukup tinggi. Bahkan, menurut Badan Klimatologi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ini merupakan curah hujan tertinggi selama 24 tahun terakhir. Itu sebabnya, di beberapa tempat mengalami bencana banjir hingga 30 ribuan orang mengungsi dari tempat tinggalnya.

Pastinya, karena ada banyak tempat yang banjir, Anda diminta untuk selalu menjaga kesehatan. Namun sebenarnya, kesehatan anak juga harus diperhatikan. Apalagi pada musim penghujan seperti sekarang ini. Biasanya, anak-anak menjadi rentan sakit pada periode basah ini. Ada saja penyakit yang bisa mampir, mulai dari influenza, batuk, hingga demam berdarah. Karena itu, berbagai persiapan kesehatan untuk anak sangat penting dilakukan oleh setiap ayah dan ibu.

1 dari 3 halaman

Mengapa Banyak Jenis Penyakit Muncul Saat Musim Penghujan?

Menurut dr. Sepriani Limbong dari KlikDokter, penyakit-penyakit yang sering dijumpai pada musim hujan, antara lain diare, batuk, dan pilek. Tak hanya itu, penyakit yang cukup berat seperti leptospirosis juga bisa menyerang. 

Artikel Lainnya: Musim Hujan, Perhatikan 5 Tanda Bayi Kedinginan

“Memang penyakit dapat terjadi kapan saja. Tapi saat musim hujan, munculnya penyakit-penyakit tersebut umumnya mengalami peningkatan. Itu karena penularannya yang lebih cepat dalam kondisi lembap,” kata dr. Sepriani.

Kurangnya paparan sinar matahari juga dapat memengaruhi munculnya penyakit pada musim hujan. “Kondisi ini tak terhindarkan saat musim hujan karena sinar matahari lebih banyak tertutup awan tebal. Padahal sinar matahari, terutama pada pagi hari, sangat baik untuk tubuh.”

Cuaca yang dingin pun membuat tubuh si Kecil bekerja lebih ekstra untuk menstabilkan temperatur tubuhnya. Itu sebabnya, badan anak akan lebih mudah lelah dan menjadi lemah. Lalu, apa yang harus dilakukan Anda sebagai orang tua untuk mengatasi masalah tersebut?

2 dari 3 halaman

Tips menjaga Kesehatan Tubuh Anak Selama Musim Hujan

Sebenarnya, Anda tak perlu khawatir. Ini karena Anda bisa membuat daya tahan tubuh si Kecil kembali normal.  Dengan tips sederhana yang dilansir Smart Parenting ini, Anda dapat membantu menjaga kesehatan anak pada musim hujan. Coba ikuti, ya!

1. Siapkan Perlengkapan Hujan

Perlengkapan hujan ini meliputi payung, jas hujan, dan sepatu hujan. Bawakan untuk anak Anda agar mereka terlindungi dari basah kuyup, terkena air hujan yang menggenang di jalan-jalan, yang mungkin terkontaminasi dengan berbagai bakteri.

Artikel Lainnya: Musim Hujan Tiba, 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan Si Kecil

2. Tutup Wadah Penampungan Air

Nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak di air yang tergenang. Itulah mengapa Anda perlu mengosongkan atau menutup wadah penampungan air di sekitar rumah untuk mencegah nyamuk berkembang biak di dalamnya. Hindari juga gigitan nyamuk dengan menggunakan obat anti nyamuk, memasang kasa anti nyamuk, dan sebagainya.

3. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga lingkungan Anda tetap bersih selama musim hujan mencegah nyamuk dan hewan penyebab penyakit lainnya berkembang biak dan mengerumuni rumah Anda.

4. Pastikan Anak Minum Air Bersih

Sejumlah penyakit, seperti diare dan kolera, disebabkan oleh asupan air yang terkontaminasi. Selalu pastikan anak Anda minum air yang bersih dan aman untuk mencegah infeksi dan penyakit.

5. Bimbing Anak untuk Mencuci Tangan dengan Benar

Mencuci tangan dengan benar dapat membantu melindungi anak dari kuman dan infeksi virus yang dapat ditularkan melalui berbagai cara (memegang benda-benda milik umum, kontak dengan orang yang sedang sakit, dsb).

Artikel Lainnya: Satu Keluarga Tewas Keracunan Genset Saat Banjir, Ini Penyebabnya!

6. Melakukan Vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu cara terpenting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Anda dapat berbicara dengan dokter mengenai vaksinasi yang tepat untuk anak Anda.

7. Berikan Asupan Makanan yang Sehat

Makanan yang bernutrisi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Seiring dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, mereka akan tetap terlindungi dari penyakit-penyakit yang berkaitan dengan musim hujan.

Demikian tujuh cara yang dapat dilakukan orang tua agar kesehatan terjaga selama musim hujan. Pastikan juga anak mendapatkan istirahat yang cukup, yang dapat disesuaikan dengan usianya. Tidur berguna untuk memulihkan seluruh sistem tubuh sehingga kebal terhadap virus maupun bakteri. Jika anak sering bepergian dengan kendaraan umum, ingatkanlah mereka untuk selalu membawa masker.

[RS/ RVS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar