Sukses

Cara Mudah Tingkatkan Daya Ingat Anda

Tak perlu takut pikun sebelum waktunya. Ini kiat-kiat untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Akhir-akhir ini Anda merasa sering sekali lupa. Lupa di mana ponsel Anda berada padahal benda tersebut jelas-jelas ada di tangan Anda, atau lupa di mana gerangan kunci motor yang baru saja Anda letakkan. Mungkin Anda langsung cemas dilanda pikun sebelum waktunya. Tenang, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat.

Daya ingat seseorang dipengaruhi oleh kondisi-kondisi tertentu, khususnya kesehatan otak. Sebagai pusat sistem saraf, otak berperan besar dalam pengambilan keputusan dan perilaku kognitif, salah satunya daya ingat.

Sebagian besar orang mengira bahwa daya ingat merupakan hal yang alami dan mengalir apa adanya. Namun faktanya, Anda dapat melatih otak untuk tetap awet muda dan tercegah dari penuaan dini. Hal ini turut berpengaruh terhadap kemampuan daya ingat.

Dilansir Reader’s Digest, peneliti asal University of Waterloo di Kanada telah menemukan cara termudah untuk meningkatkan daya ingat. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Memory tersebut menunjukkan bahwa membaca dengan suara keras dapat meningkatkan kemampuan mengingat hingga 15 persen.

Lewat studi tersebut, para ilmuwan meminta para peserta menguji empat metode untuk mempelajari informasi tertulis: membaca dalam hati, mendengar orang lain membaca, membaca dengan suara keras, dan mendengarkan rekaman pembacaan diri. Hasilnya, peserta yang membaca informasi dengan keras menunjukkan tingkat retensi terbaik, yakni peningkatan 5 hingga 15 persen dalam kecepatan belajar serta daya ingat.

Menurut para peneliti, efek gabungan dari berbicara dan mendengar pembicaraan sendiri adalah kunci untuk memberikan dorongan memori. Disebut “efek produksi”, membacakan dengan keras memungkinkan otak Anda untuk menyimpan informasi itu dalam ingatan jangka panjang.

Jangan hanya lakukan cara di atas saja! Agar lebih optimal, ikuti saran dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi makanan bergizi

Peran makanan sangat penting dalam menunjang kesehatan otak. Konsumsilah secara teratur jenis-jenis makanan ini untuk membantu meningkatkan daya ingat:

  • Omega-3

Bisa diperoleh dari minyak ikan, minyak krill, dan alpukat. Jika dikonsumsi secara teratur, dapat meningkatkan reseptor neurotransmiter di otak sehingga otak dapat bekerja lebih baik.

  • Vitamin D

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kekurangan asupan vitamin D dapat menurunkan kinerja dan fungsi otak.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa telah terbukti dapat membantu mencegah demensia dan Alzheimer.

  • Brokoli

Brokoli mengandung kalsium, vitamin C, vitamin B, besi, dan vitamin K. Zat-zat tersebut berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak.

  • Bayam

Sayuran hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat memperlambat gejala demensia.

  • Blueberry

Buah ini merupakan antioksidan yang sangat baik, sehingga dapat mencegah kerusakan otak yang diakibatkan oleh radikal bebas dan stres.

  1. Olahraga secara rutin

Melakukan olahraga secara rutin dapat membuat kapasitas otak menjadi lebih maksimal. Hal ini dikarenakan olahraga dapat meningkatkan aliran darah menuju otak, sehingga fungsi kognitif untuk berpikir juga meningkat.

  1. Cukup tidur

Tidur yang cukup dapat meningkatkan kemampuan memori otak, kreativitas, dan daya tangkap Anda. Selain itu, racun-racun dari dalam tubuh juga bisa tersingkirkan.

  1. Minum air cukup

Sebanyak 70% kandungan di dalam otak adalah air. Apabila kekurangan cairan 2% saja, otak akan mengalami penurunan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya. Penuhi asupan air secukupnya dalam sehari.

“Untuk mempertajam kembali daya ingat Anda, perubahan gaya hidup sangat diperlukan. Karena ini akan mendorong otak Anda untuk memproduksi sel-sel saraf yang baru. Dengan demikian, memori otak akan meningkat secara perlahan,” ujar dr. Dyah.

Jika Anda tak ingin pikun sebelum waktunya, lakukan cara-cara tersebut untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda. Jauhi pula kebiasaan-kebiasaan buruk seperti begadang serta merokok yang berpotensi merusak otak. Salam sehat!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar