Sukses

Para Wanita, Ini Dampak Jika Kebanyakan Minum Kopi

Kopi sudah menjadi rutinitas sekaligus gaya hidup. Namun, hindari mengonsumsi kopi terlalu banyak, khususnya bagi wanita. Ini efek buruk yang bisa timbul.

Minum kopi sudah menjadi rutinitas sekaligus gaya hidup, baik bagi pria maupun wanita. Belum lengkap rasanya memulai hari tanpa secangkir kopi favorit. Ditambah lagi dengan tren bermunculannya berbagai jenis kopi kekinian, tentu sangat menggiurkan para penikmat kopi.

Tak ada yang salah dengan mengonsumsi kopi, hanya saja bila berlebihan akan menimbulkan efek samping. Kandungan kafein dalam kopi bisa berdampak buruk bagi tubuh, khususnya pada wanita, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Batas toleransi kafein pada setiap orang dapat berbeda-beda, dipengaruhi oleh faktor usia, riwayat penyakit, dan sensitivitas tubuh orang tersebut terhadap kafein.

Menurut European Food Safety Authority, batas minum kopi untuk wanita dan pria tanpa riwayat penyakit adalah 400 mg per hari. Jumlah tersebut setara dengan minum kurang lebih empat cangkir kopi. Lalu, apa saja efek samping kebanyakan minum kopi bagi wanita?

1 dari 4 halaman

1. Tulang Keropos

Salah satu efek minum kopi bagi wanita adalah tulang yang lebih rapuh. Zat kafein dalam kopi dapat memengaruhi kesehatan tulang dengan cara menurunkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Bila Anda mengonsumsi kopi bersamaan dengan susu atau sumber kalsium lain, kalsium di dalamnya tidak akan diserap dengan sempurna. Padahal, kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang.

Akibatnya, tulang menjadi lebih keropos. Berdasarkan data ilmiah, mereka yang minum kopi lebih dari tiga cangkir per hari lebih berisiko terkena pengeroposan tulang.

Artikel Lainnya: 7 Manfaat Minum Kopi untuk Wanita

2. Gangguan Cemas dan Panik

Salah satu efek kopi bagi wanita adalah dapat mencetuskan rasa cemas dan panik. Peningkatan frekuensi denyut nadi dapat terjadi setelah seseorang minum kopi, sehingga dapat mencetuskan rasa panik.

2 dari 4 halaman

3. Gangguan Kognitif

Efek minum kopi bagi wanita berikutnya adalah menurunkan kemampuan kognitif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi per hari akan mengalami penurunan kognitif secara signifikan. Selain itu, juga bisa mengalami kesulitan untuk fokus.

4. Gangguan Kesuburan

Konsumsi kopi dua cangkir atau lebih per hari juga berhubungan dengan gangguan pada organ reproduksi. Beberapa masalah seperti gangguan tuba falopi dan endometriosis dapat terjadi pada mereka yang mengonsumsi kopi berlebihan.

Endometriosis adalah penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya jaringan dari lapisan dalam dinding rahim di bagian luar rongga rahim. Hal ini dapat memengaruhi kesuburan seorang wanita.

Artikel Lainnya: Suka Minum Kopi? Ini Tips Cara Minum Kopi yang Lebih Sehat

3 dari 4 halaman

5. Keguguran

Salah satu efek minum kopi bagi wanita adalah terjadinya keguguran. Konsumsi kafein sebanyak 200 mg (kurang lebih dua cangkir kopi) pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko keguguran hingga dua lipat.

Tak hanya itu, mengonsumsi kafein dalam kopi secara berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat lahir yang rendah.

Segala sesuatu yang berlebihan biasanya tak baik bagi kesehatan, termasuk minum kopi. Berbagai efek samping kopi bagi wanita jika dikonsumsi secara berlebihan, memang masih dalam penelitian lebih lanjut. Namun, tak ada salahnya bila Anda membatasi asupan kopi Anda setiap hari.

Minumlah kopi sesuai batas yang aman. Bila Anda adalah ibu hamil dan pencinta kopi, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi janin Anda. Ingatlah bahwa ibu hamil tidak disarankan untuk konsumsi kafein lebih dari 200 mg per hari.

Punya pertanyaan lebih lanjut mengenai efek samping kopi? Silakan berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar