Sukses

Kelainan PUPPP pada Kehamilan, Apa Itu?

Sakit gatal di area perut pada kehamilan jangan dianggap enteng, bisa jadi itu adalah kelainan PUPPP.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi wanita yang sedang hamil dan merasakan gatal di area perut, jangan disepelekan. Bisa jadi yang Anda alami adalah pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy, atau disebut juga papula urtikaria pruritus dan plak kehamilan (PUPPP).

Gejala PUPPP adalah ruam umum atau bintil merah yang muncul pada awal kehamilan sampai minggu terakhir. PUPPP biasanya dimulai di daerah stretch mark di perut depan. Ruam juga bisa menyebar ke daerah paha, bokong, payudara, lengan, dan bagian belakang tubuh.

"Biasanya karena hormon. Hormon saat hamil sedang meningkat, jadi kulitnya kering dan gatal. Biasanya terjadi pada wanita hamil di kulit perut. Karena perut itu kulitnya meregang, tapi nanti hilang saat melahirkan," ujar dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, sekitar 1 dari setiap 200 wanita hamil bisa terkena PUPPP saat hamil. Biasanya ini akan terjadi pada kehamilan pertama. Akan tetapi, kabar bahagianya adalah PUPPP ini tidak akan menular kepada janin.

PUPPP akan menghilang dengan sendirinya sekitar 2-3 minggu selepas kehamilan. Hilangnya rasa gatal seiring hilangnya hormon kehamilan.

Hanya saja, penanganan PUPPP harus tepat, karena jika tidak, itu bisa membahayakan bagi janin. Contohnya, jika si ibu justru meminum obat gatal tanpa resep dokter, tentu saja itu bisa berbahaya bagi tumbuh kembang janin.

Sejauh ini tidak ada obat atau cara yang benar-benar bisa menghilangkan PUPPP. Paling tidak, rasa gatal karena PUPPP bisa ditekan dengan cara sebagai berikut:

  1. Gunakan pelembap

Gunakan pelembap yang aman buat ibu hamil yang biasanya ada di pasaran. Pelembap berguna untuk menjaga agar kulit tidak kering.

  1. Pakai lotion antigatal

Sama seperti pelembap, lotion antigatal direkomendasikan agar kulit yang terdampak PUPPP tidak kering. Bedanya, gatal bisa reda jika lotion ini digunakan secara berulang.

  1. Kompres dengan air dingin

Kompres air dingin bisa mengurangi gatal akibat PUPPP. Selain itu, cara ini juga bisa menyejukkan atau mendinginkan kulit sehingga kulit tidak kering.

  1. Oleskan krim antihistamin

Biasanya krim antihistamin ini akan diberikan atas rekomendasi dokter. Antihistamin berfungsi untuk menghalangi kerja zat histamin yang menghasilkan gatal.

  1. Jangan kenakan pakaian ketat dan tidak menyerap keringat

Pakaian ketat dan tidak menyerap keringat bisa berimbas pada kulit yang terkena PUPPP. Karena PUPPP menyerang perut, sebaiknya hindari mengenakan baju ketat dan tidak menyerap keringat karena itu bisa membuat gatal makin berkembang.

  1. Rajin ganti baju

Wanita hamil yang terkena PUPPP harus rajin ganti baju, apalagi jika sudah berkeringat. Ini penting diperhatikan agar gatal hasil dari keringat tersebut tidak membuat kulit makin parah.

  1. Jangan menggaruknya

Sebisa mungkin jangan digaruk. Pasalnya, garukan akan memicu peradangan yang justru akan membuat makin gatal, atau disebut infeksi sekunder. Apalagi jika Anda menggaruk ketika tangan tidak steril.

  1. Mandi dua kali sehari

Mandi sebanyak dua sekali sehari ini diwajibkan bagi wanita hamil yang mengalami PUPPP. Dengan mandi, gatal lebih parah bisa dicegah.

Langkah-langkah di atas adalah cara awal atau yang paling mudah untuk menanggulangi kelainan PUPPP. Bagi ibu hamil yang merasakan gejala seperti PUPPP, dianjurkan untuk tetap tenang dan lebih baik berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter kulit.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar