Sukses

Manfaat Sehat Rumput Laut untuk Ibu Hamil

Salah satu camilan sehat yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah rumput laut. Yuk, intip manfaat rumput laut untuk ibu hamil.

Ibu hamil memiliki kebutuhan zat gizi yang lebih besar dari biasanya, seperti kalsium, zat besi, asam folat, yodium, dan vitamin B. Mengonsumsi makanan yang mengandung sejumlah zat tersebut tentu menjadi prioritas utama. Tak perlu repot, Anda dapat menjadikan rumput laut sebagai salah satu pilihan menu untuk memenuhi itu semua.

Rumput laut adalah bahan makanan berkualitas gizi tinggi dan alami. Tak hanya kaya akan vitamin dan mineral, biota laut yang satu ini juga merupakan sumber protein nabati, serat, klorofil, dan berbagai enzim lainnya. 

Semua zat itu dapat mendukung kesehatan ibu maupun perkembangan janin di dalam kandungan.

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi dalam Rumput Laut

Selain nikmat untuk dikonsumsi langsung di restoran Jepang ataupun dibuat menjadi makanan seperti agar-agar, ternyata kandungan rumput laut dapat bermanfaat bagi ibu hamil. 

Rumput laut memiliki serat tinggi yang bisa membantu melancarkan pencernaan ibu hamil yang kerap dilanda konstipasi. Selain itu, rumput laut juga mengandung protein yang dapat membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

Manfaat rumput laut untuk ibu hamil lainnya adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin berkat kandungan zat yang terdapat di dalamnya, seperti kalsium, magnesium, dan vitamin K. 

Selain itu, manfaat rumput laut untuk ibu hamil yang penting adalah membantu tumbuh kembang otak dan saraf janin karena kaya akan yodium, asam folat, zat besi, kolin, dan omega-3. 

Rumput laut juga mengandung zat lainnya yang diperlukan tubuh, seperti mangan, kalium, dan tembaga. 

Artikel lainnya: Alasan Anda Harus Lebih Sering Makan Rumput Laut

2 dari 3 halaman

Manfaat Rumput Laut untuk Ibu Hamil

Terdapat berbagai jenis rumput laut yang bisa dikonsumsi, seperti nori, wakame, dan kombu. Kandungan gizinya pun beragam, meski kurang lebih serupa. Berikut adalah beberapa kandungan zat gizi serta khasiat rumput laut untuk ibu hamil:

  1. Yodium

Kekurangan yodium selama hamil dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang baru lahir. Maka dari itu, zat ini penting untuk disuplai sejak si Kecil masih berada di dalam kandungan.

Yodium dapat membantu memelihara fungsi tiroid dan metabolisme pada ibu hamil, mengendalikan energi untuk beraktivitas, dan memproduksi hormon untuk perkembangan serta pertumbuhan janin.

Rumput laut dapat dijadikan sebagai alternatif pasokan yodium yang utama bagi tubuh untuk menggantikan garam, agar risiko hipertensi selama kehamilan bisa ditekan.

Artikel lainnya: 8 Jenis Sayuran untuk Diet yang Bisa Anda Coba

  1. Vitamin K

Rumput laut kaya akan vitamin K. Zat ini sangatlah penting untuk mengoptimalkan pembentukan tulang oleh kalsium. 

Selain itu, vitamin K juga sangat dibutuhkan ibu hamil untuk proses penggumpalan darah, yang nantinya turut mencegah perdarahan yang bisa berujung pada kematian. 

  1. Asam folat

Khasiat rumput laut untuk ibu hamil lainnya adalah kaya akan asam folat yang sangat penting selama kehamilan. Zat gizi ini dibutuhkan untuk menunjang pembentukan sel-sel saraf janin, pembentukan sel-sel darah merah yang berkualitas, dan mencegah adanya kelainan perkembangan selongsong susunan saraf.

Susu dan ikan salmon adalah jenis makanan yang populer sebagai sumber asam folat. Namun, bila ibu hamil tak menyukai kedua asupan tersebut, rumput laut dapat dijadikan sebagai alternatifnya.

  1. Vitamin B12

Bersama asam folat, vitamin B12 berfungsi untuk mendukung pembentukan dan perkembangan sel saraf janin serta membantu produksi sel-sel darah merah. 

Vitamin B12 juga mencegah terjadinya anemia selama kehamilan. Rumput laut adalah satu dari sedikit sumber makanan nonhewani yang kaya vitamin B12.

Artikel lainnya: 4 Manfaat Sehat Konsumsi Rumput Laut

  1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral utama yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Apabila ibu kekurangan kalsium, maka kalsium akan dipecah dari tulang ibu untuk dibawa ke janin. 

Bila ini terjadi, ibu memiliki risiko mengalami osteoporosis yang lebih tinggi kelak di kemudian hari.

  1. Magnesium

Magnesium yang terdapat pada rumput laut berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, pembentuk protein dan materi genetik (DNA), serta penjaga kesehatan saraf dan otot. 

Bila kekurangan magnesium, maka ibu hamil bisa memiliki risiko mengalami preeklamsia yang lebih tinggi pada kehamilan.

  1. Zat Besi

Ibu hamil rentan mengalami anemia, karena itu asupan zat besi yang tinggi selama hamil menjadi penting. Selain itu, zat besi dibutuhkan ibu hamil karena fungsinya bagi sang calon anak. Pembentukan sel darah merah janin serta membantu tumbuh kembang otak dan saraf janin adalah berbagai manfaat dari zat besi. 

Sering kali asupan zat besi ibu hamil tidak dapat dipenuhi hanya dari makanan. Oleh karena itu, suplemen zat besi telah menjadi suplemen rutin yang diberikan dokter kepada ibu hamil.

Bagi ibu hamil, jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi rumput laut secukupnya dengan olahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, serta melakukan pemeriksaan antenatal secara berkala.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar manfaat rumput laut bagi ibu hamil atau lainnya, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat  24 jam dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/RS]

0 Komentar

Belum ada komentar