Sukses

4 Cara Alami Redakan Serangan Asam Urat Tinggi

Asam urat tinggi menyebabkan nyeri mendadak pada sendi. Tak perlu khawatir, ini cara alami untuk meredakan keluhan tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Asam urat tinggi menjadi kondisi yang dapat menyerang siapa saja, khususnya lansia dan mereka yang masih muda. Penyakit dengan nama gout artritis ini dapat menyebabkan keluhan nyeri hebat pada sendi jari tangan maupun kaki.

Asam urat tergolong sebagai penyakit kronis. Keluhan ini bisa terjadi akibat adanya gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh, sehingga kadarnya menjadi tinggi. Alhasil, jumlah kristal monosodium urat akan melonjak dan menumpuk di beberapa jaringan tubuh, termasuk kaki, lutut, dan pergelangan tangan.

Penumpukan kristal tersebut bukan perkara yang dapat disepelekan. Karena kejadiannya dapat menyebabkan peradangan pada sendi. Memang, hal itu tidak memberikan gejala yang berarti di tahap awal. Namun, dalam jangka waktu tertentu, keluhan nyeri hebat pada sendi dan jaringan sekitarnya tak bisa dihindari lagi.

Tak berhenti di situ, rasa nyeri tersebut tentu akan terus terakumulasi seiring dengan peradangan yang semakin menjadi-jadi. Pada akhirnya, sendi dan jaringan di sekitarnya akan terancam mengalami kerusakan permanen dan membuatnya sulit digerakkan.

1 dari 2 halaman

Cara alami mengatasi asam urat

Serangan asam urat tinggi dapat diatasi dengan bantuan obat-obatan khusus. Namun, obat-obatan jenis ini baru bisa digunakan pada kasus asam urat akut atau sesuai dengan resep dokter.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda tidak selalu bergantung pada obat. Sebagai gantinya, berikut beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan nyeri sendi akibat serangan asam urat tinggi:

  1. Kompres dingin

Jika nyeri tak terlalu hebat, Anda dapat mengompres bagian sendi yang nyeri dengan kompres dingin. Tindakan ini terbukti efektif mengurangi peradangan dan nyeri di bagian tubuh tersebut.

Dalam melakukan kompres dingin, pastikan Anda tidak menempelkan langsung es batu di bagian yang nyeri. Akan lebih baik jika Anda membalut es batu tersebut menggunakan handuk, dan ditempelkan pada bagian yang nyeri selama 20–30 menit sebanyak beberapa kali dalam sehari.

  1. Istirahatkan sendi

Saat sendi terasa nyeri, penting untuk segera mengistirahatkan sendi tersebut agar peradangan tidak berlanjut. Saat beristirahat, Anda dapat memosisikan sendi yang meradang lebih tinggi, misalnya dengan menggunakan bantal sebagai tatakan.

  1. Minum air putih

Air putih dapat membantu mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan, kadar asam urat akan meningkat. Oleh sebab itu, untuk menjaga kestabilan kadar asam urat di dalam tubuh, pastikan Anda selalu minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari.

  1. Perhatikan jenis asupan

Asam urat memiliki hubungan yang erat dengan jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Telah terbukti bahwa makanan yang mengandung purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Contoh makanan tersebut, termasuk seafood, jeroan, daging merah berlemak, jamur, kacang-kacangan, dan bayam.

Selain membatasi makanan-makanan tersebut, Anda juga dianjurkan untuk menghindari gorengan, makanan tinggi garam, dan minuman beralkohol. Ini karena semuanya dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Jika keluhan tak kunjung reda dengan cara di atas, atau gejala asam urat tinggi kerap terjadi berulang kali, tak ada salahnya untuk segera berobat ke dokter. Jangan biarkan penyakit asam urat atau gout artritis terjadi berlarut-larut dan mengganggu kualitas hidup Anda. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar