Sukses

Tips Mengatasi Dehidrasi Selain Minum Air Putih

Dehidrasi bisa Anda atasi tidak hanya dengan minum air putih. Anda juga bisa mengikuti berbagai tips berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Air merupakan salah satu komponen penting penyusun tubuh. Sebanyak 60 persen tubuh orang dewasa terdiri dari cairan. Pada anak kecil, air memenuhi 75 persen dari komponen penyusun tubuhnya. Tak heran, ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, Anda akan mengalami badan lemas.

Perlu diketahui bahwa anak-anak lebih rentan terkena dehidrasi karena tubuhnya mengandung lebih banyak air. Agar terhindar dari dehidrasi, para ahli menyarankan untuk minum air putih sedikitnya 8 gelas dalam sehari.

Kondisi yang terjadi saat Anda dehidrasi

Efek yang bisa Anda alami saat dehidrasi bisa sangat beragam. Secara umum, kondisi dehidrasi dapat dibagi menjadi:

1. Dehidrasi ringan

Pada dehidrasi ringan, tubuh kehilangan cairan hingga 2 persen dari berat badan. Gejalanya antara lain:

  • Selalu haus
  • Merasa tidak nyaman
  • Kehilangan nafsu makan dan timbul rasa mual
  • Kesulitan dalam melakukan aktivitas fisik

2. Dehidrasi sedang

Tubuh mengalami kehilangan cairan hingga 5 persen dari berat badan. Tanda-tandanya:

  • Sulit berkonsentrasi
  • Pusing dan lemas
  • Kesulitan bernapas saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat
  • Kesulitan mengatur suhu tubuh

3. Dehidrasi berat

Saat dehidrasi berat, tubuh akan kehilangan cairan hingga 8 persen dari berat tubuh dengan gejala seperti:

  • Kram otot
  • Kebingungan dan kurangnya kesaradan terhadap lingkungan (delirium)
  • Turunnya volume darah yang diedarkan ke seluruh tubuh
  • Gagal ginjal
1 dari 2 halaman

Kenali kondisi dehidrasi pada anak

Berbeda pada orang dewasa, anak-anak terutama bayi tidak bisa mengungkapkan rasa haus dan tidak nyaman. Sehingga, biasanya anak menunjukkannya dengan rewel. Jika anak Anda mulai rewel dan menangis bisa jadi ia tengah terserang  dehidrasi ringan atau sedang.

Gejala lainnya dapat berupa mata terlihat cekung, anak terlihat kehausan, cenderung mengantuk, dan kulit perut yang lambat kembali jika dicubit. Jika Anda melihat gejala tersebut pada anak, segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan diagnosa dari dokter.

Agar terhindar dari dehidrasi, anak butuh asupan yang mengandung cairan. Karena jika terjadi pengeluaran cairan berlebih, misalnya pada keadaan muntah atau diare, sebaiknya asupan cairan juga ditingkatkan. Biasanya minum air putih menjadi solusi utama untuk atasi dehidrasi. Namun, air putih saja mungkin tidak cukup.

Atasi dehidrasi selain dengan air putih

Selain minum air putih, terdapat beberapa cara untuk mengatasi dehidrasi. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi dehidrasi.

1. Susu

Pada sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition, susu yang penuh lemak dan juga skim ternyata lebih meningkatkan hidrasi dalam tubuh dibandingkan air putih. Selain itu, susu juga menyehatkan karena mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

2. Minuman olahraga

Saat sedang berolahraga dan berkeringat tidak hanya air yang keluar dari tubuh. Laktat, asam amino, lemak dan sodium dalam tubuh juga ikut dikeluarkan melalui keringat. Untuk mencegah dehidrasi, Anda bisa memilih  minuman olahraga yang mengandung beberapa ion. Minuman ini dapat menggantikan cairan keringat yang keluar pada tubuh saat berolahraga.

3. Air kelapa

Air kelapa juga salah satu jenis cairan yang dapat menghidrasi tubuh. Berbeda dari minuman olahraga, air kelapa rendah akan karbohidrat dan mengandung potasium dengan kadar yang cukup tinggi. Rasanya yang segar juga efektif dalam melegakan kehausan.

4. Sayuran dan buah-buahan

Tidak hanya dengan minum air atau cairan lain, saat dehidrasi menyerang, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sayuran dan buah-buahan.Berbagai jenis buah yang mengandung banyak air adalah semangka, stroberi, melon, nanas, jeruk, timun, selada, seleri, paprika, dan bayam.

Selain makanan dan minuman di atas, untuk membantu tubuh dalam penyerapan cairan, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti granola bar atau roti gandum. Penelitian menunjukkan asupan cairan dengan sedikit makanan lebih baik daripada mengkhawatirkan jenis cairan yang diminum.

Dehidrasi atau kekurangan cairan tidak hanya dapat diatasi dengan minum air putih. Beberapa pilihan makanan dan minuman di atas juga dapat membantu menghidrasi tubuh Anda. Yuk, perbanyak asupan menu yang mengandung cairan agar Anda terhindar dari risiko dehidrasi!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar