Sukses

Piala Dunia Usai, Atasi Badan Lemas dengan Cara Ini

Mengalami badan lemas lantaran menyaksikan setiap pertandingan Piala Dunia di layar kaca? Jangan khawatir, atasi dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Final Piala Dunia 2018 malam ini akan menyisakan kejutan. Pertandingan terpanas yang terjadi empat tahun sekali tersebut tentu akan membuat gelora dalam dada seakan meledak seketika. Jadi, tak mengherankan bila setelahnya banyak orang yang mengalami keluhan badan lemas. Apakah Anda salah satunya?

Tidak dimungkiri, badan lemas memang menjadi suatu keluhan yang sulit dihindari. Apalagi bila Anda malam nanti akan melewatkan malam yang panjang karena menyaksikan pertandingan final Piala Dunia 2018.

Tenang, Anda tak perlu khawatir. Sejatinya, badan lemas tak melulu akibat adanya suatu penyakit. Seperti dikatakan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, badan lemas juga bisa terjadi akibat kondisi berikut ini:

● Konsumsi kafein dan gula

Kafein dan gula sering dijadikan “teman” untuk menjaga stamina. Meski awalnya dapat menambah tenaga, keduanya ternyata memiliki efek seperti bumerang.

Hal itu karena kafein dan gula dapat membuat stamina yang tadinya tinggi menjadi jatuh seketika. Dengan kata lain, setelah menyuplai energi dan semangat di awal, kedua zat tersebut akan membuat Anda merasakan badan lemas beberapa saat setelahnya.

● Kurang tidur

Tidur selama 8 jam sehari membuat tubuh melakukan proses regenerasi dengan lebih optimal. Jadi, jika Anda tertidur kurang dari atau terlalu melebihi waktu tersebut, bukan tak mungkin badan lemas akan terjadi kemudian.

● Kurang aktivitas fisik

Para ahli menyarankan agar Anda rutin berolahraga paling tidak 30 menit selama 3 hari dalam seminggu. Tidak pernah atau terlalu sering melakukan aktivitas fisik akan berdampak pada terjadinya badan lemas.

● Depresi

Merasa mudah lelah, sedih, dan nafsu makan menghilang, maka kemungkinan besar Anda mengalami depresi. Selain badan lemas dan kelelahan, depresi juga bisa mengancam kesehatan organ tubuh lainnya.

1 dari 2 halaman

Apa solusinya?

Badan lemas usai nonton final Piala Dunia tentu bisa dihindari. Berdasarkan rekomendasi dari para ahli medis KlikDokter, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Selalu cukupi kebutuhan cairan

Salah satu penyebab badan lemas adalah kurang minum. Sering kali, ketika Anda begadang sambil menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi, asupan cairan menjadi kurang dan tidak cukup.

“Jika jumlah urine Anda menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, ini artinya Anda perlu lebih banyak minum. Begitu pula bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi,” ujar dr. Alvin Nursalim.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Bila dirasa perlu, Anda bisa mengonsumsi cairan yang mengandung elektrolit seperti air kelapa murni.

2. Hindari makanan tak sehat

Jika berencana menyaksikan laga Piala Dunia dari awal hingga akhir periode, perhatikanlah segala asupan yang Anda konsumsi. Sebelum melahap sesuatu, pikirkan apakah makanan tersebut baik untuk tubuh Anda. Tak hanya jenis makanan yang dipilih, memperhatikan jumlah atau porsinya juga sangat penting.

Guna menghindari badan lemas, gorengan, minuman dengan pemanis buatan, dan minuman dengan kandungan kafein yang terlalu banyak harus dibatasi atau dihindari sama sekali. Selain itu, berdasarkan saran dr. Alvin, batasi pula asupan gula pada makanan maupun minuman yang Anda konsumsi.

3. Rutin olahraga

Berolahraga dengan frekuensi 3 kali seminggu, masing-masing 30 menit. Jika Anda melakukannya, tubuh akan terasa segar dan suasana hati menjadi lebih baik.

Selain itu, rutin olahraga juga akan membuat keluhan badan lemas akibat begadang nonton Piala Dunia 2018 menjadi sedikit berkurang. Pasalnya, berolahraga membuat tubuh Anda menjadi lebih fit dan tidak loyo.

4. Istirahat cukup

Bagaimana pun sibuknya, Anda diwajibkan untuk selalu menyediakan waktu beristirahat. Dalam hal ini, mencukupi waktu tidur dalam sehari.

Tidur menjadi cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi badan lemas akibat begadang. Sebagai siasat, Anda dapat mencoba tidur siang terlebih dahulu sebelum menonton Piala Dunia 2018 pada malam nanti.

Meski kompetisi Piala Dunia 2018 telah usai, euforianya masih terasa hingga sekarang. Jangan biarkan momen yang hanya terjadi empat tahun sekali ini berlangsung sia-sia karena hadirnya keluhan badan lemas. Salam sehat!

[NB/ RVS]

1 Komentar