Sukses

Atasi Jerawat dengan Tomat, Efektifkah?

Salah satu bahan alami yang dianggap dapat menangani jerawat adalah tomat. Buah ini mengandung vitamin dan zat lainnya yang bisa mengatasi jerawat.

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering terjadi, bahkan hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Kondisi jerawat bisa bersifat ringan, tapi ada juga yang parah. Saat ini banyak orang menggunakan tomat untuk mengatasi jerawat mereka. Apakah cara ini cukup efektif?

Tomat, si Buah “Ajaib”

Tomat merupakan buah yang sering dijadikan bahan utama dalam sebuah menu masakan maupun diolah menjadi minuman seperti jus. Tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, buah ini juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan antioksidan tinggi dan vitaminnya yang beragam, membuat tomat sering digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Sedangkan likopen serta beta karoten yang terkandung pada tomat, dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Lalu, bagaimana manfaatnya dalam mengatasi jerawat?

1 dari 3 halaman

Manfaat Tomat untuk Jerawat

Ada beberapa manfaat tomat yang bisa didapat untuk mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan kulit wajah. Antara lain sebagai berikut: 

  1. Mengandung Tingkat Keasaman yang Ramah untuk Kulit 

Kandungan zat pada tomat dapat membantu menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) kulit.

Apabila tingkat keasaman pH semakin tinggi atau basa, kemungkinan kulit bisa menjadi kering. Sedangkan jika pH terlalu asam atau rendah, ini bisa menyebabkan kulit berjerawat. Maka, tingkat keasaman (pH) yang seimbang pada kulit sangat diperlukan untuk mengatasi jerawat. 

Artikel Lainnya: Berbagai Cara untuk Mengobati Jerawat Saat Hamil

  1. Mengatasi Pori-pori Besar

Faktor penyebab wajah jadi berjerawat adalah karena kulit memiliki pori-pori besar. Nah, buah tomat juga bekerja dengan baik sebagai astringent. Zat ini berfungsi mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi kemungkinan berjerawat.

  1. Mengandung Asam Salisilat

Kandungan asam salisilat alami yang ada di dalam buah tomat sangat baik untuk membantu mengatasi jerawat secara alami. Seperti yang diketahui, hampir seluruh produk skin care untuk jerawat mengandung asam salisilat ini.

  1. Mengandung Vitamin C Tinggi 

Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat berfungsi untuk merangsang pembentukan kolagen yang dapat membantu proses penyembuhan dan meningkatkan elastisitas di kulit. Vitamin C juga dapat mencegah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Sebagai Bahan Eksfoliasi Alami

Proses eksfoliasi juga penting dalam mengatasi jerawat. Beberapa peneliti mengklaim kalau tomat mengandung enzim yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Eksfoliasi berperan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di pori-pori, di mana hal tersebut bisa mencegah munculnya jerawat baru.

Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

  1. Mengandung Likopen

Likopen merupakan kandungan antioksidan kuat dalam buah tomat. Selain dapat menangkal radikal bebas, antioksidan membantu dalam proses pertumbuhan dan produksi sel baru, sehingga bermanfaat untuk merawat dan memperbaiki tekstur kulit. 

Likopen juga dapat berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB, yang mana dapat mencegah kulit terbakar dan tidak memperparah jerawat.

  1. Tomat Menurunkan Produksi Minyak di Wajah

Mengonsumsi tomat secara teratur dapat mengurangi kerja kelenjar minyak. Di mana hal ini dapat menurunkan produksi minyak di wajah dan membuat kulit terhindar dari sumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat. 

  1. Memiliki Efek Anti peradangan

Tomat juga memiliki efek antiperadangan yang penting untuk mengatasi jerawat. Nutrisi pada tomat dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit, yang merupakan salah satu efek samping dari jerawat. 

2 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Tomat untuk Mengatasi Jerawat 

Jika Anda tertarik untuk mengobati jerawat dengan tomat, terdapat beberapa kondisi yang perlu diperhatikan untuk menghindari jerawat makin memburuk, seperti:

Artikel Lainnya: Cek di Sini Kondisi Jerawat yang Perlu Penanganan Dokter

  • Hindari paparan sinar matahari langsung pada kulit setelah pakai tomat. Buah merah ini memang bisa melindungi terhadap buruknya sinar matahari, tapi tomat bukanlah tabir surya. 
  • Jangan mengoleskan obat apa pun pada kulit yang mengalami jerawat dalam waktu satu jam setelah menggunakan tomat.
  • Jangan memakai produk skin care yang efeknya bisa mengelupas kulit saat menggunakan tomat untuk mengatasi jerawat. Kandungan skin care yang harus dihindari misalnya seperti asam salisilat, sulfur, atau benzoil peroksida.
  • Hindari produk perawatan kulit yang memiliki efek abrasif atau mengeringkan kulit jika sedang menggunakan tomat untuk menghilangkan jerawat.

Tomat dapat menjadi pilihan yang alami serta efektif untuk mengatasi jerawat. Namun, perhatikan pemakaiannya dengan baik dan benar karena dapat menimbulkan efek samping atau malah memperburuk kondisi kulit Anda. 

Untuk mengurangi efek samping dan mendapatkan manfaat terbaiknya, lebih baik buah ini dimakan atau ditambahkan ke dalam asupan makanan sehari-hari daripada digunakan secara langsung ke wajah.

Untuk mengetahui harus seberapa banyak makan tomat dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi jerawat, lebih baik konsultasi ke dokter. Untuk lebih praktisnya, Anda bisa konsultasi langsung lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

(OVI/ RH)

1 Komentar