Sukses

Tips Latihan Sepak Bola seperti Pemain Piala Dunia

Ingin tampil prima dan tangguh saat bermain sepak bola layaknya pemain bintang Piala Dunia? Ikuti tips latihan sepak bola berikut.

Melihat para bintang sepak bola berlaga dalam gelaran Piala Dunia bikin Anda terkagum-kagum. Tentu latihan panjang dilakukan untuk mencapai kemampuan tersebut. Adakah tips latihan sepak bola yang bisa disontek agar Anda juga bisa bermain bak profesional?

Pada umumnya, pemain bola profesional punya kemampuan untuk mengolah dan menggiring bola, kuat, serta mampu berlari dalam sebuah pertandingan selama 90 menit.

Tak berhenti di sana, dalam ajang empat tahunan ini pun, para pemain bisa bermain 2-3 kali dalam seminggu. Tanpa fisik yang kuat dan teknik latihan sepak bola yang mumpuni, hal ini mungkin sulit dilakukan.

Menurut pelatih fisik untuk klub sepak bola Amerika Serikat bernama New York FC, Matt Cook, dasar dari kelincahan adalah akselerasi. Kemampuan tersebut meliputi kecepatan, melambat pelan, mengubah arah laju lari, dan mengulang semuanya secara bersamaan.

Kelincahan pemain sepak bola di lapangan hijau bahkan diasah lewat momen latihan yang bervariasi selama satu minggu sekali. Ini berbeda dengan latihan fisik biasa yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan, latihan kelincahan tersebut menuntut tubuh untuk terus bergerak.

Artikel lainnya: Cedera yang Paling Sering Dialami Pesepak Bola dan Cara Mencegahnya

1 dari 3 halaman

Tips Latihan seperti Pemain Bintang

Selain teknik dasar sepak bola, seperti mengoper, kontrol bola, dan menendang, menjalani jadwal pertandingan dan kompetisi liga yang padat dan panjang butuh pelatihan maksimal. Program latihan disesuaikan dengan tubuh agar tampil prima dan terhindar dari cedera.

Nah, bagi Anda yang hobi bermain sepak bola dan ingin tampil apik nan prima seperti bintang sepak bola, tips di bawah ini bisa diterapkan pada program latihan sepak bola.

  • Latihan Ketahanan Tubuh

Ketahanan tubuh (endurance) sangat dibutuhkan dalam pertandingan dengan intensitas tinggi agar tidak kehabisan stamina. Untuk melatih aspek ini, Anda bisa melakukan latihan aerobik, seperti joging atau berlari.

Anda bisa menambahkan beberapa variasi gerakan, seperti melompat, melangkah cepat, dan melompat. Kecepatan bisa berubah-ubah pada titik tertentu. Mulai dari yang ringan lalu tingkatkan intensitas saat latihan berikutnya.

Artikel lainnya: Sering Nonton Bola Dini Hari? Ini Tipsnya agar Tubuh Tetap Bugar

  • Latihan Kekuatan

Kekuatan otot juga jadi aspek penting bagi pemain sepak bola profesional. Jika tidak memungkinkan Anda mengangkat beban ke pusat kebugaran, mulailah latihan dengan mengangkat tubuh sendiri.

Misalnya latihan seperti push up, pull up, squat jump, dan burpees. Pasang target yang harus dicapai dalam sehari, kemudian tingkatkan di hari-hari berikutnya.

  • Latihan Kecepatan

Sepak bola membutuhkan kecepatan dalam permainannya. Untuk melatih kecepatan, lakukan lari dengan kecepatan yang meningkat pada periode tertentu.

Misalnya pada 5 menit pertama Anda hanya joging, 5 menit berikutnya menjadi lari cepat (sekitar 80% kecepatan maksimal), dan 1 menit berikutnya anda sprint (lari secepat mungkin). Setelah itu, kecepatan lari dapat kembali ke awal saat joging.

  • Latihan Kelenturan

Kelenturan tubuh, khususnya bagian kaki, sangat penting dalam olahraga ini. Jika tidak, gerakan Anda menjadi kaku dan rentan cedera.

Cara melatih kelenturan adalah dengan peregangan atau stretching seperti pada saat pemanasan. Gerakan mencium lutut ketika kaki lurus atau terbuka lebar dan sikap lilin disarankan untuk melatih peregangan.

Artikel lainnya: Benarkah Pemain Sepak Bola Rentan Kena Serangan Jantung?

2 dari 3 halaman

Manfaat Latihan Sepak Bola untuk Tubuh

Pernahkah Anda mendengar pepatah “di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat”? Kira-kira begitu pula manfaat mengolah si kulit bundar ini.

Secara fisik, sepak bola punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari melancarkan peredaran darah, menyehatkan jantung, meningkatkan kapasitas paru untuk bernapas.

Olahraga yang dimainkan 11 orang dalam satu tim ini juga membuat stamina prima, koordinasi tubuh baik, serta melatih otot-otot tubuh seperti lengan, inti tubuh (perut, punggung), dan terutama kaki.

Akan tetapi, tidak hanya fisik, permainan sepak bola juga diperlukan kemampuan otak sehingga bermanfaat untuk kesehatan mental dan jiwa. Bermain dengan strategi dan taktik, kegigihan, semangat, dan kecepatan saat mengambil keputusan melatih kesehatan mental.

Bermain dalam tim juga melatih kerja sama dan kekompakan. Namun, lebih dari itu, bermain sepak bola membuat Anda senang sehingga dapat melepaskan stres.

Itulah beberapa tips latihan sepak bola profesional yang bisa Anda sontek. Namun, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, latihan perlu dilakukan secara rutin. Kedua, jangan terlalu memaksa tubuh dalam berlatih. Tetap perhatikan kemampuan Anda demi menghindarkan risiko cedera.

Jangan ketinggalan info terbaru dan tips kesehatan lainnya. Yuk, segera download aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar